Hindari 3 Tindakan Ini Agar Puasamu Tidak Batal

minum dengan sengaja dapat membatalkan puasa

Puasa Ramadhan, selain sebagai kewajiban agama, juga merupakan momentum untuk meningkatkan ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, dalam menjalankan puasa, seringkali terdapat tindakan-tindakan yang bisa secara tidak sengaja membatalkan puasa. 

Untuk memastikan puasamu tetap sah dan diterima di hadapan Allah SWT, penting untuk menghindari beberapa tindakan yang membatalkan puasa. Berikut adalah tiga tindakan yang perlu dihindari agar ibadah puasamu tetap sah dan diterima di sisi-Nya :

1. Jangan Sampai Mulut Kalian Menelan yang Bukan-Bukan

Salah satu hal yang sering terlewatkan adalah kebiasaan memasukkan barang-barang ke dalam mulut. Hal ini bisa terjadi saat kita secara tidak sadar menggigit pensil, mengigit kuku, atau bahkan berkumur dengan terlalu banyak air. Ingatlah bahwa puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan mulut kalian selama puasa untuk memastikan puasa kalian tetap utuh.

Meskipun mungkin terdengar jelas, namun terkadang seseorang bisa melakukan kesalahan secara tidak sengaja, tanpa menyadari bahwa itu akan membatalkan puasanya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, sangat penting untuk selalu waspada dan berhati-hati saat berpuasa. Pastikan bahwa tidak ada makanan, minuman, atau benda-benda lain yang masuk ke dalam mulut saat berpuasa.

Baca Juga : 5 Tips Menahan Kantuk saat Puasa di Bulan Ramadhan

2. Tahan Hawa Nafsu Kalian Sampai Waktu Berbuka Tiba

Saat menjalankan puasa, kita dituntut untuk menjaga hawa nafsu lahiriah maupun batiniah. Salah satu tindakan yang yang berkaitan dengan hawa nafsu dan bisa membatalkan puasa adalah melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Karena itu, hindarilah segala bentuk aktivitas yang bisa memicu gairah dan mengarah pada hubungan intim. Lebih baik fokuskan energi dan perhatianmu pada ibadah dan kegiatan yang bisa mendekatkan dirimu kepada Allah SWT.

Penting bagi pasangan suami istri untuk saling memahami dan menghormati batasan-batasan agama dalam menjalankan ibadah puasa. Jika memungkinkan, ada baiknya untuk menghindari situasi-situasi yang dapat memicu nafsu dan mengarah pada hubungan seksual. Fokuslah pada ibadah-ibadah yang bisa meningkatkan ketaqwaan dan kedekatan spiritual dengan Allah SWT.

3. Muntah dengan Sengaja Juga Membatalkan Puasa Loh!

Muntah dengan sengaja juga bisa menjadi pemicu batalnya puasa. Kadang-kadang, ketika merasa tidak enak badan atau mual, seseorang bisa secara tidak sengaja memicu muntah untuk merasa lebih baik. Namun, jika hal ini terjadi dengan sengaja dan disertai dengan menelan kembali makanan atau minuman yang dimuntahkan, maka puasamu bisa menjadi batal. 

Untuk menghindari muntah dengan sengaja, hindarilah makanan dan minuman yang berlebihan atau terlalu berat saat sahur atau berbuka. Selain itu, usahakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi selama bulan Ramadhan.

Dengan menghindari tiga tindakan yang membatalkan puasa, semoga puasamu tetap tetap dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan!

39 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *