Masjid Halil ur Rahman – Destinasi Populer Kota Sanliurfa, Turki

Masjid Halil ur Rahman – Destinasi Populer Kota Sanliurfa, Turki

Sobat Rihaal – Negara Turki memang merupakan negara yang banyak akan tempat wisata yang menjadi primadona dunia. Untuk membicarakan destinasi wisata di Turki sendiri pasti tak kan ada habisnya. Dari sekian banyak tempat wisata yang menarik para wisatawan mancanegara, satu diantaranya yaitu Kota Sanliurfa. Apa itu Kota Sanliurfa?

Sanliurfa atau sering disebut Urfa sangat populer sebagai destinasi wisata karena merupakan tempat kelahiran Nabi Ibrahim a.s. Di Tenggara kota Sanliurfa terdapat sebuah masjid Halil ur Rahman (Mevlid i-Halil). Masjid Halil ur Rahman ( Mevlid i-Halil) merupakan masjid yang sering dikunjungi oleh berbagai macam wisatawan baik wisata lokal maupun wisata mancanegara. Masjid ini juga dikelilingi oleh benteng-benteng yang pada jaman dulu berfungsi sebagai pelindung dari musuh.

Masjid Halil ur Rahman

Arsitektur megah Masjid Halil ur Rahman (Source : trip.com)

Sejarah Masjid Halil ur Rahman

Masjid Halil ur Rahman dibangun oleh Kesultanan Ayyubids pada tahun 1211. Dimana letak Masjid Halil ur Rahman berada di tenggara kota Sanliurfa, Turki dan diyakini tempat kelahiran Nabi Ibrahim a.s.  Konon, Masjid Halil ur Rahman memiliki sejarah suci. Masjid Halil ur Rahman sendiri terdapat sebuah kolam yang dimana kolam tersebut merupakan tempat Nabi Ibrahim a.s. dilemparkan ke dalam api oleh Raja Namrud. Berdasarkan kepercayaan itu, api itu berubah menjadi kolam dan kayu bakar menjadi ikan. Karena itu ikan-ikan yang berada di kolam itu dianggap suci. Namun, meskipun ikan-ikan ini dianggap suci, para pengunjung boleh memberikan makan pada ikan-ikan tersebut.

Baca juga : 

Arsitektur Kokoh dan Megah Masjid Ayyub Al-Anshari

Menikmati Pesona Indah Galata Bridge Istanbul, Turki

Masjid yang sudah berdiri sekitar 800-an tahun di Turki ini telah mengalami empat kali restorasi. Masjid ini memiliki wajah modern setelah restorasi yang dilakukan oleh Kekaisaran Ottoman pada tahun 1810. Dibangun  di dekat situs keramat ini pada tahun 1211, masjid diubah menjadi madrasah, kuburan, dan makam peringatan untuk Nabi Ibrahim a.s.  Selain berkunjung dan beribadah di masjid Halil ur Rahman (Mevlid i- Halil), kicauan burung – burung yang tinggal di sekitar masjid, kota Sanliurfa, Turki ini mampu menarik perhatian para pengunjung sehingga banyak juga pengunjung yang menikmati kicauan burung-burung itu.

Artikel Ini ditulis oleh Wakhidatun Nurkhasanah. Mahasiswi Fakultas Dakwah, Program Studi Manajemen Dakwah, Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Info Paket Umroh & Wisata

64 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini