5 Tips Hemat buat Kalian yang Mau Umroh Tahun Ini!

Jamaah umroh yang berhasil berangkat berkat tips hemat dari kami

Umroh itu kan mahal! Itulah pernyataan yang sering terlontar dari benak mayoritas orang. Namun, apakah pernyataan tersebut sepenuhnya benar?  

Umroh adalah salah satu ibadah yang diidamkan oleh banyak umat Islam di seluruh dunia. Bahkan beberapa mahzab, ulama mewajibkan seorang muslim untuk berumroh paling tidak sekali seumur hidupnya. 

Mungkin salah satu penghambat utama Sahabat sekalian untuk berkunjung ke tanah suci adalah biaya. Tidak bisa dipungkiri, faktor ini merupakan salah satu faktor kunci yang harus dipersiapkan oleh calon jamaah umroh.

Akan tetapi, bagaimana kalau kita belum siap secara finansial? Untuk membantu Sahabat dalam menghemat biaya umroh, berikut adalah 5 tips hemat dari kami yang dapat Sahabat terapkan.

1. Pilih Paket Umroh yang Terjangkau

Pilihlah paket umroh yang sesuai dengan anggaran Sahabat. Bandingkan harga antara beberapa agen travel dan pastikan untuk memilih biro yang menawarkan paket dengan fasilitas terbaik tetapi tetap terjangkau. Jangan ragu untuk melakukan negosiasi harga dengan agen travel untuk mendapatkan penawaran terbaik.

2. Pesan Tiket dan Akomodasi Jauh-Jauh Hari

Melakukan pemesanan tiket pesawat dan akomodasi secara lebih awal dapat membantu Sahabat mendapatkan harga yang lebih murah. Manfaatkan juga promo-promo dari maskapai penerbangan dan hotel yang seringkali memberikan diskon untuk pemesanan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

3. Belanjakan Uangmu di Saudi dengan Bijak

Salah satu godaan terbesar saat umroh adalah berbelanja. Terlebih di Saudi banyak pedagang yang menawarkan harganya dengan sangat miring. Harus tetap diingat, Sahabat harus tetap memperhatikan kualitas produk dan yang terpenting jangan sampai melebihi budget perjalanan kalian.

Tetaplah berhati-hati saat berbelanja oleh-oleh atau souvenir selama di Saudi. Bandingkan harga di beberapa toko sebelum membeli dan jangan ragu untuk menawar harga agar mendapatkan harga yang lebih baik. Selain itu, pastikan untuk membeli barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan dan hindari membeli barang-barang yang berlebihan.

Baca Juga : Rancang Umroh Sendiri Bikin Umrohmu Lebih Fleksibel!

4. Gunakan Transportasi Umum Selama di Saudi

Selama di Mekah dan Madinah, manfaatkan transportasi umum seperti bus atau taksi umum untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Transportasi umum biasanya lebih murah daripada menggunakan taksi pribadi atau layanan transportasi lainnya.

Salah satu layanan yang dapat Sahabat gunakan adalah layanan hop-on hop-off Bus Sightseeing yang ada di Madinah. Bus wisata ini sudah beroperasi dan dapat digunakan jamaah umroh untuk mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Madinah. Dengan menggunakan layanan bus ini, tentu akan sangat menghemat biaya perjalanan umroh Sahabat sekalian. 

5. Rancang Umrohmu Sendiri!

Jika Sahabat merasa sulit untuk mendapatkan biro atau agen travel yang menyediakan harga terjangkau, saat ini kalian dapat rancang umroh kalian sendiri. Mulai dari tiket pesawat, hotel, perlengkapan, hingga layanan selama di Saudi dapat kalian sesuaikan dengan keinginan kalian.

Harga yang didapat dengan merancang umroh sendiri juga jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan membeli paket dari yang tersedia dari biro-biro yang ada. Selain itu, fleksibilitas Sahabat dalam melaksanakan ibadah juga dapat disesuaikan. Dari riset yang tim kami lakukan, kalian dapat pergi ke tanah suci mulai dari harga 8,9 juta saja!

Terkait regulasi, saat ini pemerintah Saudi juga lebih terbuka kepada tiap jamaah yang ingin pergi umroh tanpa rombongan. Bahkan kalian juga dapat apply visa sendiri di aplikasi Nusuk. Masih bingung juga untuk merancang umroh sendiri? Kalian dapat menghubungi nomor ini untuk info lebih lanjut. 

Dengan menerapkan beberapa tips hemat di atas, Sahabat dapat menjalani perjalanan umroh tahun ini tanpa harus merasa terbebani oleh biaya yang tinggi. Selamat merencanakan perjalanan umroh kalian dan semoga Sahabat segera dapat ke tanah suci ya!

260 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *