Menikmati Pesona Payung Raksasa Masjid Nabawi

Menikmati Pesona Payung Raksasa Masjid Nabawi

Sobat Rihaal – Jika diminta untuk menggambarkan satu kata untuk Masjid Nabawi, kira-kira kata apa yang terlintas di benak sobat? Kalo mimin sih langsung teringat akan payung, hihi. Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandangan payung raksasa yang terletak di pelataran Masjid Nabawi, bukan? Simak serba-serbi terkait payung raksasa tersebut, yuk!

Didesain menggunakan teknologi cangggih

Tahukah sobat adanya payung raksasa di Masjid Nabawi Madinah Al Munawaroh agar suhu di dalam masjid terjaga? Payung ini dikendalikan secara otomatis sehingga bisa menutup dan terbuka sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dibuat oleh perusahaan bernama Liebherr di Jerman dan didesain modern namun menyatu apik dengan arsitektur Masjid Nabawi. Materialnya didesain khusus untuk melindungi para jamaah dari teriknya matahari Arab Saudi, yang sering kali mencapai 45 derajat Celcius. Bagian pinggir payung dikelilingi pita berwarna biru yang terbuat dari material khusus untuk membuat suhu di bawahnya otomatis turun hingga 8 derajat Celcius.

Terbuka dan tertutup tanpa suara

Tidak tanggung-tanggung, tiap payung memiliki tinggi hampir 20 meter lho sobat! Proses membuka dan menutupnya puluhan payung ini memakan waktu sekitar 3 menit. Hebatnya, proses terbukanya payung berjalan mulus tanpa suara. Payung-payung ini otomatis terbuka dini hari sebelum adzan subuh, dan tertutup saat senja menjelang adzan maghrib. Puluhan payung raksasa ini juga sangat membantu para jamaah yang kehabisan tempat di dalam Masjid Nabawi. 

Menjadi ikon dan menginspirasi

Terhitung tiga masjid di Indonesia terinspirasi untuk membuat payung raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawi. Jika sobat pernah mampir ke Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Muamar Qaddafy di Sentul, dan Masjid Raya Baiturrahman di Aceh, sobat akan menemukan replika yang menyerupai payung yang ada di Masjid Nabawi.

Baca juga:

Meraih Seribu Pahala Shalat di Masjid Nabawi

Sejarah Masjid Nabawi

ADA APAKAH DI PINTU NOMOR 25 MASJID NABAWI?

Info Paket Umroh & Wisata

595 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini