Penasaran? Ini Dia Tour Leader Muda Rihaal yang Handle 80 Jamaah!

Penasaran? Ini Dia Tour Leader Muda Rihaal yang Handle 80 Jamaah!

Sobat Rihaal – Perjalanan umroh selalu akan meninggalkan kenangan cerita menarik dan seru. Tidak hanya bagi jamaah namun juga bagi tour leader yang bertugas mendampingi jamaah. Salah satunya cerita dari Mas Septri yang menjadi tour leader muda yang mendampingi jamaah umroh. Seperti apa keseruannya? Simak yaa…

Siapa sangka bahwa Septri Susanto atau biasa akrab disapa Mas Septri adalah tour leader muda yang disayang oleh para jamaah. Mas Septri berkesempatan menjadi tour leader di umroh keduanya yaitu di trip 14 Desember 2019 lalu. Menariknya total jamaah yang dihandle ada 80 jamaah! Wow sungguh memerlukan kerja keras bukan?

“Tentu kesan saat menjadi tour leader sangat mendalam. Karena saya membawa jamaah dari Kebumen Jawa Tengah. Seluruhnya adalah booking group yang rata-rata usianya diatas 50 tahun. Secara fisik saya tidak bisa memaksa jamaah untuk buru-buru. Harus sabar, tenang, dan mengayomi,” kisah Mas Septri.

Ya itulah salah satu tantangan Rihaal dalam melayani jamaah. Semua harus maksimal dalam pelayanan. Itulah kenapa seluruh staff Rihaal masih muda. Sehingga secara fisik dan tenaga lebih kuat dalam mendampingi jamaah yang sudah sepuh demi kelancaran ibadah di tanah suci. Ada cerita unik dari Mas Septri. Saat itu keberangkatan trip melalui bandara Adi Sumarmo Solo ada 4 biro sekaligus termasuk Rihaal. Tour leader 3 biro lainnya berusia 40 tahun-an. Sedangkan Mas Septri usianya dibawah 30 tahun.

Jamaah Rihaal trip 14 Desember 2019 saat melaksanakan umroh bersama. (Source : Rihaal Media)

“Semua ustadz dari biro lain menggunakan id card warna hijau. Sedangkan jamaah menggunakan id card merah putih. Saya tidak menggunakan id card karena saat itu disimpan. Hal lucunya adalah semua ustadz bertegur sapa dan menggunakan gamis, saya justru pakai baju riding (baju anak motor). Ketika sampai di Madinah, saya gunakan id card saya dan ustadz-ustadz dari biro lain melihat saya dengan tatapan seperti ‘ini benaran Tour Leadernya?’. Dan akhirnya dari 4 tour leader, 3 menggunakan gamis, satu menggunakan baju riding yaitu saya. Karena salah satu mimpi saya adalah bisa motoran di Madinah. Karena belum kesampaian, minimal bajunya dulu sampai sana. Ini yang membedakan Rihaal dengan biro lain. Kami muda dan santai, sefleksibel itu”, kenang Mas Septri tersenyum.

Dengan Tour Leader Rihaal yang masih muda, tentu pelayanannya berbeda dan lebih enerjik. Saat di tanah suci, mereka yang didampingi TL yang sudah tua biasanya berjalan membentuk kelompok-kelompok sendiri. Sedangkan di Rihaal semua berjalan bersama dengan satu kelompok. Baik itu mulai dari di imigrasi, pengambilan barang, dan lainnya. Semua dilakukan bersama. Enerjiknya dan tanggung jawabnya beda. Karena insyaAllah dengan Rihaal jalan dengan TL yang lebih muda pengalamannya jadi tambah seru.

“Bagi saya mendampingi umroh adalah ladang pahala. Senang bisa melihat jamaah maksimal dalam beribadah. ikut tenang melihat mereka beribadah. Salah satu pengalaman menariknya kemarin saat mendampingi jmaah adalah pernah menjemput jamaah tersesat di Masjidil Harram, membawa jamaah sepuh melewati Raudhah, membimbing jamaah yang membutuhkan perhatian khusus karena setiap 5 menit harus keluar masuk kamar kecil, ya seperti itulah. Semua dilakukan hanya untuk ladang pahala,” jelas Mas Septri.

Jadi sobat, jangan ragu lagi untuk umroh bersama Rihaal karena dengan tour leader yang lebih muda tentu ibadah menjadi lebih nyaman. Karena tour leader bisa lebih fleksibel dan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada jamaah. InsyaAllah… Yuk umroh bersama Rihaal!

Info Paket Umroh & Wisata

843 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini