Berkunjung ke Baitullah, Jangan Skip Beberapa Destinasi Wisata Umroh Eksekutif

Di Indonesia terdapat banyak perusahaan yang menawarkan jasa travel haji dan umroh. Tentu ini sangat memudahkan bagi siapa saja yang ingin berangkat ke tanah suci untuk menyempurnakan rukun islam ke-5. Masyarakat yang berminat akan ditawarkan beberapa paket yang sesuai dengan isi kantong jama’ah. Mulai dari paket reguler hingga paket eksekutif dengan rincian yang jelas dan detail. Biasanya Kebanyakan orang akan memilih paket eksekutif karena diberikan kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata umroh eksekutif seperti tempat-tempat bersejarah.

Program Umroh eksekutif memang memiliki durasi yang lebih lama. Dibanding program biasa atau reguler. Biasanya program eksekutif berdurasi 11 hari yaitu 2 hari perjalanan keberangkatan dan kepulangan 4 hari di madinah, 3 hari di mekah dan 2 hari mengunjungi destinasi wisata religi. Ada perbedaan yang mencolok juga pada harga setiap program. Program umroh eksklusif menawarkan harga dua kali lipat berkisar antara Rp 30 juta hingga Rp 50 juta. 

Harga paket mencakup?

  • Manasik umroh
  • Perlengkapan ibadah umroh (tidak termasuk kebutuhan pribadi)
  • Setiap jamaah akan difasilitasi visa umroh, jadi tidak perlu ribet urus sana sini untuk pengurusan visa. Jamaah juga mendapatkan asuransi perjalanan. 
  • Keberangkatan dan kepulangan menggunakan Ekonomi Class 
  • Hotel dengan fasilitas bintang 5 
  • Makan 3 kali sehari (ditambah kudapan sehat)
  • Diarahkan oleh pembimbing umroh atau guide yang sangat berpengalaman
  • Diperbolehkan membawa pulang air zam-zam maksimal 5 liter 
  • Difasilitasi Bus AC eksekutif
  • Jika memungkinkan, umroh bisa dilakukan 2 kali
  • Ziarah wisata religi seperti kota Mesir atau Istanbul Turki

Harga paket belum mencakup

  • Biaya perjalanan dari daerah
  • Biaya pembuatan visa
  • Kelebihan bagasi
  • Perlengkapan pribadi
  • Ziarah wisata religi di luar dari perencanaan

Rencana Perjalanan

Hari ke 1: Daerah – Jakarta – Jeddah

Jamaah akan berangkat dari daerah masing-masing dengan menyesuaikan waktu yang telah ditentukan. Menuju bandara dan bertemu di terminal 3 pintu 2 Bandara Soekarno Hatta. Dilakukan berbagai proses administrasi seperti check in dan penyesuaian bagasi. Kemudian pemeriksaan keamanan dan  pembagian perlengkapan yaitu id card jamaah, paspor dan boarding pass lalu melewati pemeriksaan imigrasi. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 10 jam maka akan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Proses imigrasi dan bagasi selesai maka dilanjutkan menuju kota Madinah dengan Bus Eksekutif. 

Hari ke 2: Madinah

Tiba di hotel berbintang 5, check in lalu beristirahat. Setelah beristirahat, jamaah akan diarahkan menuju masjid nabawi untuk shalat tahajjud dan menunggu waktu shalat subuh. Setelah shalat subuh, jamaah mendengarkan kajian dhuha lalu ziarah ke makam Rasulullah SAW dan sahabat nabiyullah yaitu Abu Bakar As Siddiq dan Umar bin khattab yang berada di sebelah tenggara Masjid Nabawi.  Rangkaian ziarah selesai, jamaah akan kembali ke hotel.

Hari ke 3: Madinah

Shalat tahajjud dan shalat subuh di masjid nabawi kemudian mengikuti kajian ibadah dari pembimbing setelah itu berziarah di kota madinah seperti Masjid Quba, Masjid Qiblatain dan Jabal Uhud. Setelah itu kembali ke hotel untuk beristirahat, mengemas barang dan mempersiapkan diri menuju Mekkah besok hari.

Hari ke 4: Madinah – Mekkah

Shalat subuh di masjid Nabawi lalu berangkat menuju mekkah dan singgah di Bir Ali mengambil Miqat untuk ibadah umroh. Check in di hotel lalu berangkat melaksanakan ibadah umroh yang dilakukan pada malam hari. 

Hari ke 5: Mekkah

Setelah melaksanakan ibadah umroh, shalat tahajjud dan shalat subuh di masjid Al Haram, jamaah kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari ke 6: Mekkah

Shalat subuh di masjid Al Haram lalu pulang beristirahat di hotel. Dilanjutkan ziarah di kota mekkah seperti Maqam Ibrahim, Sumur Zam-zam, Jabal Nur dan Gua Hira. Jika waktu masih memungkinkan, dipersilahkan kepada jama’ah yang ingin melaksanakan ibadah umroh kedua kalinya.

Hari ke 7: Mekkah
Berkumpul di hotel untuk mendengar arahan tentang destinasi wisata umroh eksekutif yang akan dikunjungi.

Hari ke 8: Mekkah – Wisata religi

Ziarah ke destinasi wisata religi yang telah disepakati.

Hari ke 9: Wisata Religi – Madinah
Menuju ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah

Hari ke 10: Madinah – Jakarta
Take off menuju Bandara Soekarno Hatta Jakarta

Hari ke 11: Jakarta
Jamaah tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Setelah proses imigrasi dan bagasi, jamaah kembali ke asal daerah masing-masing

Destinasi wisata umroh eksekutif yang banyak diincar jamaah umroh

Museum Aya Sofia

Wisata religi di kota Istanbul Turki ini memang sangat populer di kalangan jamaah yang melaksanakan umroh. Salah satunya yaitu Museum yang menyimpan sejarah penting tidak hanya bagi umat islam tetapi juga bagi umat nasrani sebab dahulu bangunan ini adalah gereja lalu diubah menjadi masjid hingga akhirnya beralih fungsi menjadi museum. Di dalam bangunan terdapat lafadz Allah dan nabi Muhammad serta lukisan Bunda Maria. 

Topkapi Palace 

Masih satu kompleks dengan Aya Sofia, Topkapi Palace wisata religi yang jadi saksi kekhalifahan Ottoman pernah berjaya selama 400 tahun. Istana ini juga menyimpan berbagai peninggalan sejarah Rasulullah SAW, keluarga dan para sahabat nabi. 

Tempat-tempat bersejarah di Mesir

Mesir adalah negara yang dipenuhi dengan situs bersejarah. Beberapa tempat yang menjadi incaran para wisatawan muslim adalah Masjid Al-Hussein yang terletak di Cairo. Selain itu, kota Alexandria yang berada di utara Cairo juga memiliki destinasi wisata masjid Al Mursi Al Abbas, Perpustakaan Alexandria dan Masjid Al Busiri. Sangat rugi jika mengunjungi negara Mesir tapi tidak mendatangi Khan El Khalili, membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tanah air. 

Jika mencari informasi yang terkait dengan umroh dan haji. Kamu bisa mengunjungi sekolahumroh.com, website yang membahas dengan lengkap seputar haji dan umroh. Segala pertanyaan  yang berkaitan dengan haji dan umroh bisa terjawab, yuk kunjungi websitenya sekarang! Semoga kita semua diberikan kesempatan berkunjung ke Baitullah untuk memenuhi undangan-Nya. 

404 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *