Kebijakan Rekam Biometrik Resmi Dihapus. Benarkah??

Kebijakan Rekam Biometrik Resmi Dihapus. Benarkah??

Sobat Rihaal – Sebelumnya pada bulan Desember tahun 2018 yang lalu, pemerintah Arab Saudi resmi mensyaratkan Rekam Biometrik sebagai syarat terbitnya Visa Umroh. Namun kini pada Selasa, 23 April 2019, syarat tersebut RESMI DIHAPUSKAN. Berbagai spekulasi dan keraguan di tengah masyarakat pun mulai bermunculan. Lalu, apa sebenarnya alasan dibalik dihapuskannya kebijakan tersebut? Yuk simak uraian lengkapnya dibawah ini…

Ketidaksetujuan Rekam Biometrik dari Berbagai Kalangan

Sejak diberlakukannya peraturan rekam biometrik bagi para Jamaah Umroh dan Haji, masih ada sebagian dari masyarakat yang tidak setuju akan kebijakan ini. Alasan utama karena lokasi tempat pembuatan Biometrik (VFS) Tasheel yang hanya ada di beberapa tempat saja di Indonesia.

biro umroh jogja, biro umroh resmi, biro umroh solo, biro umroh terbaik, harga paket umroh, harga umroh jogja, harga umroh murah, merancang umroh, nur Ramadhan, paket umroh 2018, paket umroh 2019, paket umroh jogja, paket umroh murah, paket umroh murah dari jogja, paket umroh syawal, tour and travel turki, travel agent turki, travel umroh jogja, travel umroh surabaya, travel umroh terbaik, travel umroh terpercaya, umroh jogja murah, umroh jogja terbaik, umroh plus capadocia, umroh promo jogja, umroh ramadhan 2019, umroh start jogja, umroh arbain, rekam biometrik, umroh 2019, paket umroh murah, umroh plus dubai, umroh plus aqsha, trip malaysia singapura, trip halal jepang, trip halal korea, trip halal eropa, trip thailand, trip liburan sekolah, umroh keluarga, umroh couple, umroh bulan desember, haji furoda, haji reguler, haji onh plus, daftar haji, cara daftar haji, cara daftar umroh, antrian rekam biometrik, biometrik surabaya, biometrik jogja, kantor vfs, biometrik indonesia
sumber : google

 

Hal ini membuat, jamaah yang di daerah tempat tinggalnya tidak terdapat Kantor VFS, harus rela menempuh perjalanan ke luar kota, yang lamanya tidak hanya 1-2 jam saja. Belum lagi biaya transportasi dan biaya Biometrik yang tidak sedikit. “Sungguh menambah beban terlebih bagi orang tua yang usianya sudah sepuh. Pasti akan lebih repot lagi” ungkap Syam Resfiadi, Ketua Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (SAPUHI).

Artikel terkait : 

Ini Dia Daftar Lokasi Kantor Kesehatan Pelabuhan Seluruh Indonesia

Di Rihaal Ada One Day Training, Untuk Apa Sih?

Keputusan Pemerintah Indonesia

Sejak awal Pemerintah Indonesia terutama Kementrian Agama memang kurang mensetujui adanya kebijakan tersebut. Namun, sejak beredarnya berita mengenai Rekam Biometrik yang dihapuskan, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kementrian Agama, Sri Ilham Lubis juga belum bisa memutuskan. Pasalnya, pihaknya belum mendapatkan informasi itu secara resmi.

Lain hal dengan Sri Ilham Lubis, Ketua Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi justru membenarkan berita tersebut. Kabar Pemerintah Saudi mengeluarkan kebijakan penghapusan rekam biometrik itu dari Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA), melalui Surat Pemberitahuan yang ditempel di Kantornya.

“Pasalnya mustahil bagi KBSA menyebarluaskan kebijakan barunya ke asosiasi Travel umrah & haji. Karena biasanya hanya secara Lisan dan Tulisan saja “ katanya. Dilansir dari Republika.com, adanya penghapusan ini membuat dirinya justru bersyukur, karena yang selama ini dirasakan rekam biometrik justru memberatkan para calon jamaah.

Itu pula yang dirasakan oleh kami, Tim Rihaal Umroh & Edukasi yang selalu setia menemani jamaah untuk menjalankan proses Biometrik. “Jujur sangat melegakkan. Karena selain dari Kami (Biro) tidak perlu lagi melakukan pendampingan, jamaah juga tidak perlu lagi meluangkan waktunya untuk melakukan rekam biometrik. Hal ini juga sekaligus meringankan biaya mereka “ ungkap Reza, salah satu Tim Rihaal yang sering mendampingi jamaah untuk Rekam Biometrik.

Terakhir, semoga dengan dihapuskannya Rekam Biometrik ini, para calon jamaah bisa lebih fokus mempersiapak diri untuk berangkat ke Tanah Suci. Selain itu, semoga selanjutnya tidak hanya Rekam Biometrik saja yang dihapuskan, namun Visa Progresif pun juga ikut dihapus.

 

384 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini