Meningkatkan Keimanan di Masa Social Distancing

Meningkatkan Keimanan di Masa Social Distancing

Sobat Rihaal – Meningkatnya jumlah korban yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di Indonesia dari hari ke hari mengharuskan pemerintah mengambil berbagai kebijakan untuk mencegah penyebaran virus yang semakin luas. Salah satu cara yang diambil oleh pemerintah adalah menghimbau masyarakat untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak sejauh minimal satu meter antar individu agar persebaran virus tidak semakin cepat. Selama masa social distancing pemerintah meminta masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah jika dirasa tidak begitu mendesak hingga beberapa minggu ke depan.

Terhitung kini sudah memasuki minggu ke dua kita menjalani masa jaga jarak dan mengutamakan berdiam diri di rumah. Bagi sobat yang terbiasa melakukan aktivitas di luar rumah, diterapkannya masa social distancing seperti ini tak dipungkiri akan membuat mudah bosan karena kegiatan yang dilakukan hanya terbatas di area rumah saja. Selain itu, menghabiskan waktu di rumah biasanya akan membuat kita terjebak zona nyaman dan tidak produktif. Padahal sebenarnya banyak hikmah yang bisa kita ambil saat ini lho sobat! Di masa seperti ini sesungguhnya kita bisa memanfaatkannya untuk dekat dengan Allah dan melatih diri untuk menahan hawa nafsu.

1. Mendekatkan diri Pada Allah SWT

Sobat Rihaal, jika biasanya kita mudah tergiur menghabiskan waktu untuk kegiatan yang kurang berguna di luar rumah, kini kita bisa memanfaatkan banyak waktu untuk menambah kualitas ibadah wajib dan amalan sunnah lainnya. Dengan lebih banyak waktu di rumah, kini kita tidak tergesa-gesa untuk melakukan ibadah mulai dari shalat dhuha di pagi hari, menjaga wudhu di setiap shalat fadhu, hingga kita dapat lebih khusyu dalam menghafal dan mengkhatamkan Al-Quran. Di malam hari, kita pun bisa lebih merutinkan shalat tahajud dan meminta Allah agar wabah virus corona yang melanda negeri ini lekas segera berakhir.

Baca Juga:

Ujian atau Cobaan Adalah Tanda-tanda Kasih Sayang Allah SWT

Empat Golongan Manusia Ketika Menghadapi Musibah

Saatnya Persiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

2. Melatih Menahan Hawa dan Nafsu

Selain menambah kualitas jumlah ibadah, selama masa berdiam diri di rumah kita pun bisa mulai melatih diri untuk menahan hawa nafsu. Jika di hari-hari biasa kita susah menahan diri untuk membeli jajan di luar, kini kita bisa menghemat pengeluaran dengan membuat masakan sendiri untuk keluarga.

Selain itu, selama di rumah kita juga bisa menahan hawa nafsu dengan melakukan puasa shunah senin dan kamis. Tidak ada lagi alasan untuk tidak bisa melakukan puasa, karena selama di rumah banyak energi yang bisa kita simpan ketimbang hari-hari biasanya.

Oh iya, jangan lupa bahwa Ramadhan kian dekat dan kita tinggal menunggu hitungan hari untuk menyambutnya. Sudahkah sobat melunasi hutang puasa yang lalu? Jika belum, yuk kita manfaatkan waktu ini untuk melunasi hutang puasa yang lalu. Mari kita sama-sama berusaha mencegah persebaran virus corona dengan patuh melakukan social distancing, agar nanti kita bisa menyambut kedatangan Bulan Suci dengan hati yang tenang dan kondisi yang lebih baik.

1,108 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini