Ini Salah Satu Gunung Yang Akan Kita Temukan Di Surga

Ini Salah Satu Gunung Yang Akan Kita Temukan Di Surga
photo by google

Jabal Uhud

     Jabal Uhud merupakan bukit yang nanti akan kita temukan di surga. Nabi Muhammad saw sangat menyukai bukit ini, hingga beliau sering berziarah ke bukit ini. Kebiasaan tersebut masih diteruskan oleh para khalifah, setelah nabi wafat.

Jabal Uhud seperti sekelompok bukit yang tidak bersambungan dengan bukit lain. Oleh karena itu, penduduk Madinah menyebutnya dengan sebutan Jabal Uhud yang artinya “Bukit Menyendiri” . Bukit ini memiliki panjang sekitar 6 km, dan tinggi 1.077 meter.

Jabal Uhud ini identik dengan perang Uhud pada zaman Rasulullah. Saat perang Uhud tahun 625 silam, sebanyak 70 orang syuhada gugur dalam peperangan. Ini menjadikan Jabal Uhud tempat pemakaman para pejuang perang tersebut. Sehingga tidak heran jika banyak traveler maupun jamaah umroh & haji yang dating untuk berziarah.

Jabal ‘Ayr

Jabal ‘Ayr sebenarnya merupakan batas kota Madinah sebelah selatan. Jabal ‘Ayr merupakan gunung tertinggi kedua setelah gunung Uhud dengan ketinggian sekitar 1 km. Jarak Jabal ‘Asyr dari masjid Nabawi yaitu sekitar 8,5 km.

 

 

 

 

 

Jabal Ainain (Jabal Rumat)

Bukit Ainain adalah sebuah bukit merah yang terletak di sebelah selatan Makam Syuhada Uhud. Bukit ini dikatakan juga sebagai Bukit Ar-Rumat (Pemanah) karena Rasulullah saw saat peperangan Uhud lebih mengandalkan pasukan pemanah.

Bukit ini memiliki ketinggian 12 meter, dan dengan panjang kira-kira 150 meter.

Dalam pertempuran tersebut, Rasulullah menempatkan pasukan muslim di kaki Jabal Uhud atau pada bagian barat. Pada sayap kanan ditempatkan di kaki bukit uhud sedangkan pada sayap kiri berada di kaki bukit Ainain. Tentara islam berderet dengan panjang front kurang lebih 1.000 yard (sekitar 900 meter).

Posisi ini merupakan posisi yang sangat rapi dan aman. Karena para tentara muslim dilindungi oleh Jabal Uhud dan Jabal Ainiah. Dan ketika kaum kafir akan memutar di bukit Ainain lalu menyerang dari belakang, Rasulullah saw juga sudah menyiapkan strategi yaitu menempatkan sekitar 50 orang untuk bersiaga untuk mengarahkan panah ke arah pasukan kafir di kaki kaki Bukit Ainain.

Baca Juga : Mengulik Fakta Dibalik Telaga-telaga Bersejarah di Kota Madinah

Jabal Hamra Al-Assad

Bukit ini berlokasi di Hamra Al-Assad, yang merupakan tanah luas di tepi Gunung ‘Air, jaraknya sekitar 16 km dari Masjid Al-Ghamamah  sebelah barat daya Madinah. Bukit ini mengisahkan tentang pertempuran Hamra Al-Assad yang terjadi pada 24 Maret tahun 265 atau Syawal 3 Hijriah.

Penyebab pertempuran ini adalah ketika kaum Quraisy saling merendahkan satu sama lain. Jabal Hamra Al-Assad ini juga menjadi saksi bahwa pasukan kaum Muslim dapat mendesak pasukan kafir. Dikarenakan lokasi gunung ini sesuai dengan strategi yang telah diterapkan Rasulullah saw agar dapat mendesak pasukan kafir.

Jabal Sala’

Gunung Sala’ adalah sebuah gunung yang berada di Madinah, arab Saudi. Terletak di tengah kota Madinah, dan jaraknya dari Masjid Nabawi kurang lebih 700 meter.

Di sekitar kaki gunung terdapat perumahan dan beberapa gua Bani Haram. Jabal Sala’ merupakan gunung yang berwarna hitam. Di sekitar gunung ini pernah terjadi peperangan yang dikenal dengan nama perang Ahzab.

Di pertempuran ini, Rasulullah saw menjadi pemimpin pasukan dan berada diatas gunung Sala’. Kemudian beliau bersama pasukan menggali parit, yang kemudian dikenal dengan nama Khandaq.

Fungsi Parit ini adalah untuk menghalangi pasukan Kafir masuk dan menyerang pasukan kaum Muslim. Di sekitar kawasan gunung ini terdapat beberapa masjid seperti masjid Al-Fath dan Masjid As-Saba’ah.

1,578 total views, 7 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini