Kisah Perjuangan Nabi Syu’aib Berdakwah kepada Kaum Madyan

Kisah Perjuangan Nabi Syu’aib Berdakwah kepada Kaum Madyan

Sobat Rihaal – Nabi Syu’aib adalah nabi yang di utus oleh Allah untuk berdakwah pada kaum Madyan. Ada apa dengan kaum Madyan? Bagaimana sejarahnya? Mari kita simak…

Siapakah Kaum Madyan?

Menurut catatan sejarah, kaum Madyan adalah orang-orang pedagang. Mereka tidak menyembah Allah. Cara mereka berdagang tidak sesuai syariat Islam karena penuh kecurangan dalam meraih keuntungan. Oleh karena itulah Allah mengutus Nabi Syu’aib a.s. untuk berdakwah mengajak kaum Madyan menyembah Allah, tidak berbuat syirik, melarang mengurangi timbangan takaran dalam jual beli, melarang melakukan pembajakan, dan melarang perbuatan buruk lainnya.

Firman Allah dalam Al-Qur’an menceritakan bagaimana Nabi Syu’aib berseru kepada kaumnya :

“Dan (Kami telah mengutus) kepada penduduk Mad-yan saudara mereka, Syu’aib. Ia berkata: “Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Maka sempurnakanlah takaran dan timbangan dan janganlah kamu kurangkan bagi manusia barang-barang takaran dan timbangannya, dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman”” (QS. Al A’raaf: 85)

Azab Bagi Kaum Madyan

Nabi Syu’aib terus berdakwah walau pengikutnya hanya sedikit yang mau beriman kepada Allah. Beliau tidak gentar dalam berdakwah. Bahkan ada dari mereka yang mencoba menghalangi Nabi Syu’aib dalam berdakwah dan tidak mau beriman kepada Allah serta meninggalkan jual beli yang curang.

Baca juga :

Yerikho, Kota Tua Penuh Sejarah dan Kisah Nabi Yusya a.s.

Ashabul Kahfi, Bersembunyi di Gua dan Tertidur Hingga 309 Tahun

Hingga akhirnya dengan kuasa Allah, sebuah awan tebal menggantung diatas wilayah Madyan yang mereka menyangka bahawa mereka diberkahi dengan hujan rahmat, bahkan tidak, dengan sekali sambaran petir dan percikan api sementara bumi dibawah kaki mereka turut bergoyang dengan kuat lalu membinasakan mereka. Nabi Shuib dan pengikutnya selamat dari balasan Allah itu. Sebagaimana yang tertulis di dalam surah Al A’raf ayat 91 dan 92:

“Kemudian mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di dalam rumah-rumah mereka, (yaitu) orang-orang yang mendustakan Syu’aib seolah-olah mereka belum pernah berdiam di kota itu; orang-orang yang mendustakan Syu’aib mereka itulah orang-orang yang merugi” – (Q.S. Al-A’raf : 91-92)

Begitulah kisah kaum Madyan yang tidak mau beriman kepada Allah dan meninggalkan praktik curang dalam jual beli. Saat ini lokasi makam Nabi Syu’aib diyakini terletak di Yordania tepatnya di Lembah atau Wadi Syuaib. Letaknya di Provinsi Balqa, di jalan menuju Aghwar Wustho, sekitar 40 km dari ibukota Amman. Mudah-mudahan kita semua dapat mengambil pelajaran berharga dari kisah ini. Sobat Rihaal tertarik untuk ziarah ke makam-makam para Nabi? Rihlah Dunia organize by Rihaal banyak paket promo menarik loh. Yuk daftar!

Info Paket Umroh & Wisata

697 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini