3 Keutamaan Malam Nuzulul Qur’an

ilustrasi keutamaan nuzulul qur'an

Malam Nuzulul Qur’an adalah momen istimewa dalam kehidupan umat Islam, dimana firman Allah SWT diturunkan pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW. Malam ini diperingati setiap tahunnya pada bulan Ramadhan, khususnya pada malam ke-17.

Peringatan Nuzulul Qur’an ditujukan sebagai penghormatan terhadap Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat manusia. Tidak hanya sekadar penghormatan semata, namun di malam ini, terdapat beberapa keutamaan yang perlu Sahabat ketahui. Berikut ini adalah tiga keutamaan malam Nuzulul Qur’an yang sudah kami rangkum untuk kalian.

1. Salah Satu Malam Terbaik yang Penuh Dengan Berbagai Kemuliaan

Malam Nuzulul Qur’an dianggap sebagai salah satu malam terbaik karena pada malam ini firman Allah SWT pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Firman Allah SWT yang terdapat dalam Al-Qur’an menjadi pedoman hidup bagi umat manusia hingga saat ini. 

Oleh karena itu, malam ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Dianjurkan kepada setiap muslim untuk selalu mengingatnya dengan meningkatkan ibadahnya di malam ini. 

2. Kesempatan untuk Meningkatkan Ketaqwaan dan Memperbanyak Ibadah

Malam Nuzulul Qur’an memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk meningkatkan ketaqwaan dalam kehidupan spiritual mereka. Firman Allah SWT yang diturunkan dalam Al-Qur’an adalah sumber petunjuk dan pedoman bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan. Tidak heran jika Al Qur’an akan memberikan manfaat bagi setiap muslim yang membacanya, baik di dunia maupun di akhirat. 

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bacalah Al-Qur’an karena pada hari kiamat, ia akan datang sebagai syafaat untuk para pembacanya.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 804]

Setiap muslim yang beriman diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan dengan merenungkan dan mempelajari ayat-ayat Al-Qur’an, serta mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, mereka diharapkan dapat lebih dekat dengan Sang Pencipta sehingga ketenangan dunia akhirat yang diidam-idamkan akan tercapai.

Baca Juga : 3 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

3. Kesempatan untuk Memperoleh Pahala Berlipat Ganda

Malam Nuzulul Qur’an juga merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk memperoleh pahala yang besar dengan menambah intensitas mereka dalam beribadah. Salah satunya adalah membaca atau tadarus Al Qur’an. Hal ini selaras dengan sabda Rasulullah Muhammad SAW.

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tetapi aliif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi, no. 2910)

Dengan demikian, setiap bacaan, hafalan, dan renungan Al-Qur’an pada malam Nuzulul Qur’an akan mendapatkan pahala berlipat dari Allah SWT. Hal ini menjadikan malam ini sebagai malam yang sangat berharga bagi umat Islam untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Beberapa keutamaan yang sudah disebutkan tadi seharusnya dapat menjadi motivasi Sahabat untuk memanfaatkan malam Nuzulul Qur’an dengan baik. Kesempatan untuk menemui malam ini hanya satu kali dalam setahun. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama memanfaatkan momentum Nuzulul Qur’an dengan meningkatkan ibadah dan menjauhi larangan-Nya.

533 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *