Umroh Menyenangkan Bersama Anak? Kenapa Tidak? Catat Tipsnya!

Umroh Menyenangkan Bersama Anak? Kenapa Tidak? Catat Tipsnya!

Sobat Rihaal – Ibadah Umroh bisa dilakukan kapan saja dan dengan siapa saja, umroh menjadi semakin menyenangkan serta mengesankan jika bersama dengan keluarga sekaligus anak-anak karena secara tidak langsung dapat mempererat hubungan antara orangtua dengan anak dan menjaga keharmonisan keluarga.

Tapi bagaimanakah jika umroh dengan anak-anak justru akan merepotkan dan menyulitkan perjalanan sobat? Tentu sobat tidak mau jika perjalanan umroh yang sangat melelahkan ditambah dengan kerewelan anak yang sangat menyulitkan. Nah untuk itu kita akan membahas bagaimana tips agar ibadah umroh menjadi lebih menyenangkan bersama anak-anak. Catat ya tipsnya!

1) Kesehatan Sebelum Berangkat Umroh

Kesehatan sangat penting untuk diperhatikan, apalagi kesehatan sebelum pemberangkatan umroh karena itu akan memperngaruhi kenyamanan ibadah nantinya, adapun beberapa hal seperti suntik meningitis dapat terlebih dahulu dilakukan paling tidak satu bulan sebelum pemberangkatan. Pastikan juga anak tidak dalam keadaan sakit demam ataupun flu.

2) Membawa Semua Bekal Termasuk Keperluan Anak

Segala keperluan atau bekal sangat penting apabila akan menempuh perjalanan jauh, terlebih perjalanan yang memerlukan ritual khusus agar segala macam kondisi tidak mengurangi sedikitpun kehidmatanya. Termasuk bekal pakaian, makanan, buku menulis dan membaca, mainan untuk anak ataupun segala logistik lainya yang mungkin dibutuhkan. Tidak lupa membawa keperluan seperti tisu, obat-obatan pribadi, flu, diare, demam untuk berjaga-jaga jika anak sakit, kemudian pakaian yang disesuaikan dengan kondisi disana, bahkan jika perlu membawa gendongan yang bisa digunakan untuk membawa anak.

Umroh Bersama Anak

Umroh bersama anak tentu akan lebih menyenangkan jika dipersiapkan dengan baik. (Source : Rihaal Media)

3) Pengetahuan Tentang Ibadah Umroh dan Tempat-tempat Bersejarah

Imajinasi anak yang sudah berumur lebih dari 5 tahun sangat tinggi dan mulai bisa mengerti, oleh karena itu akan lebih antusias jika perjalanan umroh disisipkan cerita-cerita menarik seputar umroh dan tempat-tempat bersejarah. sebelum itu, menjelang hari-hari keberangkatan sangat disarankan untuk memberikan fokus perhatian pada anak tentang materi umroh dengan penggambaran dan penceritaan yang dapat dipahami anak seperti bagaimana bentuk ka’bah dan cerita didalamnya, masjid-masjid bersejarah, makam Rasulullah dan lain sebagainya. Hal ini bagus bagi anak-anak sebagai penanaman atau pembelajaran Islami diusia dini.

4) Memahami Itinerary Umroh

Paham terkait moda transportasi serta jadwal-jadwal yang ditentukan sangat diperlukan agar sobat bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta dapat mengambil langkah terbaik. Membawa anak tentu menjadi tanggungan lebih, akan tetapi jika paham terkait hal tersebut sobat akan memperkiran apa yang harus dilakukan dengan anak seperti contoh dari Madinah atau langsung ke Jeddah, jika dari Madinah maka membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan dengan bus ke Makkah, dan lain sebagainya.

Baca juga :

Enam Nasihat Luqman Al-Hakim Kepada Anaknya

Cara Mudah Menanamkan Disiplin Kepada Anak

Umroh Aman dan Nyaman? Simak Dulu Tips dan Triknya!

5) Mengoptimalkan Ibadah Tanpa Mengabaikan Kondisi Anak

Kita tahu bahwa perjalanan umroh menuju tanah suci itu bukan perjalanan yang dekat, bahkan perjalanan ini membutuhkan kemampuan dalam  harta, waktu, serta fisik. Oleh karena itu sangat disarankan bahwa ibadah umroh yang telah direncanakan dapat dilakukan dengan optimal. Dalam hal ini tidak boleh mengabaikan anak karena anak membutuhkan perhatian serta pendampingan lebih dari orangtua, ketika anak merasa jenuh biarkan mereka melakukan hal-hal yang disukai. Pada intinya harus bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dialami.

Info Paket Umroh & Wisata

Demikian beberapa tips agar dapat dijadikan pertimbangan serta masukan. Mungkin mudah bagi orangtua untuk melaksanakan perjalanan jauh akan tetapi ketika mengajak serta anak-anak hal tersebut kiranya dibutuhkan perhatian lebih agar ibadah tetap menyenangkan dan mengesankan bersama keluarga serta anak. Semoga bermanfaat.

Artikel Ini ditulis oleh M Nur Hidayat. Mahasiswa Fakultas Dakwah, Program Studi Manajemen Dakwah, Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

78 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini