Untaian Sejarah Kota Tiga Nabi di Hebron, Palestina

Untaian Sejarah Kota Tiga Nabi di Hebron, Palestina

Sobat Rihaal – Hebron berasal dari bahasa Ibrani ‘habar’ yang artinya dipersatukan atau digabungkan. Hebron adalah kota yang masuk dalam wilayah Tepi Barat Palestina. Hebron terletak sekitar 30 km di selatan Yerusalem. Kota ini dihuni sekitar 120.000 masyarakat Palestina dan 600 orang Israel.

Hebron dikenal dengan Kota Tiga Nabi yakni Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq, dan Nabi Ya’qub. Hebron adalah kota yang menghasilkan hasil tani anggur, buah ara, kapur, dan tembikar. Selain itu produksi batu kapur, bengkel keramik, dan pabrik gelas tiup banyak dijumpai pula di kota ini. Kota Hebron ini jugalah terdapat pabrik susu yang besar dan terkenal bernama Al-Juneidi.

Makam Para Nabi

Hebron selalu ramai dikunjungi terutama oleh wisatawan yang ingin melaksanakan ziarah. Karena di kota inilah terdapat Makam Para Leluhur atau Gua Makhpela. Gua ini diyakini terdapat makam Nabi Ibrahim dan istrinya Siti Sarah. Selan itu terdapat pula makam Nabi Ishaq dan istrinya Ribka serta Nabi Ya’qub dan istrinya Lea. Makam ini jadi satu dalam kompleks Masjid Ibrahim. Perhatian khusus pada masjd ini ditandai dengan banyaknya permadani hijau dengan ayat Al-Quran pada masjid tersebut. Lokasi persis makam para nabi dan istrinya ada di dalam gua dimana lokasinya berada pada halaman terbuka dengan kamar koridor kubah.

Lokasi Gua Makhpela tempat tiga Nabi dan istri dimakamkan. Source : google.com

Design Masjid Ibrahim

Masjid Ibrahim memiliki dua menara dengan tinggi 15 meter bergaya Mamluk. Mimbar Masjid Ibrahim memiliki ciri khas tersendiri dengan design periode Dinasti Fatimiyyah yang terletak di sebelah kanan tangga mihrab yang masih terjaga hingga saat ini. Makam para nabi dan istrinya memliki bentuk yang berbeda antara laki-laki dengan perempuan. Makam laki-laki berbentu segi delapan, sedangkan makam perempuan berbentuk segi enam.

Kisah Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ishaq a.s., dan Nabi Ya’qub a.s.

Hebron adalah kota dimana Nabi Ibrahim a.s. tinggal bersama istrinya Siti Sarah dan Siti Hajar. Nabi Ibrahim menetap di kota Hebron karena sebelumnya ia meninggalkan kota Babilonia tempat dimana Raja Namrudz berkuasa dengan banyak berhala disana. Nabi Ibrahim sempat menghancurkan berhala yang menjadi sesembahan masyarakat disana dan akhirnya hijrah ke kota Hebron.

Baca juga : 

Yerusalem, Saksi Bisu Perebutan Kekuasaan dari Zaman ke Zaman

Sering Dikira Masjid Al-Aqsa, Ini Fakta Dome of The Rock Sebenarnya!

Siti Hajar melahirkan anak bernama Ismail dan mereka dibawa pindah ke Makkah oleh Nabi Ibrahim. Disanalah Nabi Ibrahim sempat melakukan renovasi Ka’bah. Setelah renovasi selesai, Nabi Ibrahim kembali ke Palestina dan tinggal di Hebron bersama istrinya Siti Sarah. Tak lama mereka dianugerahi Allah anak bernama Ishaq. Nabi Ishaq a.s. dikenal dengan nabi yang sangat jujur dan shaleh.

Sementara itu Nabi Ya’qub a.s. adalah putra dari Nabi Ishaq. Saat Nabi Ishaq berdakwah untuk kaumnya di Hebron, Nabi Ya’qub mendapat tugas melaksanakan dakwah di negeri Syam yang saat ini dikenal dengan nama Suriah.

Sahabat Rihaal, begitu sangat bersejarah Kota Hebron ini. Kota Hebron masuk dalam pemerintahan Islam di zaman Khalifah Umar bin Khattab sekitar abad ke 7 masehi. Selama itu pula Hebron menjadi kota yang aman dan sejahtera. Saat ini Hebron masuk dalam wilayah Palestina. Yuk kita belajar sejarah Islam disana. Banyak paket promo Rihlah Dunia organize by Rihaal yang Sobat bisa pilih. Yuk daftar!

 

Info Paket Umroh & Wisata

226 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini