Yerikho, Kota Tua Penuh Sejarah dan Kisah Nabi Yusya a.s.

Yerikho, Kota Tua Penuh Sejarah dan Kisah Nabi Yusya a.s.

Sobat Rihaal – Tidak hanya Yunani dan Mesir yang memiliki kota tertua di dunia. Yerikho atau Jericho yang terletak di Palestina ini masuk dalam daftar kota tertua di dunia. Dibeberapa sisi kota Yerikho ini banyak dijumpai tulisan ‘The Oldest City of The World’. Kota Yerikho juga menyimpan sejarah perang suci Bani Israil yang menembus benteng Yerikho dipimpin oleh Nabi Yusya a.s.

Yerikho mendapat gelar The Oldest City of The World karena menurut beberapa sumber arkeolog, kota Yerikho ini sudah ditemukan pemukiman sejak 11.000 tahun yang lalu. Lokasi Yerikho dekat dengan lembah Yordania dan masuk dalam otoritas pemerintah negara Palestina sejak 1948 hingga sekarang. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan perbatasan Yordania. Sobat Rihaal bisa mengunjungi Yerikho dengan bus kecil dengan melewati imigrasi Israel di Allenby Bridge.

Tanah Rendah Namun Subur

Kota Yerikho terletak pada 1.300 kaki atau sekitar 400 meter dibawah permukaan laut sehingga menjadikannya kota dengan kondisi tanah yang rendah dibanding kota di negara lainnya. Namun walaupun kondisi tanah rendah, Yerikho memiliki struktur tanah yang subur sehingga dimanfaatkan untuk lahan pertanian oleh masyarakat. Kualitas terbaik dari hasil pertanian masyarakat Yerikho antara lain kurma, buah tin, pisang, jeruk, mangga, dan sayuran.

Daya Tarik Wisatawan

Walaupun kota Yerikho termasuk sepi dan tidak seramai kota Amman di Yordania atau Yerusalem di Palestina, Yerikho tetap menjadi daya tarik wisatawan. Hal ini nkarena terdapat situs kuno bernama Tell Es Sultan. Ada pula The Good Samaritan Museum, Hisham Palace, Makam Nabi Musa, dan masih banyak lagi. Sobat Rihaal jangan khawatir karena di Yerikho ada banyak restoran, kafe, dan toko souvenir yang bisa Sobat kunjungi. Banyak pula souvenir yang dijual diantaranya sabun zaitun sebagai salah satu yang favorit dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh.

Kereta gantung di Kota Yerikho yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Source : google.com

Kisah Nabi Yusya bin Nun a.s

Sobat Rihaal, mungkin sebagan dari kita masih asing mendengar nama Nabi Yusya. Nabi Yusya adalah murid dari Nabi Musa a.s. yang menjadi pemimpin Bani Israil setelah Nabi Musa wafat. Hingga menjelang akhir hayatnya, Nabi Musa mempersiapkan seorang Nabi Yusya bin Nun a.s. untuk menggantikannya memimpin Bani Israil dan memasuki tanah yang dijanjikan Baitul Maqdis. Persiapan memasuki Yerusalem adalah dengan menembus benteng Yerikho yang besar dan dijaga ketat oleh penjaga. Nabi Yusya mengirim pengintai untuk mengamati Kota Yerikho.

Baca juga : 

Yerusalem, Saksi Bisu Perebutan Kekuasaan dari Zaman ke Zaman

Amman, Ibu Kota Yordania yang Aman untuk Kunjungan Wisatawan

Saat perang suci perebutan Yerusalem pun tiba, Nabi Yusya mesyaratkan yang akan mengikuti dirinya perang adalah yang tidak tertawan hatinya dengan duniawi. Singkat cerita tembok Yerikho runtuh dan Nabi Yusya serta pasukannya masuk kedalam kota dan membumihanguskan seluruh isi kota kecuali rumah Rahab. Rahab adalah perempuan yang membantu prajurit Nabi Yusya a.s. dahulu tatkala mereka hampir tertangkap dalam tugas pengintaian. Kemenangan perang suci tersebut diraih Nabi Yusya dan pasukannya.

Sobat Rihaal, itulah kisah dibalik sejarah yang ada pada kota Yerikho di Palestina. Mudah-mudahan kita semua dapat mengambil hikmah yang ada. Yerikho sampai sekarang selalu jadi daya tarik tersendiri karena banyak sejarah yang terjadi di balik kota ini. Banyak trip menarik Rihlah Dunia organize by Rihaal yang bisa sobat pilih. Bila mengunjungi Palestina, biasanya akan singgah pula ke Kota Yerikho ini loh!

Info Paket Umroh & Wisata

86 total views, 4 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini