Mengenal Uzbekistan, Negeri Para Ilmuwan Muslim dan Kelezatan Kulinernya

Mengenal Uzbekistan, Negeri Para Ilmuwan Muslim dan Kelezatan Kulinernya

Sobat Rihaal – hari libur seperti ini enaknya liburan yuk! Sudah ada rencana belum mau kemana? kalau belum, ikut mimin jalan-jalan online yuk hihi. Lumayan lah untuk melepas penat sesaat dan menambah pengetahuan. Kali ini kita ke Uzbekistan yuk, jarang-jarang nih mimin bahas negara ini. Penasaran kan? Yuk ikutin mimin terus!

Pemilik Salah Satu tambang emas terbesar di dunia

Uzbekistan merupakan salah satu tujuan wisata yang jarang terdengar oleh kita. Namun, tahukah sobat jika Uzbekistan merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan tambang emas terbesar di dunia? Jika dilihat dari kekayaan alamnya, Uzbekistan memang tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Indonesia, tapi negara ini memiliki tambang emas yang aktif dan terbuka. Tambang emas di Uzbekistan sanggup memproduksi sekitar 90 ribu ton emas dalam setahun lho! Tambang emas besar ini dikuasai oleh negara dengan dikelola oleh perusahaan yang bernama Navoi.

Negeri Para Imuwan Hebat

Salah satu hal menarik yang perlu sobat ketahui mengenai Uzbekistan adalah banyaknya ilmuwan Muslim hebat yang dilahirkan di negara ini. Beberapa di antaranya adalah Ibnu Sina seorang bapaknya ilmu kedokteran atau yang juga dikenal di dunia Barat sebagai Avicenna. Lalu ilmuwan Al Khawarizmi, sang ahli matematika yang karyanya sangat fenomenal yakni Al Jabar. Ada juga, Abu Rayhan Muhammad ibn Ahmad al Biruni, seorang sejarawan yang juga dikenal dengan nama Al Biruni. Terakhir, tokoh Fenomenal lain yang terlahir di negeri ini adalah para muhaditsin ternama dengan karyanya yang sungguh luar biasa. Mereka adalah Imam Bukhari, Imam Darimi dan Imam Tirmidzi.

Baca juga:

AL BIRUNI : ILMUWAN MUSLIM UZBEKISTAN YANG TERLUPAKAN

Ibnu Sina : Ilmuwan Kedokteran, Filsafat dan Metafisika Kelahiran Uzbekistan

Kuliner Uzbekistan

Beranjak dari pembahasan wisata rasanya kurang lengkap jika tidak berbicara mengenai masalah kuliner. Sobat pasti setuju karena daya tarik wisatawan pada suatu tempat tak hanya dilihat dari nilai sejarah, alam, dan bangunan-bangunan megahnya, melainkan juga kulinernya yang menggoda. Nah, di sini mimin bakal kasih bocoran nih apa saja makanan khas yang ada di Uzbekistan.

  1. Lagman Soup

Jika sobat merupakan pecinta mie ramen, maka Lagman soup adalah pilihan tepat nih. Lagman Soup adalah ramen dengan citarasa Asia Tengah. Dihidangkan dengan kuah kaldu daging yang pedas dan ditambahkan irisan daging kambing serta beberapa jenis sayuran, ramen ini sangat cocok dinikmati di musim dingin dan semi. 

  1. Eggplant Salad (Bademjan)

Jika di Mesir ada Badinjan, maka di Uzbekistan ada Bademjan. Persamaannya adalah sama-sama berbahan baku yang terdiri dari terong, sedangkan perbedaannya terletak pada pengelolaan dan penyajiannya. Bademjan biasanya disajikan dalam bentuk salad sebagai appatizer dkombinasikan dengan terong fresh, lobak dan paprika dengan ditaburi parsley. 

  1. Chuchavara Soup

Nah kalau yang ini adalah sajian sejenis Dumpling atau Dim Sum yang direbus dalam kuah asam dan susu. Dilengkapi pula dengan seasoning paprika, bawang, pasta tomat, black paper dan sour cream jangan diragukan lagi kenikmatannya.

Sebenernya, masih banyak makananan khas Uzbekistan seperti Wedding Pilaf (Plov), Tashkent Salad, Manty, Samsa, Achichuk Salad, Naryn, Shurpa, Dimlama, Kutaba, Kebab (Shaslik) dan lainnya. Insyallah pada kesempatan lainnya akan mimin bahas satu persatu dari makanan ini ya.

Baca juga:

Cita Rasa Magic dalam Kuliner Khas Uzbekistan

Info Paket Umroh & Wisata

2,507 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini