Taman Emirgan, Taman Urban Kaya Flora Fauna yang Menakjubkan!

Taman Emirgan, Taman Urban Kaya Flora Fauna yang Menakjubkan!

Sobat Rihaal – Taman Emirgan adalah sebuah taman di Istanbul, dimana bunga Tulip menjadi ciri khasnya. Taman Emirgan adalah taman urban bersejarah yang terletak di lingkungan Emirgan di distrik Sariyer di Istanbul, Turki, di pantai Eropa Bosphorus.

Taman Umum Terbesar di Istanbul

Taman Emirgan menjadi salah satu taman umum terbesar di Istanbul. Dalam bahasa Turki Taman Emirgan disebut Emirgan Korusu. Taman ini terkenal dengan koleksi tulipnya yang semarak, yang muncul secara massal setiap bulan April selama Festival Tulip Istanbul. Taman ini juga bisa disebut Taman Tulip Emirgan, karena memang banyak sekali bunga tulip yang tumbuh di taman ini.

Tulip in turkey

Menikmati pesona tulip di Turki trip 31 Maret 2019 (Source : Rihaal Media)

Beragam Flora dan Fauna

Taman Emirgan tidak hanya identik dengan tanaman bunga saja. Di Taman Emirgan ini banyak terdapat beragam flora dan fauna. Taman ini juga memiliki taman bermain, track jogging, beberapa paviliun dan danau hias. Begitu memasuki taman yang luar biasa ini, maka diri akan merasakan berada di dunia metafisik karena pemandangan yang menakjubkan berpadu dengan pantai.

Taman dengan Nilai Sejarah

Selain banyak beragam tempat hiburan dan pemandangan, taman ini juga mempunyai nilai sejarah? Pada era Bizantium, seluruh area, di mana saat ini taman membentang, ditutupi dengan pohon cemara dan dikenal sebagai “Kyparades” atau “Hutan Cypress“. Ini dikenal sebagai “Taman Feridun Bey“, ketika tanah tak berpenghuni diberikan pada pertengahan abad ke-16 kepada Nisanci Feridun Bey, seorang Kanselir Lord yang berpangkat di Kekaisaran Ottoman. Pada abad ke-17, sultan Ottoman Murad IV (memerintah 1623-1640) menyerahkan tanah itu kepada Emir Gune Han, seorang komandan Persia Safawi, yang menyerahkan kastilnya yang terkepung tanpa perlawanan, dan mengikutinya kembali ke Istanbul.

Baca juga : 

Menikmati Pesona Indah Galata Bridge Istanbul, Turki

Turki, Negeri yang Dulu Sempat Ingin Saya Singgahi

Nama “Taman Feridun Bey” diubah menjadi “Emirgune“, yang pada waktunya menjadi rusak menjadi “Emirgan“. Selama berabad-abad, pemilik perkebunan berubah beberapa kali, dan pada akhir tahun 1860-an, itu dimiliki oleh Khedive Ismail Pasha (memerintah 1863-1879), gubernur Ottoman Mesir dan Sudan. Daerah itu digunakan sebagai halaman belakang sebuah yali kayu besar yang ia bangun di tepi Bosphorus. Selanjutnya, ia membangun di dalam taman area tiga paviliun kayu, yang masih ada. Ahli waris keluarga Khedive menjual tanah itu pada 1930-an kepada Satvet Lütfi Tozan, seorang pedagang senjata Turki yang kaya, yang memberikan tanah taman, tiga paviliun termasuk, kemudian pada 1940-an ke Kota Istanbul pada masa jabatan Gubernur dan Walikota Lutfi Kidrd (1938-1949).

Mungkin ini dulu ulasan singkat tentang Taman Emirgan, bisa disambung lagi lain waktu, jangan lupa nabung agar bisa merasakan jalan-jalan bersama Rihlah Dunia!

Artikel Ini ditulis oleh Rahmat Kurnia Najich. Mahasiswa Fakultas Dakwah, Program Studi Manajemen Dakwah, Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Umroh Plus Turki

Info Paket Umroh & Wisata

114 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini