Jangan Sampai Bersedekah Hanya Demi Mengharap Balasan Dunia

Jangan Sampai Bersedekah Hanya Demi Mengharap Balasan Dunia

Sahabat Rihaal, apa yang terlintas dalam benak kita jika melihat saudara-saudara kita yang kurang beruntung? Seperti seorang pengemis, pemulung, anak yatim-piatu, dan lain sebagainya. Pastilah hati kita tergerak untuk menolong mereka. Bersedekah, menjadi cara kita untuk membantu meringankan beban mereka. Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan bersedekah, tentunya jika kita ikhlas. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah yaaa…

Kekuatan Bersedekah

“Bersedekah tak terbatas jumlahnya, walau sedikit sekalipun”. Kekuatan sedekah sangat dahsyat. Ibadah ringan ini sekilas memang sederhana dan mungkin sepele di mata orang. Tetapi, sentuhan sedekah begitu menakjubkan.

Seperti ditegaskan di surah al-Baqarah ayat 261:

Perumapamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.” (QS. Al-Baqarah (2) : 261)

Jangan Bersedekah Untuk Balasan Dunia

Aktivitas sedekah adalah amalan yang mulia, seseorang yang melakukannya akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah. Namun terkadang ada diantara kita yang bersedekah semata-mata untuk mendapat pengakuan dari orang lain (riya’), atau karena ingin menjadi kaya raya, bisnis lancar, dan lain sebagainya.

Padahal, tidak selayaknya amalan akhirat kita niatkan untuk mengharap penghargaan dunia. Rasulullah SAW bersabda, “Umat ini diberi kabar gembira dengan kemudahan, kedudukan dan kemuliaan dengan agama dan kekuatan di muka bumi, juga akan diberi pertolongan. Barangsiapa yang melakukan amalan akhirat untuk mencari dunia, maka dia tidak akan memperoleh satu bagian pun di akhirat.” (HR. Baihaqi)

Baca Juga:

6 Amalan Ringan Berpahala Haji dan Umroh

Bersedekah Dengan Air? – Berikut Fakta-fakta Dibalik Telaga-telaga Bersejarah di Kota Madinah

Akibat Bersedekah Karena Dunia

Sesungguhnya, merugilah orang-orang yang beramal sholeh namun mengharap keuntungan dunia. Pada dasarnya, dengan beramal sholeh, keuntungan di dunia mungkin saja akan kita dapatkan, ibarat itu merupakan bonus yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Akan tetapi, jangan jadikan itu sebagai pengharapan kita saat beramal sholeh. Karena sesungguhnya, kita lah yang akan merugi.

Allah SWT berfirman,

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ (15) أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآَخِرَةِ إِلَّا النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (16)

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Hud (11) : 15-16)

Dari hadits di atas, semoga kita dapat mengambil hikmahnya, bahwa jika bersedekah haruslah ikhlas dan hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Info Paket Umroh & Wisata

1,848 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini