Jangan Anggap Remeh! Ini Kriteria Makanan Halal Menurut Islam

Jangan Anggap Remeh! Ini Kriteria Makanan Halal Menurut Islam
sumber : inspiration.rehlat

Sobat Rihaal, tahukah kalian jika hari ini 16 Oktober 2018 merupakan Hari Pangan Sedunia? Yup, hari dimana kita lebih meningkatkan kepeduliaan terhadap masalah kemiskinan dan kelaparan di seluruh dunia. Hari Pangan Sedunia ini hadir atas prakarsa dari negara-negara anggota FAO (Food and Agriculture Organization) atau Organisasi Pangan dan Pertanian pada konferensi umum ke-20 bulan November tahun 1979.

Nah berbicara tentang Hari Pangan Sedunia ini, ada hal penting juga yang perlu diperhatikan oleh umat Muslim terkait makanan. Yaitu perlunya kita untuk membeda-bedakan antara mana makanan yang halal untuk dikonsumsi dan makanan apa saja yang termasuk haram. Oleh karena itu, yuk simak penjelasannya dibawah :

Makanan Halal Menurut Islam

Allah berfirman dalam surat Al Maidah ayat 88 bahwa Allah telah memerintahkan pada manusia untuk makan makanan yang halal. Disebutkan “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang telah Allah rezeki-kan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada Nya”

Makanan halal diartikan sebagai segala sesuatu makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan diperbolehkan dalam syariat Islam serta makanan tersebut bukanlah makanan haram yang disebutkan oleh Allah dalam Al Quran. Kata makan disebutkan dalam Al Qur’an oleh Allah subhanahu wa ta’ala sebanyak 109 kali sedangkan kata “makanlah” yang merupakan kata perintah disebutkan dalam Al Qur’an sebanyak 27 kali.

Ingin berwisata dan menikmati kuliner Halal di Kota Bursa? yuk gabung trip umroh ini

paket umroh jogja, umroh start jogja, umroh promo jogja, biro umroh jogja, travel umroh jogja, umroh jogja murah, umroh jogja terbaik, harga umroh jogja, umroh plus Cappadocia, umroh ramadhan 2019, biro umroh terbaik, paket umroh murah, travel umroh terbaik, travel umroh terpercaya, harga umroh murah, paket umroh syawal, harga paket umroh, umroh plus capadocia, umroh promo jogja, biro umroh jogja, travel umroh Surabaya, merancang umroh, biro umroh resmi, nur Ramadhan, paket umroh 2018, paket umroh 2019, paket umroh murah, biro umroh solo, paket umroh murah dari jogja, tour and travel turki, travel agent turki

Kategori Makanan Halal dalam Islam

Makanan halal di dalam Islam dikenal dalam beberapa kategori, dan seluruh kategori tersebut harus dipenuhi agar makanan layak dikatakan sebagai makanan yang halal. Lalu apa sajakah itu?

  • Halal Zatnya

Hal pertama kali yang harus kita perhatikan dalam menentukan makanan halal ialah zat yang terkandung dalam makanan tersebut. Kita harus tahu bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan tersbut. Misalnya makanan yang berasal dari binatang maupun tumbuh-tumbuhan yang tidak diharamkan oleh Allah (ex : Daging ayam bukan daging babi). Maka jika dalam makanan tersebut mengandung zat yang tidak halal maka kita (umat Islam) tidak boleh mengkonsumsinya.

Baca juga :

5 Destinasi Wisata Muslim Friendly Dan Anti-Mainstream

Hati-hati! 5 Makanan Khas Turki, Bisa Bikin Kamu Ingin Balik Kesana

  • Halal Cara Memperolehnya

Pada dasarnya semua makanan itu halal apabila zat nya halal. Namun akan menjadi haram jika makanan tersebut didapatkan dengan cara yang tidak baik. Misalkan, berasal dari mencuri, melakukan perbuatan zina, menipu, hasil riba, korupsi dan lain sebagainya.

sumber : discoverhongkong
  • Halal Cara Meprosesnya

Kategori halal selanjutnya ialah dari cara meproses makanan tersebut. Yaitu ketika diketahui makanan tersebut diproses dengan menggunakan sesuatu yang haram, misalnya alat masak yang bekas digunakan untuk memasak makanan yang haram atau bahan-bahan lain yang tidak diperbolehkan.

  • Halal Cara Menyajikan dan Menyimpannya

Kategori terakhir ialah bagaimana kita menyimpan dan menyajikan makanan tersebut. Jangan dianggap remeh, sebab dua hal tersebut juga bisa menjadi faktor tidak halalnya suatu makanan. Misalnya, jika makanan tersebut disajikan dalam piring yang terbuat dari emas maupun disimpan dengan makanan yang tidak halal.

Itulah 4 kategori yang harus kita perhatikan jika akan menyantap suatu makanan. Meskipun demikian, bukan berarti Islam mempersulit umatnya untuk mendapatkan makanan. Namun, hal tersebut bertujuan untuk menjaga diri dan menjaga keluarga kita dari siksa api neraka. Naudzubillah..

Sumber : Jejakimani.com

Info Paket Umroh Klik Disini

240 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini