Kisah Inspiratif, Pergi Haji Dengan Berjalan Kaki 5700km

Kisah Inspiratif, Pergi Haji Dengan Berjalan Kaki 5700km
sumber: hipwee

Sahabat Rihaal – Bagi setiap muslim pasti menginginkan untuk pergi ke Baitullah. Bersujud di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Memohon ampun dan berlomba-lomba untuk menjemput  pahala dari-Nya. Untuk itulah banyak cara yang dilakukan oleh kita sebagai seorang muslim untuk mendapatkan kesempatan yang berharga itu. Seperti kisah tokoh inspiratif berikut ini.

Ada  kisah unik yang sangat memotivasi datang dari seorang Senad Hadzic. Ia memilih pergi berhaji dengan berjalan kaki dari tempat tinggalnya di Bosnia ke Arab Saudi. Bukan karena ia tidak mempunyai uang, akan tetapi karena ia mengaku jika dirinya mendapat perintah dari Allah untuk melaksanakan haji dengan bejalan kaki. Meskipun kejadian ini sudah terjadi pada tahun 2012 lalu, akan tetapi kisahnya yang inspiratif masih membekas hingga saat ini.

Awal Perjalanan

sumber : hipwee

Pada tanggal 10 Desember 2011, Senad Hadzic warga Bosnia memulai perjalanan untuk menunaikan ibadah haji dengan berjalan kaki dari kampung halamannya di Banovici, Bosnia. Senad akhirnya mencapai tujuan di Mekkah pada tanggal 31 Agustus 2012. Ia menempuh kurang lebih 5.700 km atau sekitar 3450 mil melintasi tujuh negara yaitu Bosnia, Serbia, Bulgaria, Turki, Suriah, Yordania dan Arab Saudi. Dengan membawa tas ransel seberat 20 kg berisi keperluan pribadi, ia berangkat dari rumah hanya dengan 200 euro.

Melewati Negara yang Sedang Berperang

sumber: hipwee

Ketika sampai di Suriah, salah satu negara yang pada saat itu sedang berada dalam kondisi perang, Senad cukup khawatir. Banyak orang yang menyarankan Senad agar melalui jalur Irak saja. Akan tetapi, keyakinan Senad berbicara jika Allah menuntunnya untuk melewati Suriah. Kemudian ketika ransel Senad diperiksa di salah satu pos di Suriah, para tentarannya menemukan Al Qur’an. Senad pun diijinkan untuk melanjutkan perjalanan. Bagi komandan tentara itu, Al Qur’an merupakan visa seorang Senad.

Baca Juga : Bisakah Umroh Dengan Biaya Murah? Yuk Cobain Umroh Backpacker

Melewati Berbagai Halangan

sumber: hipwee

Jalan mudah tidak selamanya dirasakan oleh Senad. Di sela perjalanannya, Senad berjuang menghadapi perubahan suhu yang cukup drastic. Seperti ketika temperature di Bulgaria mencapai -35 derajat Celcius, dan di Yordania bisa mencapai 44 derajat celcius. Tidak hanya itu, Senad juga diuji ketika akan melintasi jembatan Bosphorus di Turki. Jembatan yang menghubungkan Eropa dan Asia itu ternyata hanya memperbolehkan kendaraan bermotor untuk melintasi. Akan tetapi, sekalipun para petugas melarang, namun Senad tidak gentar. Ia pun mendirikan tenda di pinggir jembatan selama 20 hari hingga akhirnya petugas mengizinkan ia lewat.

Sampai di Arab Saudi

Setelah sampai di Kedutaan Arab Saudi, Senad kembali mendapatkan cobaan. Cobaan itu adalah tentang sedemikian lamanya proses untuk mendapatkan visa untuk memasuki negara itu. Ia harus menunggu hampir tiga bulan untuk mendapatkan visanya. Setelah resmi mendapatkan visanya, semua rasa lelah, kesedihan dan berbagai penderitaan yang dihadapi oleh Senad sirna sudah berganti dengan kebahagiaan. Ia lantas menelfon istrinya dan mendatangi orang-orang miskin yang ada di sekitar gurun pasir tak jauh dari tempat ia berkemah. Dibagikannya uang receh berjumlah 20 dollar dan dibagikan ke semua orang-orang miskin itu tanpa ada sisa satu persen pun untuk dirinya. Ia begitu bahagia. Bahagia dengan karunia Allah kepada dirinya.

sumber: hipwee

 

 

 

 

sumber:

Judul Buku         :  Naik Haji Jalan Kaki 5700 Km dari Bosnia

Penulis                 :  Mujahidin Nur

Penerbit              :  Zahira, Cetakan I, September 2013

193 total views, 3 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini