Meneladani Semangat Bu Zumaroh Menghafal Al-Qur’an

Meneladani Semangat Bu Zumaroh Menghafal Al-Qur’an

Sobat Rihaal – Cerita kali ini datang dari keluarga Rihaal trip Umroh Super Manzil 15 Januari 2019. Semangatnya dalam menghafal Al-Quran patut diteladani. Seperti apa kisahnya? Mari kita simak bersama…

Adalah Ibu Zumaroh Sulachak Hamzah atau biasa akrab disapa Bu Zumaroh. Beliau adalah jamaah Umroh Super Manzil 15 Januari 2019 yang dibersamai oleh Ustadz Irfan Miftah Mujahid. Cerita kali ini ditulis langsung oleh Ustadz Irfan. Berikut kisahnya…

Malulah Sama Mbah Zumaroh, oleh Ustadz Irfan Miftah Mujahid

Bu Zumaroh tinggal di pelosok kampung di wilayah Jawa Timur. Saat usianya yang ke 65, timbul sebuah keinginan memiliki hafalan Al Qur’an. Entah apa yang mendorongnya. Sebab Bu Zumaroh tidak aktif di majelis-majelis taklim modern sebagaimana di kota-kota besar. Tidak juga memiliki komunitas pergaulan bersama para hafidzah.

Semakin hari keinginannya itu semakin besar. Namun beliau tidak tahu bagaimana caranya menghafal Al Qur’an. Tidak juga mendapatkan bimbingan metode menghafal Al Qur’an.

Pada suatu hari putrinya memberi tahu ada program umroh plus menghafal Al Qur’an selama 22 hari. Bu zumaroh sempat merasa tidak percaya diri daftar ke progam Umroh Super Manzil, apakah dirinya akan mampu menghafal Al Qur’an? Mengingat beliau tidak punya pengalaman menghafal Al Qur’an sama sekali.

Akan tetapi seandainya pun gagal menghafal Al Qur’an, paling tidak bisa berlama-lama di Masjid Nabawi. Sebab beliau belum menemukan ada acara umroh yang waktunya sampai tiga pekan. Demikian fikirnya. Maka daftarlah beliau ke program ini dengan kemantapan hati.

Baca juga :

Umroh “Bonek” Bukan Hanya Mimpi – Kisah Bang Zainuddin

Rajin Shalat Berjamaah, Ibu Suginem Dapat Hadiah Umroh Gratis

Bu Zumaroh

Sejak hari pertama tiba di Madinah, beliau begitu bersemangat mengikuti semua bimbingan Ustadzah Ika (pimpinan Mafaza). Kegiatan yang dimulai sejak jam 3 dini hari dan berlangsung hingga jam 9 malam itu di jalaninya dengan penuh antusias.

Hasilnya, belum sepekan di Madinah beliau sukses menyetorkan seluruh surat Al Baqarah 2,4 juz! Tentu saja semua jama’ah ramai-ramai mengucapkan selamat. “MasyaAllah, sepekan 2,5 juz. InsyaAllah sebelum berangkat miqat ibu sudah selesai 10 juz,” saya menggodanya.

Sesaat matanya berkaca-kaca “Alhamdulillah ustadz, ini kemudahan dari Allah. Tapi saya tidak akan menambah hafalan dulu. Saya mau pegang Al baqarah ini. Mau saya ulang-ulang. Mau saya jaga agar tidak lepas dari hati saya,” jawabnya sambil menyeka matanya.

Maka sejak itu sampai kami menghabiskan waktu di Makkah, Bu Zumaroh terus mengulang-ngulang Al Baqarahnya sampai mutqin. Berbeda dengan jama’ah lain yang sangat senang jika diberi waktu belanja. Bu Zumaroh lebih senang hafalan barunya. Usia 65 tahun begitu menggebu-gebu ingin memiliki hafalan Al Qur’an di dada. Anda yang masih muda, kapan mau mulai mengumpulkan ayat-ayat suci ini di dadamu? Yuk jangan kalah sama Bu Zumaroh. Rihaal punya paket trip Super Manzil 20 hari menghafal Al-Qur’an. Daftar sekarang juga!

Umroh Super Manzil Rihaal

 Info Paket Umroh & Wisata

319 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini