Jannat al-Baqi, Tempat Nabi Mencurahkan Kerinduannya

Jannat al-Baqi, Tempat Nabi Mencurahkan Kerinduannya

Sobat Rihaal – Pasti sudah banyak yang tahu apa itu Jannat al-Baqi? Yup, ialah tempat perkuburan bagi penduduk Madinah dan siapa saja yang meninggal dunia di kota Madinah. Termasuk para jamaah haji dan umroh. Dahulu, Rasulullah selalu datang untuk menziarahi perkuburan Baqi, bahkan pada malam hari juga. Kira-kira apa yang menjadi alasan Rasulullah mengapa begitu senangnya beliau berkunjung ke Pemakaman Baqi? Simak penjelasannya dibawah.

Alasan Rasulullah Berkunjung

Mengutip dari sabda Rasulullah SAW tentang ziarah, beliau bersabda, “Aku pernah melarang kamu berziarah kubur, tapi kamu dibolehkan menziarahi karena ia mengingatkan kepada hari akhir.” (HR. Ahmad, No. 23055)

Ketika di pemakaman Baqi, Rasulullah selalu mengucapkan salam dan berdoa memohon ampunan dan curahan rahmat dari Allah untuk mereka yang dikebumikan di perkuburan Baqi. Dalam Shahih Muslim, Sayyidatina ‘Aisyah menuturkan sebuah riwayat bahwa Rasulullah keluar di malam hari untuk mengunjungi perkuburan Baqi dan memohon ampunan serta istighfar untuk mereka yang di kuburkan di kawasan tersebut.

Lokasi dan Kedudukan Baqi

Lokasi pemakaman Baqi ini tidak jauh dari Masjid Nabawi. Di sekeliling pemakaman Baqi ini dipagari dengan tembok yang tinggi, dan bagian luarnya terdapat toko-toko. Di sekitar pemakaman, juga beridri hotel-hotel megah yang berbintang yang dari sana, pemakaman Baqi bisa terlihat dengan jelas.

Pemakaman Baqi ini juga disebut Al Ghardad (kumpulan pohon-pohon kecil) karena di situ dahulu dipenuhi dengan tumbuhan. Sekarang, tempat ini dijaga ketat karena di dalamnya banyak di makamkan kerabat Nabi dan juga para sahabat.

Doa Saat Berkunjung ke Pemakaman

Adapun doa yang dibaca ketika berziarah di Pemakaman Baqi dan juga pemakaman yang lain pada umumnya adalah “Assalamu’alaikum dara qaumin mukminin wa in na Insya Allahu bikum lahiqun.” Yang artinya semoga keselamatan atas kalian wahai penghuni negeri orang yang beriman, dan sesungguhnya kami Insya Allah, orang yang akan menyusul (kalian). (HR. Abu Daud)

Nah, bagi sobat yang sudah tidak sabar untuk berkunjung ke Madinah, melihat pemakaman Baqi dan tempat-tempat yang lain, yuk booking dari sekarang dan pastikan sobat berangkat menggunakan Rihaal.

 

Info Umroh : Septri Rihaal (0822-5000-0762)

780 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini