Peristiwa Penting Dibalik Kokohnya Kubah Hijau Masjid Nabawi

Peristiwa Penting Dibalik Kokohnya Kubah Hijau Masjid Nabawi

Sobat Rihaal – Tahukah sobat yang paling istimewa dari Madinah? Ialah Masjid Nabawi. Masjid Terbesar di dunia ini dibangun pada tahun ke-1 Hijriyah atas perintah Baginda Rasulullah SAW. Nah kali ini mimin tidak akan membahas detail tentang sejarah pembangunan Masjid Nabawi, akan tetapi ada hal menarik lain dari sudut Masjid Nabawi yang juga tak kalah menarik. Kira-kira apa yaa?

Kubah

Masjid Nabawi memiliki ciri khusus dengan kubah hijaunya. Kubah Hijau (Qubbah Al-Khadra’) Masjid Nabawi dibangun sebagai atap yang dapat dibuka dan ditutup secara elektronik dan dapat juga secara manual. Setiap kubah memiliki berat 80 ton terbuat dari kerangka baja dan beton yang dilapis kayu pilihan dengan hiasan relief bertahtakan batu mulia sejenis phirus yang sangat indah, sedangkan bagian luar atasnya dilapis dengan keramik tahan panas.

Ada satu peristiwa penting di mana ada seseorang yang memanjat kubah hijau Masjid Nabawi dan ingin merusaknya. Tapi orang tersebut tersambar petir dan mati. Syekh Zubaidy, ahli sejarah Madinah menceritakan ada seorang sholeh di kota madinah bermimpi, dan terdengar suara yang mengatakan, “Tidak ada satu orang pun yang dapat menurunkan mayat tersebut, agar orang yang seterusnya dapat mengambil I’tibar”

Namun berita ini merupakan berita yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya, dan keakuratan beritanya masih disanksikan karena tidak disertai landasan yang shahih dan penjelasan para ulama di sana.

Pelajaran yang dapat diambil dari kisah ini, terlepas benar-tidaknya peristiwa tersebut bahwa kembali pada tauhid yang murni seperti zaman Rasulullah adalah tujuan dari dakwah Islam dan misi para Rasul yang harusditerima umat Islam jika tidak ingin menjadi orang musyrik. “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal” (QS. Yusuf:111)

Puluhan Payung Raksasa

Pada bagian tengah Masjid Nabawi terdapat dua ruangan terbuka yang setiap ruangan dilengkapi dengan enam buah payung artistic, hasil perpaduan arsitektur modern dan teknologi canggih. Dengan dana yang tidak sedikit, lahirlah sebuah karya yang sangat dibanggakan berupa “Puluhan payung raksasa” sebagai tempat berteduh dari terik matahari yang panas.

Payung ini dapat terbuka dan tertutup secara otomatis yang diatur oleh system computer. Selain itu, melalui sebagian tiang payung inti terpasang AC yang secara otomatis memancarkan hawa dingin.

922 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini