Menilik Sejarah Peradaban Mesir Kuno di Museum Mesir 

Menilik Sejarah Peradaban Mesir Kuno di Museum Mesir 

Sobat Rihaal – Anda memiliki rencana berwisata ke Kairo, Mesir dalam waktu dekat? Kami memiliki rekomendasi tempat wisata menarik selain Piramida dan Spinx yang biasa wisatawan kunjungi. Jika anda masih memiliki cukup waktu untuk menjelajahi kota Kairo, kami sarankan untuk menyempatkan mampir ke Museum Mesir. 

Terletak di pusat kota Kairo, Museum ini memiliki koleksi artefak peradaban Mesir kuno terbesar di dunia. Museum ini digagas pada tahun 1835 oleh pemerintah Mesir yang saat itu putus asa untuk menghentikan penjarahan yang meluas di banyak situs arkeologi negara tersebut. Dengan adanya museum tersebut diharapkan akan efektif melindungi barang antik masa lalu demi menjaga sejarah yang terjadi di Negara mereka.

Seperti tujuan awalnya, kini Museum Mesir telah memenuhi perannya dengan luar biasa, museum ini menampung sekitar 120.000 artefak Mesir dari masa ke masa. Meskipun tidak semua barang dipamerkan karena perlu disimpan untuk mencegah kerusakan, namun ada cukup banyak barang yang dipajang untuk anda nikmati.

1) Perhiasan Antik Raja Tuthankhamun

Museum Mesir memiliki berbagai koleksi perhiasan yang benar-benar spektakuler. Perhiasan tersebut juga meliputi dua gelang emas dan gading yang ditemukan di makam Tuthankhamun. Hampir seluruh bagian di dalam Museum ini didedikasikan untuk Tuthankhamun. Tuthankhamun adalah raja paling terkenal dari semua firaun Mesir. Tidak seperti banyak makam yang telah ditemukan selama bertahun-tahun, makam Tuthankhamun relatif masih utuh ketika ditemukan pada tahun 1922 oleh Howard Carter. 

Topeng emas Tutankhamun terdiri dari 11 kg emas murni (source: en.wikipedia.org)

Lebih dari 3.500 artefak telah ditemukan di dalam makam Tuthankhamun, termasuk topeng wajah emas yang sejak saat itu telah menjadi ikon global peradaban Mesir kuno. Artefak lain yang ditemukan dari makamnya mencakup berbagai perhiasan, vas, pot, peti besar dengan dekorasi indah, beberapa senjata dan instrumen yang diyakini para sejarawan telah dia gunakan semasa hidupnya.

2) Patung Kuno

Selain berisi berbagai perhiasan peninggalan Tuthankhamun, Museum Mesir menyimpan pula patung-patung sangat dihormati di Mesir Kuno. Beberapa patung yang ditemukan berasal dari piramida, sisa-sisa kuil kuno dan biara-biara, serta yang secara mudah ditemukan dari gurun pasir. Mulai dari jimat kecil hingga patung besar, Museum ini memiliki cukup patung untuk membuat Anda sibuk sepanjang hari. 

Interior di dalam Museum Mesir (source: en.wikipedia.org)

3) Ruang Royal Mummy

Ada pula ruang Royal Mummy di Museum Mesir yang tidak pernah gagal untuk mengesankan pengunjung. Pada tahun 1981, presiden Mesir saat itu memerintahkan museum untuk menutup Ruang Royal Mummy, namun akhirnya ruangan tersebut dibuka kembali pada tahun 1985, dengan lebih sedikit mumi yang dipajang. Jika dulunya ruangan tersebut memiliki 27 mumi yang dipamerkan, saat ini hanya ada 11 mumi yang dibolehkan untuk dipajang, termasuk mumi yang paling baru ditemukan, yaitu Hatshepsut.

Baca Juga

Asyiknya Jalan-Jalan Di Kairo, Mesir

Perhatikan 4 Hal Ini Jika Akan Berlibur Ke Mesir

Menakjubkan, Inilah Sejarah Peradaban Mesir Kuno

4) Tips Mengunjungu Museum Barang Antik Mesir

Jika anda ingin mengunjungi Museum Mesir selama liburan di Kairo, lebih baik untuk mengunjunginya pada pagi hari, terutama jika anda mengunjungi Mesir saat musim liburan  antara bulan Desember sampai Februari. Jam buka museum ini dimulai pukul 09:00 hingga 19:00. Berhubung museum ini adalah salah satu tempat wisata tersibuk dan paling populer di Kairo, juga karena ukurannya yang besar dan banyaknya jumlah artefak yang dipajang, maka kami sarankan untuk menyiapkan waktu sehari agar anda puas menikmati berbagai koleksinya.

umroh plus mesir

Info Paket Umroh & Wisata

83 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini