Yuk Kumpulkan Amalan Baikmu di Hari Jumat! Apa Istimewanya Sih?

Yuk Kumpulkan Amalan Baikmu di Hari Jumat! Apa Istimewanya Sih?

Sobat Rihaal – Dalam ajaran agama Islam, semua hari adalah baik. Namun ada satu hari dimana Allah sangat memuliakan dan mengistimewakan hari tersebut. Hari tersebut adalah hari Jumat. Hari jumat dikatakan istimewa karena juga memiliki historis dalam sejarah Islam.

Kata Jumat berasal dari Bahasa Arab Jumu’ah yang berarti berkumpul, karena pada hari itu semua orang islam yang laki-laki akan berkumpul untuk melaksanakan solat Jumat. Namun tahukah sobat, apa saja sih keutamaan solat jumat dibandingkan hari lainnya. Berikut sekolah umroh telah merangkum beberapa keutamaan hari Jumat.

1. Hari jumat adalah sebaik-baik hari.

Sebaik-baiknya mentari pagi dan terbenamnya matahari adalah dikala hari Jumat. Dari Abu Hurairah RA dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda :

“Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

2. Merupakan hari yang mustajab untuk berdoa

Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR. Muttafaqu Alaih).

Kekhusyuan ibadah di hari Jumat di Baitullah pasti terasa nikmat (Source : Rihaal Media)

Ibnu Qayyim Al Jauziah setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu mustajab tersebut. Beliau mengatakan bahwa :

“Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi,” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

3. Sedekah pada hari jumat merupakan hari yang istimewa dibandingkan hari-hari lainnya.

Sedekah merupakan salah satu amalan yang baik untuk dilakukan oleh seorang muslim. Sedekah juga merupakan salah satu tanda syukur kita sebagai makhluk Allah. Ibnu Qayyim berkata:

“Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.” Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya,” (Mauquf Shahih).

Umroh Murah Jogja

Info Paket Umroh & Wisata

4. Hari dihapuskannya dosa-dosa

Manusia memang makhluk yang penuh dengan dosa. Karena manusia adalah makhluk yang tak pernah luput dari dosa. Sudah sepatutnyalah manusia meminta kepada Allah untuk dihapuskan dosanya. Menurut Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda,

“Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat,” (HR. Bukhari).

Keutamaan Jumat diatas hanyalah beberapa keutamaan dari banyaknya keutamaan yang dijanjikan oleh Allah. Sudah sepatutnyalah kita memanfaatkan hari Jumat dengan baik. Apalagi jika kita dapat melaksanakan hari jumat di Tanah Suci. Jikalau kita dapat melaksanakan amalan hari yang baik, di tempat yang baik pula, tentu saja kita akan semakin semangat untuk mendapatkan keutamaan jumat. Tak terbayang bagaimana kebaikan dan pahala yang akan kita dapatkan. Untuk memfasilitasi hal tersebut, Rihaal menyediakan umroh keutamaan Jumat. Dengan adanya umroh keutamaan Jumat ini, diharapkan para jamaah dapat semakin mendalami dan memahami keutamaan hari jumat. Dan juga Semakin meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

15 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini