Saatnya Persiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Saatnya Persiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Sobat Rihaal – Berbahagialah ketika kita masih diberi kesempatan untuk berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan. Tentunya jika diri ini menyadari tingginya tumpukan dosa yang menggunung, maka pastilah kita sangat berharap untuk dapat menjumpai bulan Ramadhan dan mereguk berbagai manfaat di dalamnya.

Jangan sampai, ketika bulan Ramadhan tiba kita tidak siap untuk menjalankannya. Menurut Imam Abu Bakr Az Zur’I rahimahullah ketidaksiapan merupakan salah satu bentuk meremehkan perintah. Akibatnya pun sangat besar, yakni kelemahan untuk menjalankan kewajiban tersebut dan terhalang dari ridha-Nya.

Persiapan Menyambut Ramadhan

Ramadhan adalah tamu agung yang kedatangannya selalu kita nanti-nantikan. Oleh karena itu, perlu persiapan untuk menyambut tamu agung tersebut. Persiapan yang dilakukan tidaklah sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Harus ada peningkatan yang lebih dan hal itu tidaklah mungkin akan terwujud kecuali jika kita mempersiapkan diri dengan baik. Lalu persiapan apa yang sebaiknya kita lakukan?

Pertama, pada pertengahan bulan Sya’ban kita lebih gencar dalam memohon ampunan kepada Allah dan memperbanyak puasa di dalamnya. Sesuai dengan HR. Bukhari Muslim mengatakan “Aku tidak melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh kecuali Ramadhan dan aku tidak melihat beliau lebih banyak berpuasa dibandingkan dengan di bulan Sya’ban.”

Baca Juga : Darimana Asal Mula Penamaan Bulan Ramadhan?

Kedua, bagi sobat Rihaal yang masih memiliki hutang puasa di tahun sebelumnya, baik karena sebab syar’i semisal sakit, safar dan lain sebagainya, hendaklah untuk segera membayar hutang tersebut. Tidak hanya itu, kita juga mulai memuhasabah diri dengan mengingat kekurangan apa yang telah kita lakukan di bulan Ramadhan sebelumnya. Sehingga kita bisa memperbaiki diri, dan muraqabah kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Ketiga yaitu perbanyak membaca Al Qur’an dan mempersiapkan bekal ilmu fiqh puasa. Sebab dengan ilmu maka amal yang kita lakukan akan terjaga. Selanjutnya yaitu mempersiapkan jiwa. Maksudnya adalah persiapan lahir dan batin dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dengan penuh ketaatan dan keikhlasan karena Allah.

Demikian sobat, tiga persiapan yang bisa kita lakukan dalam menyambut bulan Suci Ramadhan. Semoga tahun ini kita dapat melaksanakan ibadah Ramadhan di Tanah Haram. Amin ya Rabbal’alamin…

 

 

 

 

 

Sumber : hidayatullah.com

 

900 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini