5 Ide Menu Buka Puasa Khas Saudi yang Bisa Kamu Coba!

Bulan Ramadhan adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Tidak terkecuali di negara yang merupakan tempat lahirnya agama islam yaitu Arab Saudi. 

Salah satu hal yang paling ditunggu dari bulan Ramadhan adalah menu buka puasanya. Di Arab Saudi sendiri, buka puasa merupakan salah satu kegiatan yang sangat dinantikan setiap harinya. Negara ini dikenal dengan kekayaan kuliner yang khas dan lezat. 

Jika Sahabat mungkin bosan dengan menu yang itu-itu saja, dan ingin mencoba menu buka puasa yang bari dan otentik, berikut adalah lima ide menu buka khas Saudi yang bisa Sahabat coba:

1. Nasi Mandi

nasi mandhi, menu buka puasa paling poupler di Arab Saudi

Salah satu menu khas Saudi yang sangat populer untuk buka puasa adalah Nasi Mandi dengan lauk ayam. Nasi Mandi adalah hidangan nasi yang diolah dengan rempah-rempah khas, kemudian disajikan dengan potongan daging ayam yang lembut dan aromatik. Hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya dan tekstur nasi yang lembut, cocok untuk mengisi perut setelah seharian menahan lapar.

2. Kabsa

Kabsa adalah hidangan nasi beraroma rempah yang merupakan favorit di Saudi. Hidangan ini terbuat dari nasi yang dimasak bersama daging sapi, kambing, atau ayam, serta dicampur dengan berbagai rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, dan cengkeh. Kabsa sering disajikan dengan acar sayuran dan saus tomat yang segar, menciptakan perpaduan rasa yang lezat nan otentik.

Baca Juga : 5 Tips untuk Tetap Fokus Bekerja Saat Ramadhan

3. Samosa

Samosa adalah camilan yang populer di seluruh jazirah Arab, termasuk di Arab Saudi. Hidangan ini terdiri dari kulit lumpia yang diisi dengan campuran daging cincang, kacang-kacangan, dan rempah-rempah, kemudian digoreng hingga kecoklatan. Samosa sering disajikan sebagai camilan ringan saat buka puasa, rasanya gurih dan renyah, sungguh sangat nikmat sebagai sajian berbuka puasa.

4. Kurma & Laban

Kurma, adalah buah yang seringkali identik dengan bulan Ramadhan menjadi hidangan pembuka wajib saat berbuka puasa di hampir seluruh negara muslim di dunia. Di Arab Saudi sendiri, kurma biasanya disajikan bersama dengan laban, yakni minuman susu fermentasi yang menyegarkan. Kombinasi antara manisnya kurma dan kesegaran laban sangat cocok untuk menghilangkan dahaga dan memberikan energi setelah seharian berpuasa.

5. Jareesh

Jareesh adalah hidangan bubur gandum yang lazim ditemui di Saudi dan sering kali disajikan saat buka puasa. Bubur gandum ini dimasak dengan daging sapi atau kambing, serta diberi tambahan bawang dan rempah-rempah untuk meningkatkan cita rasanya. Jareesh memiliki tekstur yang kental dan rasanya yang gurih, cocok untuk menghangatkan tubuh dan mengisi perut setelah berpuasa.

Itulah lima ide menu buka puasa khas Saudi yang bisa Sahabat coba untuk menambah variasi pengalaman berbuka puasa kalian. Dengan mencicipi hidangan-hidangan khas ini, Sahabat dapat merasakan kelezatan kuliner Arab Saudi sekaligus memperkaya pengalaman kuliner kalian selama bulan Ramadhan. Selamat mencoba dan selamat menikmati rekomendasi sajian-sajian otentik khas Saudi tersebut ya!

44 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *