7 Rekomendasi Doa Lailatul Qadr yang Bisa Kalian Baca

berdoa di malam lailatul qadr sangat dianjurkan

Malam Lailatul Qadr adalah malam yang penuh berkah dan kemuliaan, dimana setiap doa yang dipanjatkan memiliki keutamaan di sisi Allah SWT. Berdoa di malam ini merupakan kesempatan emas untuk memohon ampunan, petunjuk, dan keberkahan dari-Nya.

Bahkan disebutkan dalam riwayat bahwa malam Lailatul Qadr merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.  Artinya, kalian sangat dianjurkan untuk menyampaikan hajat kalian di malam-malam ini. Jika kalian masih bingung, berikut sudah kami rangkum tujuh rekomendasi doa yang dapat dibaca ketika malam Lailatul Qadr :

1. Doa Memohon Ampunan

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).”

Memohon ampunan kepada Allah SWT adalah salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca di malam Lailatul Qadr. Dengan memohon ampunan, kita mengakui kesalahan dan dosa-dosa yang telah dilakukan serta berharap mendapatkan rahmat dan maghfirah dari-Nya.

2. Doa Kebaikan di Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Doa memohon kebaikan di dunia dan akhirat merupakan salah satu doa wajib di malam Lailatul Qadr. Kebaikan di dunia meliputi rezeki yang halal, kesehatan, dan keselamatan, sedangkan kebaikan di akhirat meliputi surga dan perlindungan dari siksa api neraka.

3. Doa Kesejahteraan dan Keselamatan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَا

Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).

Doa untuk kesejahteraan dan keselamatan adalah doa yang sangat relevan untuk dibaca di malam Lailatul Qadr. Dengan memohon perlindungan dari Allah SWT, kita akan terhindar dari segala bentuk bahaya dan musibah yang dapat mengganggu kehidupan kita.

Baca Juga : 3 Persiapan Untuk Menyambut Malam Lailatul Qadr

4. Doa Agar Tetap Tabah dan Sabar

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَا فِرِينَ

Artinya: Ya Tuhan kami, tumpahkanlah sekiranya ketabahan kepada kami, tetapkanlah sekiranya kesabaran kami dan menangkanlah kami atas orang-orang yang kafir.

Doa agar tetap tabah dan sabar dalam menjalani berbagai tantangan hidup juga dapat dibaca di malam Lailatul Qadr. Kehidupan yang dijalani dengan penuh ketabahan, kesabaran, dan rasa syukur kepada Allah merupakan sebuah kenikmatan yang tidak dimiliki oleh semua orang.

5. Doa Keselamatan dari Fitnah Dajjal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah al-masikh ad-Dajjal” (Hadits riwayat Imam Muslim dari Anas dan Abu Hurairah).

Dajjal adalah salah satu fitnah terbesar yang akan muncul di akhir zaman. Memohon perlindungan dari Allah SWT adalah cara terbaik untuk menghindari fitnah tersebut. Maka dari itu, doa untuk keselamatan dari fitnah dajjal adalah salah satu doa yang dapat dibaca di malam Lailatul Qadr.

6. Doa Kesehatan Jasmani dan Rohani

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي، اَللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي، اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الكُفْرِ وَالفَقْرِ، اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ القَبْر لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ

Artinya: “Ya Allah, berilah keselamatan pada badanku. Berilah keselamatan pada pendengaranku. Berilah keselamatan pada penglihatanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kekafiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tidak ada Tuhan yang pantas disembah kecuali Engkau.”

Doa  kesehatan jasmani dan rohani merupakan doa yang dapat dibaca di malam Lailatul Qadr. Kesehatan adalah nikmat terbesar yang diberikan oleh Allah SWT, dan memohon agar tetap diberikan kesehatan adalah bentuk syukur atas nikmat tersebut.

7. Doa Kebahagiaan dan Kedamaian Hidup

اللَّهُمَّ طَوِلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِيحُ أَجْسَادَنَا وَنَوْرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِعْ أَرْزَاقَنَا وَإِلَى الْخَيْرَ قَرِبْنَا وَعَنِ الشَّرِ أَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِي الدِّين وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِي

Artinya: “Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad-jasad kami, sinarilah hati-hati kami, teguhkanlah iman kami, baguskanlah perbuatan kami, lapangkanlah rezeki kami, dekatkanlah kami kepada kebaikan, jauhkanlah kami dari keburukan, dan penuhilah hajat-hajat kami, baik dalam urusan agama, dunia, maupun akhirat. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Doa kebahagiaan dan kedamaian hidup merupakan doa yang patut dibaca di malam Lailatul Qadr. Kebahagiaan dan kedamaian adalah hal-hal yang sangat diinginkan oleh setiap manusia. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memohon kepada Allah agar diberikan nikmat untuk memperolehnya.

Dengan membaca dan memanjatkan rekomendasi doa Lailatul Qadr, kami berharap kalian dapat meraih keberkahan dan ampunan dari Allah SWT di malam Laitalul Qadr. Semoga malam Lailatul Qadr menjadi momen yang penuh berkah dan kemuliaan bagi kita semua!

30 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *