Jembatan Allenby, Jalur Internasional Lintas Negara Yordania – Palestina

Jembatan Allenby, Jalur Internasional Lintas Negara Yordania – Palestina

Sobat Rihaal – Jembatan Allenby adalah jembatan yang menjadi penghubung antara Yordania dan Tepi Barat Palestina. Jembatan ini melintasi sungai Yordania dan menjadi satu-satunya titik keluar masuk bagi warga Palestina Tepi Barat yang berpergian keluar negeri. Begitu pula sebaliknya, menjadi akses warga Yordania dan Arab yang menjalankan bisnisnya di Tepi Barat Palestina.

Orang Israel mengenalnya dengan Jembatan Allenby. Sedangkan orang Arab Palestina mengenalnya sebagai Jembatan Raja Hussein. Jembatan ini menjadi jembatan lintas negara antara Yordania dan Tepi Barat Palestina. Jembatan Allenby menjadi titik masuk perbatasan internasional. Sobat Rihaal tentunya akan diperiksa dokumen seperti cap paspor, pengecekan visa, dan lainnya sebelum melintasi Jembatan Allenby ini.

Bagi warga Palestina yang akan berpergian keluar negeri, dapat menggunakan Jembatan Allenby untuk keluar dari Tepi Barat Palestina ke Yordania dan menggunakan Bandara Internasional Queen Alia di Amman Yordania untuk berpergian ke luar negeri.

Jembatan Allenby yang dikenal pula Jembatan Raja Hussein jadi jalur darat antar negara. Source : google.com

Sejarah Jembatan Allenby

Jembatan Allenby dahulu yang asli tidak seperti saat ini. Saat ini tentunya jembatan sudah mengalami perbaikan dan perubahan. Jembatan asli dibangun pada tahun 1918 di atas sisa jembatan era Utsmaniyah lama oleh Edmud Allenby jendral asal Inggris. Itulah sebabnya jembatan ini lebih dikenal dengan jembatan Allenby diambil dari nama pendirinya. Namun sebelumnya jembatan ini pula sudah dibangun tahun 1885 oleh pemerintahan Ottoman dari Mutasarrifate of Jerusalem.

Kehancuran Jembatan Allenby

Jembatan Allenby pertama kali dihancurkan dalam operasi Night of the Bridge oleh Palmach pada tahun 1946. Kehancuran Jembatan Allenby akibat operasi ini hingga memutuskan jalur darat utama antara Tepi Barat Palestina dan Yordania. Operasi ini berlangsung selama enam hari. Akibat kehancuran itu, diganti dengan Jembatan Allenby sementara. Hingga dikeluarkannya perjanjian damai antara Yordania dan Israel, pada akhirnya jembatan permanen ini dibangun pada akhir 1990-an dan masih ada hingga kini.

Baca juga :

Laut Mati, Bukti Pendustaan Kaum Nabi Luth yang Melampaui Batas

Amman, Ibu Kota Yordania yang Aman untuk Kunjungan Wisatawan

Sobat Rihaal, itulah Jembatan Allenby. Penghubung antara Yordania dengan Palestina. Selama ini banyak masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Palestina khususnya mengunjungi Al-Aqsa pasti akan melalui jalur Jembatan Allenby ini masuk dari Yordania. Sobat Rihaal ingin mengunjungi Al-Aqsa? Rihaal memiliki banyak paket menarik melalui Rihlah Dunia. Tidak hanya wisata Timur Tengah. Ada pula Eropa dan Asia lainnya. Yuk daftar!

Info Paket Umroh & Wisata

543 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini