Perempuan Tapi Takut Umroh? Ini 8 Tips Umroh bagi Perempuan!

simak tips untuk perempuan agar umrohmu nyaman

Umroh merupakan ibadah yang dianjurkan bagi setiap muslim. Baik muslim laki-laki maupun perempuan, keduanya sangat dianjurkan untuk berumroh. Ibadah ini tidak mengenal perbedaan jenis kelamin, maka dari itu, selagi kita dimampukan untuk berumroh, maka bersegeralah.

Akan tetapi, bagi kaum perempuan, berbagai ketakutan-ketakutan terkait umroh seringkali muncul. Terutama jika mereka berniat untuk pergi umroh sendiri, tanpa didampingi pasangan atau keluarga. 

Oleh karena itu, bagi perempuan, ibadah umroh memiliki kekhususan tersendiri yang perlu diperhatikan agar dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan khusyuk. Berikut adalah 5 tips umroh bagi perempuan untuk memastikan pengalaman umroh mereka berjalan dengan baik :

1. Pilihlah Pakaian yang Sesuai

Pakaian yang sesuai adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh perempuan saat melakukan ibadah umroh. Sebagaimana dijelaskan dalam syariat, perempuan diharuskan untuk mengenakan pakaian yang longgar dan menutup aurat. Cuaca di Saudi yang lebih panas dan kering daripada di Indonesia juga perlu menjadi pertimbangan. Pilihlah pakaian yang memiliki bahan yang adem dan mudah menyerap keringat. Pakaian yang tepat, namun tidak melanggar syariat, akan membantu para perempuan merasa nyaman dan memungkinkan mereka untuk fokus pada ibadah.

2. Persiapkan Fisik dan Kesehatan Kalian

Umroh adalah salah satu ibadah yang cukup menguras tenaga. Terutama ibadah intinya, Sahabat harus tawaf selama 7 kali putaran, dilanjut dengan bolak balik Bukit Safa dan Marwah untuk Sa’i, lalu ditutup dengan tahalul. Oleh karena, latihan fisik dan rutin melakukan cek kesehatan sangat penting untuk diperhatikan sebelum berumroh. Para perempuan perlu memastikan bahwa mereka dalam kondisi fisik yang baik dan siap untuk menanggung segala tantangan yang mungkin terjadi selama perjalanan. 

3.  Pilih Paket Umroh bersama Rombongan atau Keluarga

Untuk meminimalisir resiko selama umroh, para perempuan disarankan untuk bergabung dengan kelompok perjalanan umroh atau melakukan perjalanan bersama keluarga. Perjalanan dalam kelompok atau bersama keluarga akan memberikan perlindungan dan dukungan ekstra bagi perempuan, terutama dalam menghadapi situasi yang mungkin timbul selama perjalanan.

Baca Juga : 5 Larangan yang Harus Diperhatikan Saat Ihram Selama Umroh!

4. Tetap Waspada Selama Perjalanan

Kita tidak pernah tahu kondisi seperti apa yang kita hadapi selama melakukan perjalanan umroh. Terlebih, jamaah umroh berasal dari segala penjuru dunia sehingga kita belum mengetahui karakteristik masing-masing jama’ah. Bagi kalian yang perempuan, perlu untuk  selalu waspada terhadap lingkungan sekitar dan menjaga barang-barang berharga kalian dengan baik. Selain itu, perlu juga untuk memastikan bahwa kalian tidak melakukan tindakan yang dapat menarik perhatian negatif atau membahayakan keamanan mereka sendiri.

5. Persiapkan Segala Jenis Dokumen dengan Teliti

Ketika pada akhirnya kalian memutuskan untuk melakukan perjalanan umroh sendirian, perlu dipastikan bahwa semua dokumen sudah dipersiapkan dengan baik. Beberapa dokumen tersebut adalah paspor, visa umroh, tiket pesawat, serta dokumen lain seperti tiket raudah yang bisa didapatkan di aplikasi Nusuk. Pastikan untuk menyimpan dokumen-dokumen ini dengan aman dan mudah diakses selama perjalanan.

6. Ikuti Petunjuk dan Arahan dari Pemandu atau Penyelenggara Umroh

Saat melakukan perjalanan umroh sendirian, penting bagi para perempuan untuk mengikuti petunjuk dan arahan yang diberikan oleh pemandu atau penyelenggara umroh. Mereka biasanya akan memberikan informasi penting tentang urutan prosesi umroh, tempat-tempat yang akan dikunjungi, serta aturan dan etika yang perlu diikuti selama perjalanan. Dengan mengikuti petunjuk dari pembimbing, kalian para perempuan pasti akan sangat terbantu dalam menjalankan ibadah umroh.

7. Selalu Jaga Komunikasi dengan Keluarga atau Kerabat di Tanah Air

Ketika umroh, jangan lupa untuk selalu jaga komunikasi Sahabat dengan keluarga atau teman-teman di Indonesia. Pastikan untuk selalu berkabar, jangan lupa ceritakan tentang setiap perjalanan kalian. Jikalau dirasa perlu, berikan informasi detail seperti jadwal penerbangan, tempat menginap, dan kontak darurat yang dapat dihubungi kepada kerabat terdekat. Hal ini berguna untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan keadaan terburuk yang dapat terjadi ketika kita sedang berumroh. 

8. Jangan Lupa Bawa Perlengkapan dan Obat-obatan Pribadi

Salah satu hal yang jangan sampai terlupa adalah mempersiapkan perlengkapan dan obat-obatan pribadi. Kebutuhan setiap orang pasti berbeda, terutama jamaah perempuan, biasanya mereka memiliki berbagai barang-barang tambahan yang cukup banyak. Terlepas dari itu, beberapa perlengkapan pribadi yang harus dipersiapkan adalah pakaian yang nyaman, alat kebersihan diri, obat-obatan pribadi, serta perlengkapan medis pribadi.

Dengan memperhatikan tips umroh bagi perempuan di atas, diharapkan bagi para perempuan yang ingin berumroh, dapat menjalankan ibadah dengan lebih tenang dan nyaman. Sesudah membaca artikel ini, bagi semua Sahabat perempuan, semoga jangan ragu untuk beribadah ke tanah suci lagi ya!

43 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *