Waktu Mustajab Untuk Berdoa di Hari Jumat, Kapankah itu?

Waktu Mustajab Untuk Berdoa di Hari Jumat, Kapankah itu?

Sobat Rihaal, hari Jumat kembali datang. Hari paling istimewa dari semua hari dalam sepekan bagi kaum muslimin, serta penuh kemuliaan dan keberkahan. Jika datang Jumat, banyak dari umat Muslim yang melakukan amalan-amalan tertentu yang memang “lebih dianjurkan” untuk dikerjakan di hari Jumat. Namun, tahukah sobat jika pada hari Jumat ini, ada satu waktu mustajab untuk berdoa. Lalu, kapankah waktu itu? simak uraian lengkapnya dibawah:

Waktu Mustajab Berdoa

Dijelaskan dalam Hadits Riwayat Imam Bukhari, “Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT, niscaya permintaannya akan dikabulkan.Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari)

Waktu mustajab terkabulnya doa pada hari Jumat diantaranya adalah pada waktu dimulai dari duduknya imam sampai pelaksanaan shalat Jumat. Sedangkan waktu lainnya adalah batas akhir dari waktu yang pertama tadi sampai dengan waktu setelah Ashar.

Ingin mendapatkan keberkahan lebih di Hari Jumat? Maksimalkan ibadah hari Jumat anda di Makkah-Madinah

Klik Selengkapnya Disini

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah r.a, Rasulullah SAW bersabda “Hari Jumat itu terdiri dari dua belas jam. Dalam dua belas jam itu terdapat satu jam yang tidak ada seorang Muslim yang memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu, kecuali Allah akan memberikannya kepada muslim itu. Maka, mintalah pada akhir waktu setelah Ashar.” (HR. Abu Dawud No. 1048 dan An-Nasa’i dalam Al-Jum’ah No. 1389)

Hadits diatas diperkuat dengan riwata Abu Hurairah r.a yang mengatakan, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya hari yang matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat. Di hari Jumat itulah Adam diciptakan, di hari Jumat itulah ia dimasukkan surga, di hari Jumat itulah ia dikeluarkan dari surga. Dan di hari Jumat itulah terdapat satu waktu yang tidak ada seorang hamba  muslim satu pun yang mendapatinya ketika ia sedang melaksanakan shalat dengan memohon sesuatu kepada Allah, kecuali Allah akan memberikannya kepada hamba tersebut.”

Baca juga :

Begini Kondisi di Makkah-Madinah Menjelang Shalat Jumat

Cuman Sebentar, Tapi Pahalanya Masya Allah. Amalan Apakah itu?

Waktu Ashar Sebagai Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Dari kedua hadits diatas, maka bisa disimpulkan jika waktu mustajab itu berada pada waktu akhir setelah Ashar dan sebelum Maghrib. Maka, pada hari Jumat, satu jam sebelum Maghrib seorang muslim dianjurkan untuk segera bergegas mengambil air wudhu dan pergi ke masjid, lalu melaksanakan shalat tahyatul masjid.

Sambil menunggu waktu shalat Maghrb, kita gunakan untuk berdoa dengan penuhkesungguhan dan kerendahan diri kepada Allah SWT. Sebab, barangsiapa yang duduk menunggu datang waktu shalat berarti sama halnya ia sedang melaksanakan shalat. Dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para Malaikat akan medoakannya. ‘Ya Allah ampunilah ia, Ya Allah sayangilah ia.”

Dengan demikian, pada saat yang mustajab ini Allah tidak akan melihat kita lupa kepada-Nya atau melalaikan waktu yang istimewa ini. Semoga kita tergolong menjadi orang-orang yang dimasukka dalam surga-Nya. Aamiin ya Rabbal’alamin.

 

764 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini