3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Berangkat Umroh!

persiapan umroh

Sama seperti sebuah pernikahan yang perlu dipersiapkan dengan begitu matang, ibadah umroh juga sama pentingnya. Terdapat beberapa hal krusial yang perlu kalian perhatikan saat persiapan ibadah umroh.

Melakukan perjalanan ke Tanah Suci merupakan momen sakral yang membutuhkan persiapan matang agar dapat menjalani ibadah dengan khusyuk dan lancar. Sebelum berangkat, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan baik untuk memastikan perjalanan umroh berjalan lancar dan nyaman. 

Bagi sebagian orang, umroh merupakan momen langka. Mungkin bagi yang memiliki rezeki lebih, tiap tahun mereka dapat menyisihkan pendapatanya agar dapat mengunjungi tanah suci. Namun bagi sebagian yang lain, diperlukan waktu bertahun-tahun hingga mereka benar-benar dapat melihat secara langsung penampakan Masjidil Haram.

Maka dari itu, terutama bagi Sahabat yang baru pertama kali akan berangkat umroh, perlu memperhatikan beberapa aspek sebelum waktu keberangkatan Sahabat tiba. Berikut secara singkat kami rangkum 3 hal yang harus Sahabat persiapkan sebelum umroh.

1. Paspor

Paspor adalah dokumen resmi yang sangat penting dalam perjalanan internasional, termasuk saat melaksanakan ibadah umroh. Pastikan Sahabat sudah memiliki paspor terlebih dahulu sebelum mempersiapkan syarat-syarat yang lain. Jika belum memiliki paspor, maka buatlah terlebih dahulu di kantor imigrasi terdekat.

Hal ini menjadi penting karena ada kaitannya dengan pengajuan visa umroh. Sebelum memulai proses pengajuan visa umroh, pastikan paspor Sahabat masih berlaku minimal enam bulan setelah tanggal rencana kepulangan dari Arab Saudi. Hal ini penting untuk memastikan tidak ada masalah administratif yang menghambat perjalanan Sahabat.

Selain itu, pastikan untuk memeriksa dan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan dalam pengajuan visa umroh, seperti formulir aplikasi yang telah diisi dengan benar, foto sesuai ketentuan, dan dokumen pendukung lainnya. Proses pengurusan paspor dan visa umroh seringkali memakan waktu. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan umroh Sahabat tiba.

2. Dana

Persiapan dana adalah hal yang tidak boleh diabaikan dalam ibadah umroh berlangsung. Sebelum berangkat, pastikan Sahabat telah menyiapkan dana yang cukup untuk menanggung semua biaya yang diperlukan selama perjalanan. Biaya yang dimaksud antara lain biaya tiket pesawat, akomodasi, transportasi di Saudi, makanan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Selain itu, ada baiknya juga Sahabat menyiapkan dana darurat sebagai pegangan jika terjadi keadaan darurat atau kebutuhan mendesak lainnya. Untuk mengelola dana, Sahabat dapat membuat anggaran perjalanan yang rinci dan mencatat semua pengeluaran yang dikeluarkan selama berada di tanah suci.

Baca Juga : Puasa 17 Hari Lagi, Berikut Beberapa Rekomendasi Latihan Puasa yang Dapat Kalian Pilih!

3. Pilihlah Biro Umroh yang Terpercaya

Sahabat tidak ingin repot dengan dua hal yang sudah disebutkan sebelumnya? Maka solusinya adalah dengan menggunakan biro umroh yang sudah terpercaya. Memilih biro perjalanan yang terpercaya adalah langkah penting dalam persiapan umroh. 

Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan memilih biro perjalanan yang memiliki reputasi baik dan telah terpercaya dalam menyelenggarakan perjalanan umroh. Sahabat dapat meminta referensi dari keluarga, teman, atau saudara sudah pernah umroh, atau mencari ulasan dan testimoni tentang biro umroh tersebut.

Periksa juga izin resmi dari Kementerian Agama atau lembaga terkait lainnya yang menunjukkan bahwa biro perjalanan tersebut memang memiliki keabsahan dalam menyelenggarakan umroh. Pastikan juga untuk memahami dengan jelas paket perjalanan yang ditawarkan, termasuk rincian biaya, fasilitas yang disediakan, dan jadwal keberangkatan.

Dalam memilih biro perjalanan, jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, tetapi utamakanlah kualitas layanan dan keamanan perjalanan. Periksa juga ketersediaan layanan purna jual, seperti bantuan selama perjalanan di Saudi, akomodasi yang nyaman, dan pendampingan selama ibadah Umroh.

Persiapan yang matang sangatlah penting untuk memastikan perjalanan ibadah umroh berjalan lancar dan nyaman. Dengan mempersiapkan paspor, dana, dan memilih biro perjalanan yang terpercaya, diharapkan jamaah umroh dapat menjalani ibadah dengan khusyuk dan pulang dengan predikat mabrur! 

71 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *