Pembebasan Mesir dari Penjajahan Romawi Timur

Pembebasan Mesir dari Penjajahan Romawi Timur

Sobat Rihaal – Mesir memiliki sejarah peradaban yang panjang. Peradaban Mesir telah ada sejak 4000 SM. Mesir juga dikenal dengan negeri para Nabi. Bagaimana peradaban dan penyebaran Islam di Mesir? Penasaran kan? Yuk simak bersama!

Mesir adalah negara dengan penduduk lebih kurang 83 juta jiwa. Dimana 90 persen penduduknya beragama Islam dan sisanya Kristen. Orang Barat menyebut Mesir dengan Egypt. Sedangkan nama Mesir sendiri diberikan oleh orang Arab yang ketika itu mengunjungi Mesir. Pada zaman Rasulullah masih hidup, dakwah beliau sampai di negeri Firaun ini. Oleh karena itu peran Mesir dalam peradaban dan perkembangan Islam sangat dikenal dan menarik untuk dipelajari.

Kekerabatan Mesir dengan Islam

Rasulullah pernah bersabda :

“Sepeninggalanku nanti, adalah kewajiban kalian untuk membebaskan Mesir. Maka, perlakukanlah penduduknya dengan baik karena mereka masih punya ikatan dan hubungan kekeluargaan dengan kita”.

Hadist tersebut menerangkan bahwa sesungguhnya orang-orang Koptik Mesir masih memiliki kekerbatan dengan umat Muslim. Hal ini dilihat dari silsilah bahwa orang Koptik di Mesir merupakan paman dari Nabi Ismail. Saat itu Firaun Mesir memberikan hadiah hamba sahaya yang bernama Hajar kepada Nabi Ibrahim. Hamba sahaya tersebut kemudian diperistri oleh Nabi Ibrahim dan mendapatkan keturunan Nabi Ismail, sebagai cikal bakal bangsa Arab.

Membebaskan Mesir dari Penjajahan Romawi

Atas dasar perintah Rasulullah tersebutlah Amru bin As menyampaikan permohonan kepada khalifah Umar bin Khattab guna membebaskan Mesir dari penjajahan Romawi. Pada masa itu umat Islam telah berhasil menaklukan Suriah dan Palestina. Permohonan tersebut dikabulkan dan khalifah Umar bin Khattab mendatangkan 4000 tentara melalui Gurun Sinai. Pasukan masuk ke kota El Arisy dan terus ke Al Farma hingga ke Bilbis tanpa perlawanan yang berarti. Akhirnya Mesir bisa terbebas dari penjajah Romawi Timur oleh Amru bin As.

Ringkasnya Islam masuk ke Mesir pada tahun 649 H di masa khalifah Umar bin Khattab. Amru bin As pernah berkata pada gubernur Mesir Muqauqis,

“Sesungguhnya Nabi Muhammad telah memberitakan bahwa Mesir akan menjadi tanggung jawab kami untuk membebaskannya dari tangan penjajah Romawi Timur. Beliau pun berwasiat kepada kami agar kami berlaku baik terhadap penduduknya.”

Islam masuk di wilayah Mesir dan pernah berada di bawah kekuasaan diantaranya :
– Dinasti Umayyah (660-750)
– Dinasti Abbasiyah (750-1258)
– Dinasti Tulun (868-905)
– Dinasti Ikhsyid (935-969)
– Dinasti Fatimiyah (909-1171)
– Dinasti Ayubiyah (1171-1250), yang diwarnai perang Salib (1096-1273)
– Dinasti Mamluk (1250-1517)
– Turki Ustmani (Ottoman)

Akhirnya Mesir resmi terbebas dari penjajahan Romawi Timur. Hingga kini Mesir termasuk dalam negara Islam karena penduduknya yang mayoritas memeluk agama Islam. MasyaAllah… Yuk lebih mengenal Mesir dengan mengikuti trip Jejak Rasul 3 Negara dari Rihlah Dunia! Langsung klik link di bawah yaa!

Info Paket Umroh & Wisata

 

1,419 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini