Rekomendasi Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berada di Tanah Suci

Rekomendasi Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berada di Tanah Suci

Sobat Rihaal – Siapa yang sudah tidak sabar untuk berkunjung ke Baitullah? Wah sama mimin juga nih pengen segera ke sana. Eh, ngomong-ngomong mimin kemarin baru saja dapat cerita rekomendasi kuliner dari Mas Rofii lho, salah satu team Rihaal yang kemarin baru saja bertugas selama satu bulan di sana. Penasaran nggak apa saja rekomendasi kuliner dari Mas Rofii yang bisa kalian coba saat sudah sampai Tanah Suci? Yuk simak cerita mimin berikut…

1. Nasi Mandi 

Masih ingat nggak sebelumnya kami pernah cerita tentang Nasi Mandi? Yup, sajian nasi kaya bumbu rempah dengan lauk daging kambing atau ayam yang dipanggang dengan open khusus. Nasi Mandi atau Madhbi adalah rekomendasi kuliner pertama yang wajib kalian coba. Walaupun sudah bisa kita jumpai di Tanah Air, namun rasa dan suasananya tetap berbeda lho! Hal tersebut karena beras yang digunakan pada nasi mandi adalah beras basmati yang berbentuk lebih panjang dari beras biasa. Cara memasaknya pun berbeda, yaitu dengan menggunakan minyak gurih dari kaldu dari lemak daging atau ayam.

Ada budaya khusus saat menikmati nasi mandi lho sobat, yaitu dimakan bersama dalam satu nampan atau yang biasa kita sebut sebagai kembulan. Santap malam nasi mandi lengkap dengan tambahan acar dan sambal, pasti menambah kehangatan dengan para kerabat.

( Jamaah trip Rihaal saat mencoba Nasi Mandi dengan Kambing Bakar )

Baca Juga: Membangun Keakraban Dengan Nasi Mandi Madinah

2. Nasi Bukhori 

Kalau di Indonesia kita biasa menemukan nasi goreng atau nasi rames di manapun, maka di Arab Saudi ada Nasi Bukhori yang sangat terkenal. Nasi Bukhori ini mirip Nasi Kebuli yang memang dikenal berasal dari Arab. Jika Nasi Kebuli dominan berwarna cokelat, maka Nasi Bukhori berwarna kuning hingga kemerahan. Rahasia kelezatan nasi  terletak pada bumbu rempahnya yang terdiri dari kapulaga, cengkeh, kayu manis, jinten bubuk, ketumbar dan kunyit. Nasi ini biasanya dinikmati bersama ayam panggang.Harganya terbilang cukup murah karena satu porsi nasi lengkap bersama satu ekor ayam panggang hanya dihargai antara 11 sampai 15 Riyal.

Tidak sulit menemukan nasi ini karena bisa ditemukan di setiap jalanan kota Mekkah, Madinah maupun Jeddah. Kalau kebetulan kita sedang ada di Mekkah, sobat langsung saja menuju ke Jalan Misfalah karena banyak sekali tempat makan yang menyediakan menu ini. Sobat bisa menikmatinya langsung di depan kedai karena biasanya disediakan beberapa tempat untuk duduk. 

( Satu porsi Nasi Bukhori plus ayam panggang )

3. Shawarma

Rekomendasi kuliner berikutnya adalah Shawarma, roti gulung memanjang yang di dalamnya berisi sayur mayur dan aneka daging. Sobat bisa memilih isian daging ayam, sapi, atau kambing. Dilihat dari penampilannya, shawarma sedikit banyak mirip dengan kebab. Harganya sekitar 5 riyal sampai 7 riyal tergangtung isian yang sobat inginkan.

( Mas Septri dan Mas Rofii saat menikmati Shawarma )

Baca juga: Jangan Anggap Remeh! Ini Kriteria Makanan Halal Menurut Islam

4. Al Baik

Untuk rekomendasi kuliner yang terakhir adalah makanan cepat saji dari restauran Al Baik. Hmmm mimin rasa sebagian dari sobat sudah tidak asing dengan nama Al Baik ini deh. Restauran Al Baik sudah berdiri sejak tahun 1974 dan pertama kali beroperasi di kota Jeddah. Sekarang, restoran ini telah memiliki 40 cabang di Kota Jeddah dan menjadi salah satu tempat makan paling laris di dunia karena sajian ayam goreng yang sangat terkenal lezat.

Sebenarnya ayam goreng cepat saji yang ditawarkan Al Baik sama seperti pada restoran cepat saji pada umumnya. Daging ayam yang dilapisi oleh tepung dan digoreng hingga renyah. Kemudian disajikan bersama dengan kentang goreng dan roti burger. Tak lupa dengan tambahan berbagai saus seperti saus sambal dan bawang putih. Sepintas tidak ada yang spesial, namun porsi yang ditawarkan cukup besar yang lain dari porsi restauran cepat saji biasanya. Bagi sebagian besar orang Indonesia satu porsi menu Al Baik bisa dinikmati oleh dua hingga tiga orang.

 
( Satu porsi ayam goreng Al Baik)
Baca juga: Jangan Anggap Remeh! Ini Kriteria Makanan Halal Menurut Islam
Nah itu tadi beberapa rekomendasi kuliner yang mimin dapat dari Mas Rofii, gimana makin ingin segera meraksakan kelezatannya langsung bukan? Semoga kita diberikan kesehatan dan kemudahan agar cepat dapat mewujudkan impian menuju Tanah Suci ya sobat, aamiiin…
 
 

612 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini