Inilah Wujud Masjid Termegah di Abu Dhabi, Terbesar Ketiga di Dunia.

Inilah Wujud Masjid Termegah di Abu Dhabi, Terbesar Ketiga di Dunia.

Sobat Rihaal – Uni Emirates Arab sangat lekat dengan image mewah dan megah. Segala kemewahan yang ada di dunia dapat ditemukan disana. Masjid megah dan besar pun juga terdapat di negara tersebut. Masjid itu bernama Masjid Agung Sheikh Zayed. Masjid ini berada di Kota Abu Dhabi. Masjid terbesar yang terletak di kota ini dinamakan sama seperti Presiden pertama Uni Emirat Arab (UEA), almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Dikutip dari TripAdvisor, struktur spektakuler Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi telah memikat hati para pengunjung internasional, yang menjadikannya sebagai landmark terbaik ketiga di dunia. Daftar sepuluh terbaik diumumkan sebagai bagian dari ‘Penghargaan Pilihan Travellers’ TripAdvisor. Penghargaan tahun ini mengakui 759 landmark di 68 negara dan delapan wilayah di seluruh dunia.

Dikutip dari situs Abu tourism, visi almarhum Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan, Pendiri UEA, adalah untuk menggabungkan gaya arsitektur dari berbagai peradaban Muslim dan merayakan keanekaragaman budaya dengan menciptakan surga yang benar-benar beragam dan inspiratif dalam bentuk dasarnya.

Masjid ini diarsiteki oleh arsitek yang berasal dari Inggris, Italia dan Uni Emirat Arab. Mengambil inspirasi arsitektur dari Turki, Maroko, Pakistan, dan Mesir. Keajaiban arsitektur juga dirancang untuk menampung kapasitas 40 ribu umat dan pengunjung ketika diisi. Masjid itu dibangun dengan ketinggian 11 meter di atas permukaan laut dan 9,5 meter di atas permukaan tanah, sehingga bangunan itu terlihat jelas dari semua arah. Pembangunan proyek senilai 2,5 miliar Dirham Uni Emirates Arab itu pun dimulai pada akhir 1996.

Pada saat pembangunan masjid ini, Sheikh Zayed meminta agar masjid itu didirikan di jantung kota Abu Dhabi, antara Jembatan Musaffah dan Jembatan Maqta. Pembangunan Masjid ini menghabiskan waktu selama 12 tahun. Diperkirakan sekitar 38 perusahaan kontraktor dan 3.500 pekerja telah membantu mewujudkan pembangunan Masjid ini. Masjid tersebut memiliki cakupan area seluas 22,412 meter persegi. Masjid Agung Sheikh Zayed bisa menampung sekira 41 ribu jamaah. Sangat banyak bukan?

Baca Juga : 

Enam Kemegahan Dubai yang Buat Geleng-geleng Kepala, Simak Disini!

Abra, Kapal Tradisional Abu Dhabi yang Menawan

Terdapat 82 kubah yang digunakan dalam pembangunan masjid, sedangkan kubah utamanya diperkirakan sebagai kubah masjid terbesar di dunia dengan tinggi 85 meter dan diameter 32,8 meter. Sementara aula utamanya bisa menampung 7.126 jamaah. Desainnya pun sangat unik, setelah selesai dengan fase pertama yakni pembangunan menggunakan material struktur beton, masjid itu akhirnya diberikan sentuhan hiasan marmer putih yang dibawa dari Yunani dan Italia.

Pembukaan Masjid ini dilakukan pada tanggal 20 Desember 2007. Masjid itu awalnya dibuka untuk umum dan untuk acara doa bersama. Acara doa bersama kali pertama diadakan di hadapan Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan , Presiden UEA. Interior lainnya yang menakjubkan dari masjid tersebut adalah lebih dari 5.625 meter persegi karpet digelar untuk melapisi lantai di aula utama.

Saking besarnya Masjid ini Pembuatan karpet di masjid ini dikerjakan oleh 1.300 pengrajin asal Iran menggunakan 35 ton benang wol dan 12 ton kapas. Untuk bagian alas masjid itu, sebanyak 25 warna alami digunakan dalam pembuatan karpet tersebut. Warna Hijau merupakan warna yang dominan digunakan lantaran merupakan favorit almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Jika anda tertarik berkunjung, Masjid Agung Sheikh Zayed tersebut terbuka untuk umat Islam yang mau beribadah dan berdoa sepanjang hari. Jadi Sobat dapat beribadah dan berkunjung di waktu apapun karena terbuka 24 jam bagi yang muslim.

Info Paket Umroh & Wisata

107 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini