3 Persiapan Untuk Menyambut Malam Lailatul Qadr

persiapkan diri kalian sebelum malam lailatul qadr tiba

Kurang dari 2 hari lagi, kita akan memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Waktu ini merupakan salah satu waktu utama untuk beribadah. Terutama di malam hari, seperti yang diketahui, terdapat satu malam yang lebih utama dari 1000 bulan. Malam tersebut adalah Lailatul Qadr, malam penuh berkah yang jatuh di tanggal-tanggal ganjil di 10 hari terakhir.

Malam Lailatul Qadr adalah malam yang penuh berkah dan penuh kemuliaan dalam Islam. Bagi setiap muslim yang beriman, disarankan untuk menyambut malam ini dengan persiapan yang matang. Hal ini ditujukan agar setiap muslim dapat meraih keutamaan dan pahala yang berlipat ganda. Berikut adalah beberapa persiapan yang sudah kami rangkum untuk kalian guna menyambut malam Lailatul Qadr :

1. Perbanyak Ibadah dan Dzikir

Salah satu persiapan utama untuk menyambut malam Lailatul Qadr adalah dengan memperbanyak ibadah dan dzikir. Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Siapa saja yang mendirikan sholat pada lailatul qadar karena iman dan hanya mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq Alaih).

Dengan demikian, menyempatkan diri untuk melakukan shalat malam dan memperbanyak dzikir termasuk dalam persiapan yang dapat kalian lakukan. Dua kegiatan tersebut termasuk cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT guna meraih keberkahan malam Lailatul Qadr.

Baca Juga : 5 Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan Dibandingkan Bulan Lain

2. Perbaiki Akhlak dan Teruslah Berbuat Kebaikan

Selain memperbanyak ibadah, persiapan lain yang dapat dilakukan adalah terus istiqamah memperbaiki akhlak dan terus berbuat kebaikan dalam keseharian. Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Berbuat kebaikan dalam keseharian meliputi bersedekah, berbuat baik kepada sesama, dan menghindari perbuatan dosa. Jika kalian dapat melakukan hal-hal tersebut, maka akan membuat hati semakin bersih dan siap menerima ampunan dari Allah  di malam Lailatul Qadr.

3. Tingkatkan Intensitas Bacaan Al-Qur’an Kalian

Malam Lailatul Qadr merupakan malam dimana sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, meningkatkan bacaan Al Qur’an sangat dianjurkan sebagai persiapan menyambut Lailatul Qadr karena memiliki keutamaan tersendiri. 

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tetapi aliif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi, no. 2910)

Bacalah Al Qur’an dengan penuh penghayatan dan renungkan ayat demi ayat yang kalian baca. Hal itu akan membuat hati semakin lapang untuk menerima petunjuk dari Allah di malam yang penuh berkah ini.

Dengan melakukan persiapan yang baik dan memanfaatkan setiap momen dalam menyambut malam Lailatul Qadr, diharapkan setiap muslim dapat meraih keberkahan dan ampunan dari Allah SWT serta memperoleh pahala yang besar di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

31 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *