Laut Mati, Bukti Pendustaan Kaum Nabi Luth yang Melampaui Batas

Laut Mati, Bukti Pendustaan Kaum Nabi Luth yang Melampaui Batas

Sobat Rihaal – Selain fakta ilmiah yang ada pada Laut Mati, Laut Mati memiliki sejarah panjang yang tercantum dalam Al-Qur’an. Bagaimana semua dijelaskan azab yang diterima oleh kaum Nabi Luth yang melampaui batas. Hal ini menjadi peringatan bagi kita semua umat manusia.

Bukti Kebesaran Allah – Azab Bagi Kaum Nabi Luth

Sobat Rihaal, kisah kaum Nabi Luth yang dihukum oleh Allah SWT dengan membalikkan tanah yang berada di negeri itu sehingga tanah yang berada paling bawah terbalik menjadi berada di paling atas. Allah memberi hukuman tersebut bukan tanpa alasan. Kaum Nabi Luth yanng diyakini berada di kota Sodom dan Amurah (Gomorah) telah melampaui batas. Firman Allah dalam Surah Al Qamar menjelaskannya sebagai berikut :

Kaum Luth pun telah mendustakan ancaman-ancaman (Nabinya). Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang membawa batu-batu (yang menimpa mereka), kecuali keluarga Luth. Mereka Kami selamatkan di waktu sebelum fajar menyingsing, sebagai nikmat dari Kami. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. Dan sesungguhnya dia (Luth) telah memperingatkan mereka akan azab-azab Kami, maka mereka mendustakan ancaman-ancaman itu.”(QS. Al Qamar, 54: 33-36)

Laut Mati, saksi bisu pendustaan kaum Nabi Luth yang melampaui batas. Source : expedia.ie

Pendustaan Kaum Nabi Luth Terhadap Rasulnya

Al Quran menceritakan bagaimana Nabi Luth memperingatkan kaumnya. Namun justru jawaban mereka sungguh sangat melampaui batas. Seperti dijelaskan dalam QS. Asy-Syu’araa’ sebagai berikut :

“Kaum Luth telah mendustakan rasulnya, ketika saudara mereka Luth, berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa?”. Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam. Mengapa ka-mu mendatangi jenis lelaki di antara manusia, dan kamu tinggalkan istri-istri yang dijadikan Tuhanmu untukmu, bahkan kamu adalah orang-orang yang melampaui batas. Mereka menjawab “Hai Luth, sesungguhnya jika kamu tidak berhenti, benar-benar kamu termasuk orang yang diusir”. Luth berkata ‘Sesungguhnya aku sangat benci kepada perbuatanmu ‘.” (QS. Asy-Syu’araa’, 26: 160-168)

Kaum Nabi Luth justru membenci Nabi Luth. Ditunjukkan dan diajak ke jalan yang benar, mereka justru mengancamnya bahkan bermaksud menyingkirkan Nabi Luth dan orang-orang beriman lainnya. Sobat Rihaal, semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang sudah terjadi di masa lampau. Jika Sobat penarasaran dan ingin mencoba sensasi mengunjungi dan berenang di Laut Mati, Rihlah Dunia organize by Rihaal memiliki promo menarik termasuk berkunjung ke Yordania. Tertarik? Yuk daftar!

Baca juga : 

Asyiknya Jalan-jalan di Kairo, Mesir

Menigintip Keindahan Ribuan Bunga Tulip di Negeri Turki

Info Paket Umroh & Wisata

570 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini