5 Destinasi Wisata Underrated di Saudi yang Harus Kalian Kunjungi!

Selain bertujuan untuk ibadah, umroh seringkali dimanfaatkan oleh para jamaah untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata favorit. Banyak pilihan jenis wisata yang dapat Sahabat kunjungi selama di tanah suci. Baik wisata sejarah, kuliner, alam, hingga budaya dapat kalian jelajahi selama di Saudi.

Beberapa biro bahkan sudah menyediakan paket untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata tambahan tersebut. Destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh jamaah umroh yang sudah termasuk ke dalam paket umroh tersebut antara lain Masjid Quba, Kebun Kurma Madinah, Jabal Uhud, hingga Gua Tsur.

Namun, keempat destinasi wisata tersebut sudah cukup umum atau mainstream bagi mereka yang berkesempatan umroh setiap tahun. Oleh karena itu, berikut kami rangkumkan lima tempat underrated atau yang belum banyak diketahui banyak orang yang dapat Sahabat kunjungi selepas melaksanakan ibadah umroh :  

1. Jannatul Baqi, Madinah

Makam Jannatul Baqi merupakan salah satu destinasi wisata Saudi yang underrated

Jannatul Baqi adalah sebuah pemakaman di Madinah yang terkenal karena menjadi tempat pemakaman bagi banyak sahabat Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Meskipun tempat ini memiliki nilai sejarah dan nilai spiritual yang cukup dalam, seringkali Jannatul Baqi terlewatkan oleh para jamaah umroh yang lebih fokus pada kunjungan ke Masjid Nabawi. Mengunjungi Jannatul Baqi dapat menjadi salah satu opsi bagi Sahabat untuk mengenang para sahabat dan beberapa tokoh-tokoh Islam yang berpengaruh.

2. Al-Ula, Madinah

Al-Ula dapat menjadi alternatif detinasi wisata bagi kalian selama di Saudi

Al-`Ula adalah sebuah oasis yang terletak di provinsi Madinah Utara. Destinasi wisata ini merupakan sebuah dataran pegunungan batu dengan pemandangan yang dapat memanjakan mata setiap wisatawan. Tempat ini memiliki situs arkeologi kuno, termasuk situs Nabataean dan batu-batu berukir yang mengesankan. Meskipun jarang dikunjungi oleh para wisatawan, Al-`Ula menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan kekayaan sejarah yang patut dieksplorasi.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Oleh-Oleh Umroh Anti Mainstream!

3. Hegra (Mada’in Saleh)

Hegra

Destinasi wisata ini masih menjadi terletak tidak begitu jauh dari Al-Ula. Hegra, juga dikenal sebagai Mada’in Saleh, adalah situs arkeologi yang terkenal di Al-Ula. Situs ini merupakan kota kuno yang dibangun oleh orang-orang Nabataean pada abad ke-1 SM. Hegra memiliki banyak makam dan bangunan kuno yang dipahat dalam batu pasir, mirip dengan Petra di Yordania. Meskipun memiliki nilai sejarah dan arkeologi yang signifikan, Hegra seringkali kurang dikenal dibandingkan dengan Petra.

4. Asir National Park, Jazan

Asir National Park

Asir National Park terletak di wilayah Jazan di selatan Arab Saudi. Taman ini dikenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan, termasuk pegunungan hijau yang subur, air terjun yang menyegarkan, dan beragamnya satwa liar yang hidup di dalamnya. Meskipun tidak terlalu populer di kalangan jamaah umroh, Asir National Park , sebagai salah satu destinasi wisata di Saudi, menawarkan pengalaman wisata alam yang unik dan menyegarkan di tengah padatnya jadwal ibadah Sahabat.

5. Al-Qarah Mountain, Al-Ahsa

Batuan Geologis di Al Qarah

Al-Qarah adalah sebuah pegunungan yang di dalamnya terdapat gugusan batuan geologi yang terletak di Provinsi Al-Ahsa, Arab Saudi bagian timur. Pegunungan batu kapur ini terkenal karena gua-gua alaminya yang menakjubkan dan panorama alam yang indah. Batuan sedimen yang ada di Al-Qarah akan memancarkan warna merah yang begitu cantik. Berkat keunikannya ini, pada 2018 UNESCO memasukan Al-Qarah sebagai salah satu situs warisan dunia. 

Selama umroh, selain beribadah, jangan lupakan kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat yang tidak sering dikunjungi oleh para jamaah umroh kebanyakan. Dari situs sejarah yang kaya akan edukasi hingga pemandangan alam yang menakjubkan, destinasi wisata Saudi memiliki banyak keajaiban yang menunggu untuk dieksplorasi. 

Dengan meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat yang sudah disebutkan, Sahabat dapat memperkaya pengalaman dengan menikmati keindahan alam serta sejarah yang kaya di Tanah Suci. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi Sahabat untuk menjelajahi sisi lain dari Arab Saudi selama melaksanakan ibadah umroh ya!

138 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *