Keistimewaan dan Keberkahan dalam Ibadah Umroh

Keistimewaan dan Keberkahan dalam Ibadah Umroh

Sobat Rihaal – Sebagaimana yang telah disebutkan dalam rukun Islam, salah satu kewajiban umat muslim yakni menunaikan haji apabila mampu. Namun kita tahu, bahwa untuk menjalankan ibadah haji memerlukan waktu antrian yang cukup lama dikarenakan keterbatasan kuota. Nah… salah satu alternatif pilihan bagi umat muslim yang ingin segera mengunjungi tanah suci tanpa harus menunggu terlalu lama antrean keberangkatan yaitu dengan Ibadah Umroh. Syarat dan rukun ibadah umroh pun tak banyak berbeda dari ibadah haji.

Walaupun ibadah umroh tergolong ibadah sunnah, namun ibadah umroh juga memiliki banyak faedah atau keistimewaan yang tak kalah istimewanya dengan haji bagi yang mengerjakannya. Penasaran apa aja keistimewaan ibadah umroh Sobat? Nah, berikut keistimewaan Ibadah Umroh yang perlu Sobat ketahui :

1. Jihad kaum wanita

Umrah merupakan jihad bagi kaum wanita dan juga buat orang yang lemah. Salah satu ibadah yang pahalanya sangat besar disisi Allah SWT yaitu dengan jihad. Bahkan Allah menjanjikan surga bagi siapapun yang melakukan jihad fi sabilillah. Apabila seorang laki-laki berjihad dengan cara ikut berperang membela agama Islam di jalan Allah, lalu bagaimana dengan kaum wanita yang fisiknya cenderung lemah? Tak perlu khawatir. Karena untuk kaum wanita umumnya serta mereka yang lemah fisiknya masih bisa memperoleh fadillah pahala berjihad dengan cara melaksanakan ibadah Umrah yang tidak terkait oleh waktu tersebut.

2. Doa yang dikabulkan

Kedua, doa jamaah umroh yang akan dikabulkan di tanah suci. Setiap orang yang menjalankan umroh ke tanah suci Mekkah, lalu ia berdoa dengan khusyu’, insyallah doanya akan diijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa ibadah umroh dan juga ibadah haji dikatakan istimewa karena tamu-tamu Allah SAW atau orang yang berkunjung dan datang ke Tanah Suci dengan niat beribadah kepada Allah SWT guna mengerjakan ibadah tersebut dan menjadi tamu dari Allah SWT. Para jamaah umroh dan juga haji merupakan tamu undangan dari Allah SWT sehingga apa yang tamu minta akan dikabulkan oleh-Nya. Hal ini merupakan hal yang paling sangat amat istimewa dari Ibadah umroh dan juga ibadah haji.

Rihaal Umroh dan Edukasi

Jamaah akhwat Rihaal trip 7 Oktober 2019 (Source : Rihaal Media)

3. Memperlancar rejeki dan keberkahan

Ibadah Umrah dapat memperlancar rejeki dan juga keberkahan. Apabila ibadah umroh dijalankan dengan khusyu’ dan ikhlas, maka ibadah tersebut bisa bernilai pahala dan menjadi ibadah yang mabrur. Dalam artian diterima oleh Allah SWT. Jika kita perhatikan tetangga atau sanak saudara kita yang pernah mengunjungi Baitullah atau Ka’bah untuk melaksanakan ibadah umroh maupun haji maka akan terlihat kehidupannya yang lama  kelamaan akan menjadi semakin baik, rezekinya akan terus mengalir secara terus menerus dan kehidupan keluarganya akan menjadi lebih berkah, inilah salah satu fadillah ibadah tersebut. Seluruh biaya maupun pengorbanan yang telah dilakukan untuk berangkat mengunjungi Baitullah dan menjadi tamu Allah SWT akan digantikan oleh Allah SWT secara berlipat lipat ganda. Untuk itu, jangan pernah merasa takut akan biaya yang dikeluarkan untuk menjadi tamu Allah SWT di tanah suci sebab itu merupakan ibadah dan jika dilaksanakan secara ikhlas dan mengharapkan ridho dari Allah SWT insyallah berkah dan akan digantikan oleh Allah SWT seluruh biaya akomodasi yang telah dikeluarkan.

Baca juga :

Apa Itu Umrah? Bagaimana Hukumnya? Yuk Simak!

Tahalul, Kesaksian Abadi dan Hikmah yang Tersembunyi

4. Pahala shalat di Masjid Quba

Pahala satu kali umroh dengan shalat di Masjid Quba. Apabila jamaah umroh menyempatkan waktu untuk mengunjungi masjid Quba dan melaksanakan solat sebanyak 2 rakaat, maka baginya pahala setara dengan pahala umroh. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: 

” Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia salat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401)

Dimana letak masjid Quba? Jika sobat belum mengetahui dimana letak Masjid Quba tersebut, Masjid Quba terletak di luar kota Madinah.  Dengan sekarang sobat mengetahui bahwa salat di Masjid Quba memiliki pahala yang besar, maka dari itu jangan lupa untuk beribadah di Masjid Quba yaaa…

5. Pahala sholat beribu kali lipat

Memperoleh pahala sholat hingga 1000-100.000 ribu kali lipat. Jika sholat fardhu atau sunnah sendirian biasanya kita memperoleh pahala 1x lipat dan saat kita berjamaah mendapatkan 7x lipat. Berbeda dengan sholat di tanah suci saat beribadah umoh maupun haji, yaitu pahalanya dilipat gandakan. Pahala sholat di Masjid Nabawi bisa bernilai 1000x lipat.Sedangkan di Masjidil Haram 100.000x lipat. Itu semua merupakan bukti Allah SWT Maha Pemurah terhadap hambanya yang bersungguh sungguh mencari ridho dan ampunannya. Bisa dibayangkan kan, betapa luar biasanya keutamaan sholat di tanah suci. Sholat bertahun-tahun pun sulit bagi kita untuk mengumpulkan pahala yang sebegitu banyaknya. MasyaAllah…

Artikel Ini ditulis oleh Wakhidatun Nurkhasanah. Mahasiswi Fakultas Dakwah, Program Studi Manajemen Dakwah, Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Umroh Murah Jogja

Info Paket Umroh & Wisata

116 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini