Kisah Menyentuh di Balik Keistimewaan Air Zamzam

Kisah Menyentuh di Balik Keistimewaan Air Zamzam

Sobat Rihaal – pasti sobat sudah tidak asing dengan air suci yang berasal dari Makkah yang kerap dijadikan buah tangah oleh para jamaah umroh maupun haji ketika pulang ke tanah air. Air apakah itu? Yups, bener banget air zamzam! Ada sebuah hadits yang mengatakan, “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.” (HR. At Thabrani)

Penemuan Zamzam Pertama Kali

paket umroh jogja, umroh start jogja, umroh promo jogja, biro umroh jogja, travel umroh jogja, umroh jogja murah, umroh jogja terbaik, harga umroh jogja, umroh plus Cappadocia, umroh ramadhan 2019, biro umroh terbaik, paket umroh murah, travel umroh terbaik, travel umroh terpercaya, harga umroh murah, paket umroh syawal, harga paket umroh, umroh plus capadocia, umroh promo jogja, biro umroh jogja, travel umroh Surabaya, merancang umroh, biro umroh resmi, nur Ramadhan, paket umroh 2018, paket umroh 2019, paket umroh murah, biro umroh solo, paket umroh murah dari jogja, tour and travel turki, travel agent turki

Air zamzam menjadi salah satu bagian penting dari perjalanan sejarah Islam yang panjang. Zamzam menurut bahasa Arab bermakna Al-Katsrah wal Ijtima’ artinya banyak, melimpah ruah. Dinamai zamzam, karena airnya sangat melimpah, tidak akan surut selamanya, air yang berkah.

Hal ini tidak terlepas dari peristiwa penting yang melatarbelakangi kemunculan air zamzam sekitar 4000 tahun yang lalu. Kala itu, Nabi Ibrahim as bersama istrinya Siti Hajar dan putranya yang masih bayi, Ismail, datang dan bermukim di sebuah gurun yang gersang dan tandus. Tak ada satupun manusia yang pernah menghuni gurun itu.

Suatu ketika Ibrahim as pergi untuk beberapa lama meninggalkan istri dan anaknya itu. Persediaan makanan dan minuman mereka pun habis. Bahkan ASI Siti Hajar pun mongering. Hidup ibu dan anak laki-laki terancam dan kelaparan. Siti Hajar lalu berusaha mencari air dengan berlari-lari kecil dari Bukit Safa ke Marwah sembari memohon kepada Allah.

Setelah 7 kali berlari-lari pulang pergi, terjadilah keajaiban. Air memancar di antara kedua kaki putranya. Hal ini tentu saja atas kehendak Allah SWT yang memerintahkan Malaikat Jibril untuk menghentak bumi hingga terpancarlah air yang kini dikenal air zamzam.

Keistimewaan Air Zamzam

  • Sebagai obat penghilang dahaga

Rasulullah Saw. pernah membawa air Zamzam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkannya dengan Air Zamzam.” (HR. Baihaqi)

  • Dapat mengenyangkan perut

Kami menyebut air Zamzam dan syuba’ah (yang mengenyangkan). Dan kami juga mendapatkan, air zamzam adalah sebaik-baikpertolongan (kebutuhan atas kemiskinan).” (HR. At Thabrani)

  • Sebagai air minum dan berwudhu

Rasulullah Saw meminta untuk didatangkan segantang air Zamzam, kemudian beliau meminumnya dan berwudhu dengannya.” (HR. Ahmad)

  • Sebagai bekal perjalanan

Dari Aisyah, ia membawa air Zamzam. Ia mengabarkan, “sesungguhnya dahulu Rasulullah membawanya (sebagai bekal).

Demikianlah, kisah singkat sumur Zamzam dan keistimewaannya yang diambil dari riwayat-riwayat yang insyallah shahih sumbernya. Bagi sobat yang sudah sangat penasaran ingin mencoba langsung kesegaran air zamzam langsung dari sumurnya, yuk persiapkan diri agar lekas dapat berkunjung ke Baitullah. Aamiin…

Info Paket Umroh & Wisata

 

888 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini