Rekomendasi Wisata Religi Madinah

Rekomendasi Wisata Religi Madinah merupakan kota yang menyimpan sejarah panjang perjuangan islam. Kota suci kedua untuk umat islam ini memiliki banyak tempat-tempat bersejarah yang bisa kita singgahi ketika sedang melakukan perjalanan haji ataupun umroh. Jika kita melihat kebelakang, Madinah adalah salah satu kota yang saat itu menyambut Nabi Muhammad Saw dan para rombongan yang hijrah dari Makkah dengan baik. Itulah yang menjadikan kota Madinah menjadi begitu istimewa. Keistimewaan Madinah bertambah karena makam kekasih Allah, Nabi Muhammad Saw juga berada didalamnya. Tepatnya di dalam area Masjid Nabawi. Masjid terbesar di dunia setelah Masjidil Haram di Makkah. Sebelum menjadi masjid terbesar, Masjid Nabawi dibangun secara sederhana oleh Rasulullah sebagai tempat ibadah umat muslim kala itu, dan juga tempat Rasulullah mengajarkan ajaran agama islam kepada para sahabat dan umatnya. Itulah mengapa, setiap jamaah haji atau umroh dari seluruh dunia selalu mengunjungi Masjid Nabawi.

Selain masjid Nabawi, ada juga beberapa rekomendasi wisata religi Madinah yang tak kalah banyak menyimpan sejarah perjalanan kejayaan islam yang bisa kita kunjungi.

Masjid Quba

Destinasi wisata religi penuh sejarah yang dapat dikunjungi di Madinah adalah masjid Quba. Mengapa masjid ini menarik? Karena, masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad Saw saat singgah sebelum melanjutkan perjalanan hijrah ke Madinah. Bahkan Nabi Muhammad Saw terlibat secara langsung dalam pembangunan masjid ini. Meskipun hanya singgah selama 5 hari di Quba, tapi peninggalan Masjid ini begitu berarti sehingga dapat kita lihat sampai hari ini. Karena, pembangunan masjid Quba ini sebagai bentuk perwujudan ketaatan Nabi Muhammad kepada Allah Swt.

Ada beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan ketika mengunjungi masjid Quba. Yakni, ketika kita menjalankan shalat di dalamnya maka akan mendapatkan pahala sebesar pahala umroh. Itulah mengapa ketika mengunjungi masjid Quba kita sempatkan untuk melakukan shalat walaupun hanya 2 rakaat.

Jabal Uhud atau Bukit Uhud

Bukit yang tidak terlalu tinggi namun menjadi saksi bagaimana perjuangan umat muslim melawan kaum kafir quraisy pada perang uhud waktu itu. Dikisahkan 70 sahabat Nabi meninggal saat terjadi peperangan di Jabal Uhud. Lebih istimewanya lagi, jabal uhud merupakan gambaran dari bukit atau gunung yang ada di surga. Namun Allah tampakkan ke bumi. Sehingga setiap jamaah yang datang beribadah ke kota Madinah, pasti akan menyempatkan untuk berkunjung ke gunung surga ini.

Pemakaman baqi

Wisata religi yang bisa kita kunjungi selanjutnya adalah pemakaman baqi atau yang biasa disebut dengan jannatul baqi. Makam ini sudah ada sejak zaman jahiliyah dan diperintahkan oleh Rasulullah untuk menjadi pemakaman umat muslim di Madinah. Di pemakaman baqi sendiri terdapat makam 10.000 sahabat dan anggota keluarga Rasulullah. Juga, merupakan makam tertua di Madinah. Salah satu sahabat dekat Nabi, yakni Utsman bin Affan juga dimakamkan di makam tersebut. Hal ini dilakukan berdasarkan pesan dari Utsman bin Affan agar orang-orang tidak beranggapan bahwa semua sahabat nabi harus dimakamkan di samping rasulullah. Makam ini sangat istimewa karena menjadi salah satu tujuan jamaah haji dan umroh yang ingin mendoakan para syuhada islam dan para pejuang islam. Doa yang dipanjatkan di pemakaman ini bahkan hampir tidak pernah terputus karena banyaknya peziarah.

Masjid Al Qiblatain

Seperti yang kita ketahui, arah kiblat umat muslim pernah berpindah dari masjidil Aqsa di Palestina ke Ka’bah di Makkah. Perintah pemindahan arah kiblat ini didapatkan langsung dari Allah ketika Rasulullah sedang berada di Masjid Al Qiblatain. Masjid ini sering disebut sebagai masjid dua arah kiblat atau masjid salamah. Karena berdiri di atas sebuah bukit kecil bekas tempat tinggal bani salamah. Kita dapat mengunjungi Masjid Al Qiblatain bersamaan dengan mengunjungi masjid Quba. Karena, Masjid Al Qiblatain juga berada di daerah Quba.

Museum Dar Al Madinah

Untuk yang menyukai sejarah dan ingin melihat berbagai peninggalan sejarah tentang agama islam, maka kita dapat mengunjungi Museum Dar Al Madinah. Di museum ini, kita dapat mempelajari sejarah islam sekaligus sejarah peradaban di Kota Madinah. Kita juga dapat melihat berbagai peninggalan sejarah berupa peralatan perang maupun hal-hal yang ditinggalkan oleh Nabi Muhammad Saw.

Itulah beberapa rekomendasi wisata religi Madinah yang dapat dikunjungi ketika kita berada di kota Madinah. Masih ada banyak lagi tempat-tempat bersejarah lainnya. Karena, tidak bisa kita pungkiri bahwa bahkan setiap inchi tempat yang ada di Kota Madinah menyimpan cerita dan sejarahnya tersendiri mengenai perjuangan islam dan peradaban yang terjadi dari zaman jahiliyah sampai dengan saat ini. Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai rekomendasi wisata religi Madinah, cukup kunjungi website https://sekolahumroh.com/.

39 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *