keutamaan haji dan umroh di usia muda

keutamaan haji dan umroh di usia muda Haji merupakan ibadah yang termasuk dalam rukun islam dan wajib bagi mereka yang mampu. Mampu disini tidak hanya berpatok masalah dana dan finansial yang cukup. Tapi, mampu memenuhi panggilan dengan fisik yang kuat dan ilmu yang cukup. Meski merupakan ibadah, haji dan umroh memerlukan persiapan lebih banyak dibanding dengan ibadah-ibadah yang lain. Di tahun 2023 ini, Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengirimkan jamaah lanjut usia untuk melaksanakan ibadah haji. Hal ini tentunya membuat Indonesia harus menyiapkan lebih banyak pendamping untuk mengakomodir kebutuhan para jamaah. Lantas, bagaimana cara mensiasati hal tersebut?

Untuk kita yang merasa telah mampu dalam segi finansial, ada baiknya jika melakukan perjalanan haji dan umroh di usia muda. Mengapa demikian? Apa saja keutamaan haji dan umroh di usia muda?

Keutamaan haji dan umroh di usia muda

Mimpi setiap umat muslim di seluruh dunia adalah menginjakkan kaki di baitullah dengan melaksanakan haji dan umroh. Dan usia muda merupakan usia yang ideal untuk menjalankan ibadah haji dan umroh, beberapa keutamaan haji dan umroh di usia muda diantaranya :

Fisik yang prima

Ibadah haji dan umroh merupakan ibadah fisik, dimana keadaan fisik kita sangat berpengaruh dalam pelaksanaan ibadah haji. Banyak ibadah yang mengandalkan kekuatan fisik seperti berlari kecil dari bukit safa ke marwah, tawaf mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali, bahkan untuk sekedar berjalan dari hotel ke tempat masjid untuk menjalankan sholat lima waktu. Tidak hanya itu, untuk kita yang tinggal di Indonesia, pasti harus bisa beradaptasi dengan cuaca di tanah Arab Saudi yang pasti sangat berbeda dengan di Indonesia. Itulah mengapa, fisik yang prima akan sangat membantu kita dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh agar berjalan dengan baik.

Bisa menjadi pendamping jamaah yang lanjut usia 

Keutamaan yang kedua adalah, disamping ibadah wajib kita laksanakan saat haji dan umroh, kita mendapatkan keuntungan untuk bisa membantu para jamaah haji lain yang mungkin sudah lanjut usia dan memerlukan bantuan. Seperti menunjukkan arah, menuntun dalam perjalanan, membantu persiapan ibadah, dan lain sebagainya. Jadi, selain mendapatkan pahala ibadah biro haji dan umroh, kita juga bisa mendapatkan pahala tambahan dari membantu para jamaah haji yang lain.

Awal proses hijra

Masa muda, adalah masa dimana kita sedang dalam pencarian jati diri. Dimana dalam proses tersebut pastinya seringkali banyak kesalahan yang kita lakukan. Ibadah haji dan umroh di usia muda dapat menjadi jalan pembuka untuk kita yang ingin memulai proses hijrah untuk menjadi manusia yang lebih baik. Karena, dengan menjalankan haji di usia muda, kita juga berarti telah melaksanakan rukun islam yang kelima.

Dapat merasakan nikmat ibadah yang lebih besar

Haji atau umroh di usia muda dengan kondisi fisik yang masih baik membuat kita dapat merasakan nikmat ibadah yang lebih besar. Hal ini karena aktivitas kita menjadi tidak terbatas karena kondisi fisik. Kita dapat menikmati setiap perjalanan ibadah dengan baik. Kita juga dapat berjalan lebih jauh menuju tempat-tempat yang ingin kita singgahi, dengan berjalan kaki. Bergerak lebih leluasa karena kondisi fisik yang masih prima.

Bisa mengambil banyak ibadah sunnah

Orang yang sudah memasuki usia lanjut memiliki keterbatasan fisik yakni mudah lelah. Namun, jika kita menjadi jamaah di usia muda, kita bisa mengambil tambahan ibadah-ibadah sunnah. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin selagi kita masih berada di tempat yang mustajab untuk berdoa.

Menyegerakan bertaubat

Banyak anak muda yang dalam hidupnya menargetkan untuk membeli rumah, kendaraan dan serentetan daftar keinginan yang bersifat duniawi. Dan mereka menunda untuk segera berangkat haji yang notabene merupakan kewajiban yang harus segera dilaksanakan dan menunggu untuk semua kesuksesan dunia di dapat.

Padahal, Allah sangat mencintai hambanya yang datang dan bertaubat. Terlebih mereka dari para pemuda yang rela menahan hawa nafsu dunia demi untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.  Dengan melaksanakan ibadah haji dan umroh di usia muda, kita bisa menjadi tamu spesial di hadapan Allah. Karena, refleksi kesalahan dan memohon ampunan atas dosa lebih baik dilakukan sedini mungkin tanpa menunggu tua.

Dari beberapa keutamaan haji dan travel umroh di usia muda diatas, dapat kita ambil pelajaran bagaimana pentingnya mempersiapkan diri untuk berangkat melakukan ibadah haji dan umroh sedini mungkin. Karena, Allah tidak memanggil mereka yang mampu, namun Allah memampukan tamunya yang diundang. Memaksimalkan masa muda untuk mencari ridha Allah dengan berikhtiar untuk dapat melaksanakan rukun islam kelima merupakan bentuk menahan hawa nafsu duniawi. Semoga, kita termasuk dalam golongan orang-orang yang dimampukan Allah untuk pergi melaksanakan ibadah haji dan umroh di usia muda. Untuk mengetahui keutamaan  ibadah haji dan umroh lainnya, anda bisa mengunjungi website https://sekolahumroh.com/.

63 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *