Umroh Aman dan Nyaman? Simak Dulu Tips dan Triknya!

Umroh Aman dan Nyaman? Simak Dulu Tips dan Triknya!

Sobat Rihaal – Sejak adanya pembatasan kuota haji beberapa tahun silam, kegiatan umroh semakin diminati. Dari pada harus menunggu bertahun-tahun bahkan berpuluh-puluh tahun untuk menjejakkan kaki di Tanah Suci, kaum Muslim memilih umroh yang bisa dilakukan kapan saja (kecuali di musim haji tentunya) tanpa perlu menunggu lama.

Mungkin untuk sobat sekalian yang belum sempat melaksanakan ibadah haji, umroh adalah pilihan yang tepat untuk segera memenuhi panggilan tanah suci. Sebelum umroh, yuk simak tips dan trik agar aman dan nyaman saat beribadah ditanah suci. Berikut penjelasannya :

1. Hati-hati Memilih Jasa Travel Umroh

Minat yang tinggi Umat Muslim Indonesia melakukan umroh tak disia-siakan oleh pelaku bisnis.  Tak heran jika jasa travel yang menawarkan umroh dengan fasilitas beragam bermunculan bak cendawan di musim hujan. Ironisnya, keinginan dan obsesi Umat Muslim untuk bertamu ke Rumah Allah di manfaatkan beberapa oknum yang kurang bertanggung jawab. Tak sedikit yang harus berurusan dengan hukum akibat salah pengelolaan. Semoga sobat bukan salah satu korbannya. 

Banyak cara mencari jasa travel yang terpercaya dan capable. Selain harus berbadan hukum jelas, travel itu harus memiliki pengalaman dalam mengantar jemaah meraih mimpinya bertamu ke tanah suci. Harga boleh jadi pertimbangan, tapi jangan jadikan pertimbangan utama. Meski tak harus mewah, pastikan agar jasa travel yang sobat pilih tidak akan menimbulkan kesulitan di kemudian hari.

Rihaal Umroh & Edukasi sebagai travel umroh yang memiliki pengalaman dalam mengantar jamaah dengan pelayanan terbaik. Harga? Bisa dibincangkan. Menjadi fokus utama tentunya Rihaal berbadan hukum dan memiliki izin yang jelas. Jadi jangan ragu!

Baca juga : 

Catat !! 8 Tips Persiapan Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji

Kulit Kering Saat Umroh? Inilah Tips Cara Mengatasinya

Catat!! Tips Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Umroh

2. Persiapan Fisik

Umroh membutuhkan stamina dan fisik yang prima. Sobat akan melakukan serangkaian prosesi umroh yang hukumnya wajib agar umroh sah. Kalau mabrur itu urusan Allah yang menilainya. Jadi fisik harus benar-benar dijaga untuk memenuhi panggilan Allah, belum lagi iklim disana yang cenderung berubah-ubah. Jaga pola makan, tidur, dan stamina agar terus fit agar nyaman dalam melaksanakan ibadah Umroh.

3. Persiapan Mental dan Kesabaran

Kesabaran adalah hal mutlak dimiliki saat melakukan umroh. Tak ada hubungannya dengan mitos-mitos yang selama ini beredar. Ini lebih ke bagaimana tabiat, karakter dan kelakuan orang arab sebagai tuan rumah. Begitu sobat mendarat dan tiba di imigrasi, sobat sudah harus siap menahan diri dan bersabar dalam setiap proses perjalanan umroh.

Umroh bersama Rihaal insyaAllah yang dirasakan aman dan nyaman (Source : Rihaal Media)

4. Persiapan Pakaian

Sangat disarankan agar sobat tidak membawa terlalu banyak baju. Bawalah secukupnya saja. Hal yang perlu di perhatikan adalah musim. Ada 2 musim di Arab Saudi, musim dingin dan musim panas. Saat musim dingin, anda harus membawa jaket dan pakaian tebal. Suhu bisa mencapai 10 – 15 derajat di subuh hari. Kaos tangan, kupluk dan jaket wajib sobat bawa. Tanyakan ke pihak travel jarak antara hotel dan mesjid, baik di Mekkah maupun Medinah. Selain baju ihram untuk kaum pria, biasanya Rihaal akan siapkan jaket untuk digunakan saat berangkat maupun saat di sana. Pastikan jangan membawa terlalu banyak baju.

5. Belanja

Inilah nafsu yang paling sulit ditahan saat berada tanah suci. Tempat belanja seperti mengelilingi sobat hingga ke depan pintu kamar. Hampir semua jemaah akan sulit menahan nafsu belanja saat sedang umroh. Komoditi yang ditawarkan 80% nya adalah pakaian. Selebihnya kurma, minyak zaitun, dan air zam zam. Selain pilihannya beragam karena datang dari berbagai belahan dunia, harganya juga relatif terjangkau. Hanya ada 1 hal yang perlu sobat perhatikan belanja secukupnya dan seperlunya. Hal ini agar tidak menambah beban bagasi yang akhirnya bisa jadi over bagasi. Hmmm semakin repot ya!

Info Paket Umroh & Wisata

Mungkin itu tadi sedikit tips dan trik supaya ibadah kita aman dan nyaman, semoga bermanfaat. Selamat melaksanakan ibadah umroh, semoga Allah memberikan predikat umroh yang mambrur. Amiin…

Artikel Ini ditulis oleh Rahmat Kurnia Najich. Mahasiswa Fakultas Dakwah, Program Studi Manajemen Dakwah, Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

67 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini