Yerusalem, Saksi Bisu Perebutan Kekuasaan dari Zaman ke Zaman

Yerusalem, Saksi Bisu Perebutan Kekuasaan dari Zaman ke Zaman

Sobat Rihaal – Yerusalem menjadi menjadi saksi bisu peperangan dan perebutan wilayah dari zaman ke zaman. Yerusalem juga menjadi saksi bisu pendustaan manusia terhadap Tuhan. Perseteruan dan peperangan tersebut berlangsung lama sehingga banyak terjadi pertumpahan darah sia-sia. Bahkan banyak yang terusir lari dan hidup dalam pengasingan. Bagaimana kisahnya? Mari kita simak bersama…

Perang Episode Pertama (Yahudi – Kristen)

Sobat Rihaal, pada tahun 132 M ada yang dinamakan pemberontakan Bar Kokhba. Pemberontakan ini dilakukan oleh bangsa Yahudi yang pada masa itu d bawah kekuasaan Romawi. Pemberontakan ini berhasil dikalahkan oleh Romawi dan Yahudi sempat diusir dari Yerusalem. Kemenangan Kristen atas Yahudi itulah yang membuat Kaisar Romawi Konstantin 1 pada abad ke-4 membangun tempat-tempat suci di Yerusalem. Sejak saat itulah Yerusalem menjadi pusat agama Kristen. Sebelumnya Yerusalem juga menjadi rebutan bangsa Persia dan Makedonia. Selama beberapa dekade penguasaan atas Yerusalem silih berganti.

Pembebasan Yerusalem oleh Khalifah Umar bin Khattab

Sobat Rihaal, pada tahun 637 M Yerusalem dan Palestina berhasil dibebaskan tanpa pertumpahan darah oleh Khalifah Umar bin Khattab. Saat itulah pertama kalinya umat Islam menjadikan Yerusalem sebagai tanah suci bagi tiga agama sekaligus. Toleransi keberagaman agama sangat dijunjung tinggi. Yerusalem saat itu memasuki era baru dalam peradaban dengan nilai-nilai kemanusiaan. Seluruh masyarakat Yerusalem pada masa itu merasakan keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan. Mereka semua melaksanakan ibadah di rumah ibadah masing-masing tanpa ada rasa takut akan ancaman dan tekanan.

Baca juga :

Goresan Indah dalam Detail Arsitektur Masjid Al-Aqsa

Sering Dikira Masjid Al-Aqsa, Inilah Fakta Dome of The Rock Sebenarnya

Perang Episode Kedua (Kristen – Islam)

Tahun 1095 M, Kristen memulai peperangan atas nama agama dan Tuhan. Sasarannya adalah kaum Muslimin yang saat itu melindungi hak-hak seluruh umat beragama di masyarakat Yahudi. Perlu Sobat Rihaal ketahui, bawa pada saat itu kaum Nasrani yang dipimpin oleh Paus sama sekali tidak peduli. Kesucian tanah Yerusalem pun ternoda kembali karena pada masa itu pertumpahan darah kembali terjadi. Angkara murka tentara Salib mengatasnamakan Tuhan dan agamanya. Setelah melewati peperangan demi peperangan, kaum Muslimin dapat kembali menguasai Yerusalem dan Palestina.

Ilustrasi Pasukan Salib merebut kekuasaan Yerusalem. Sumber : thinglink.com

Babak Baru Perebutan Wilayah Yerusalem (Palestina)

Babak baru dalam perebutan wilayah Yerusalem (Palestina) dimulai saat Perang Dunia I pada tahun 1917 yang dilakukan oleh Inggris. Inggris berhasil merampas dan menguasai Yerusalem kala itu. Peristiwa gerakan Zionis Yahudi sedunia pada 1897 juga menambah ambisi untuk menguasai Yerusalem serta Palestina secara keseluruhan. Yahudi didukung oleh Inggris, Amerika Serikat, dan negara sekutu lainnya. Hal ini semakin memanas sejak PBB mengizinkan Yahudi mendirikan negara Israel tahun 1948. Bebagai jalan sudah ditempuh untuk melakukan perdamaian hingga saat ini. Namun Israel masih belum mau membebaskan Palestina sebagai negara jajahannya.

biro umroh jogja, biro umroh resmi, biro umroh solo, biro umroh terbaik, harga paket umroh, harga umroh jogja, harga umroh murah, merancang umroh, nur Ramadhan, paket umroh 2018, paket umroh 2019, paket umroh jogja, paket umroh murah, paket umroh murah dari jogja, paket umroh syawal, tour and travel turki, travel agent turki, travel umroh jogja, travel umroh surabaya, travel umroh terbaik, travel umroh terpercaya, umroh jogja murah, umroh jogja terbaik, umroh plus capadocia, umroh promo jogja, umroh ramadhan 2019, umroh start jogja, umroh arbain, rekam biometrik, umroh 2019, paket umroh murah, umroh plus dubai, umroh plus aqsha, trip malaysia singapura, trip halal jepang, trip halal korea, trip halal eropa, trip thailand, trip liburan sekolah, umroh keluarga, umroh couple, umroh bulan desember, haji furoda, haji reguler, haji onh plus, daftar haji, cara daftar haji, cara daftar umroh, antrian rekam biometrik, biometrik surabaya, biometrik jogja, kantor vfs, biometrik indonesia, amman, aqsha

Info Paket Umroh & Wisata

Sobat Rihaal, itulah sejarah perebutan kekuasaan Yerusalem dari zaman ke zaman yang seharusnya menjadi milik umat Muslim. Penjajahan itu hingga saat ini masih berlangsung. Semoga kita umat Muslim tetap bersatu dan merapatkan shaf dalam memerdekaan sesama saudara Muslim kita. Aamiin… Sobat Rihaal dapat mengunjungi Yerusalem bersama Rihaal. Banyak paket promo yang ditawarkan Rihlah Dunia organize by Rihaal. Yuk daftar!

Sumber : Ensiklopedia Peradaban Islam Yerusalem oleh Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec.

 

302 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini