Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Di bulan Ramadhan ini, sudah menjadi kewajiban bagi kita umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa. Kewajiban puasa Ramadhan bagi umat muslim ini sudah berlangsung lama, setelah turunnya ayat yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, yaitu Qur’an Surat Al Baqarah: 183,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya,“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.”

Sebagaimana yang dinyatakan dari beberapa sumber, dinyatakan bahwa perintah berpuasa Ramadhan turun pada tahun pertama Rasulullah SAW hijrah tepat tanggal 10 bulan Sya’ban. Namun kewajiban berpuasa sebulan penuh selama Ramadhan bagi umat muslim baru diwajibkan pada tahun kedua Hijriyah.

Mungkin banyak dari sahabat yang bertanya… Kenapa sih kita diwajibkan berpuasa sebulan penuh lamanya? Sebenarnya ini bukan ranah saya untuk menjawab, yang dapat penulis jawab ialah…”Ini sudah kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala. Maka laksanakan, ta’ati dan patuhilah perintahNya.”

Oiya sebentar sahabat…. Mungkin saya tidak dapat menjawab alasan pasti kenapa kita wajib berpuasa satu bulan penuh lamanya di bulan Ramadhan ini, tapi saya bisa share manfaat apa yang didapatkan dari melaksanakan puasa, baik secata fisik maupun secara spiritual.

Nah… Buat yang penasaran apa saja manfaat puasa yang bisa didapatkan oleh kita. Yuk simak…

Manfaat Fisik atau Kesehatan

  • Membantu menurunkan berat badan

Waah… ini pasti yang paling diidam-idamkan kaum hawa. Iya kan? Iya dong… Kenapa puasa dapat menurunkan berat badan? Berdasarkan pada penilitian, diet puasa atau intermittent fasting dapat memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak secara efektif dari pada sekedar melakukan diet biasa. Mungkin ini sama dengan konsep diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) yang pernah viral yang dikenalkan oleh Deddy Corbuzier. Tapi apapun itu, niatkan puasa karena Allah ya sahabat. Bukan karena diet dan tujuannya pun jelas, yakni menggapai ridha Allah SWT. Bukan untuk kurus ya… 😀 ingat ya sahabat!! 😉

  • Mempercepat metabolisme

Berpuasa dalam jangka pendek dapat memberi kesempatan pada sistem pencernaan kita untuk beristirahat loh sahabat, loh kok istirahat. Iya… Bukan cuma tubuh yang perlu istirahat. Tapi sistem pencernaan juga membutuhkannya. Hal ini akan berefek positif kepada pemberian energi terhadap metabolisme tubuh kita untuk membakar kalori secara efisien. Selain itu, berpuasa dengan jangka pendek juga dapat membantu mengontrol pencernaan dan meningkatkan fungsi usus yang sehat, sehingga dapat meningkatkan fungsi metabolis kita.

  • Meningkatkan fungsi otak

Loh kok bisa? Apa hubungannya? ini terbukti loh sahabat, jika puasa dapat memperbaiki fungsi otak, karena dengan berpuasa tubuh kita dapat memproduksi protein yang disebut dengan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak atau Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF).

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berpuasa dalam waktu singkat, dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas, mengontrol kondisi peradangan di dalam tubuh, dan menghilangkan sel pembentuk kanker.

  • Kesehatan kulit dan detoxifikasi

Manfaat ini pasti sangat disukai kaum hawa, ya kan sahabat? Ngaku aja deh….heheh. Siapa yang menyangka… Jika ternyata dengan berpuasa dapat membantu membersihkan kulit? Jadi gini sahabat… Dengan berpuasa… Tubuh kita sementara terbebas dari pencernaan, yang kemudian kerja tubuh terfokus pada regeneratif sistem lain. Salah satunya adalah membersihkan racun tubuh (detox) dan mengatur fungsi tubuh lainnya, seperti hati, ginjal dan bagian lainnya. Dari detox inilah kulit akan terlihat lebih sehat.

  • Memperlambat proses penuaan

Ini juga loh sahabat… Dengan berpuasa, tubuh dapat menghasilkan lebih banyak hormon pertumbuhan manusia atau Human Growth Hormone (HGH). Dimana hormon ini berhubungan erat dengan proses penuaan. Dan sebaliknya, dengan produksi HGH lebih sedikit, tubuh cenderung lebih cepat menua.

Mungkin ini sebagian dari beberapa banyak manfaat yang dapat kita rasakan dari tubuh kita. Sebagian besarnya, pasti disukai kaum hawa, namun apapun benefitnya… Tetap luruskan niat ya sahabat, bahwa puasa yang kita lakukan niatkan karena Allah ta’ala.

Nah… Untuk manfaat rohani atau spiritualnya… Insyaa Allah dibahas selanjutnya ya sahabat… 😀

 

431 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini