Ini Dia Lokasi Strategis Untuk Menikmati Keindahan Festival Tulip

Ini Dia Lokasi Strategis Untuk Menikmati Keindahan Festival Tulip
photo by google

Turki memang tiada hentinya menampilkan destinasi wisata yang memanjakan mata kita. Terutama jika kita berkunjung pada bulan April. Kedatangan kita akan disambut oleh keindahan bunga tulip yang beraneka ragam warna. Ada sekitar 211 varietas bunga tulip yang ditanam di berbagai lokasi seperti Emirgan Park, taksim Square, Hidiy Park, Goztepe Rose Garden, Camila Park, Sultan Ahmet Square dan Gulhane Park.

Lokasi Festival Tulip

Istanbul Tulip Festival Internasional ini sekaligus jadi penanda datangnya musim semi yang kemudian dirayakan oleh rakyat Turki dengan antusias. Kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya. Biasanya acara ini dimulai pada minggu pertama bulan April dan berlangsung sampai akhir bulan.

Pemerintah Turki mengadakan Festival Tulip ini di distrik Emirgan (Emirgan Park). Distrik Emigran terletak di sepanjang pantai di Bosphorus bagian Turki. Pada momen seperti ini, banyak warga yang memanfaatkan untuk berjalan-jalan, dan piknik beserta keluarga di taman-taman luas.

Bermiliar bunga tulip memenuhi bukit yang ditata dengan desain yang sangat menarik, seperti sungai beserta angsa, bentuk binatang, dan air mengalir. Jalanan pun ditata untuk memudahkan pengunjung berpindah melihat bunga-bunga tulip yang berada di kelandaian datarn maupun ketinggian.

Alternatif Perjalanan untuk Pengunjung

Di puncak Bukit Emirgran juga disediakan kafe. Selama Festival Tulip berlangsung, diadakan panggung hiburan, penjualan berbagai macam tanaman, pameran karya seni, seperti Ebru (seni lukis traditional Turki) dan seni gelas Turki. Asyiknya lagi, para tamu yang dating ke Emirgan tidak perlu membayar. Kita hanya harus membayar fasilitas parker mobil yang dikenai bayaran 10 Turkish Lira (TL) untuk 1-2 jam.

Sedangkan untuk berkeliling dan mengagumi keindahan taman paling sedikit memerlukan waktu 4 jam. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang hanya mempunyai waktu singkat dapat mengelilingi Taman Emirgan dengan menaiki mobil karena jalannya cukup untuk dilalalui mobil.

Namun, ada alternatif lain juga yakni menikmati taman tulip di sekitar Blue Mosque dan Hagia Sophia. Karena pemerintah Turki telah merancang taman tulip dengan desain karpet yang menarik dan indah di sekitar dua tempat monumental itu.

Baca Juga: Berminat ke Turki? Yuk Cari Tahu Dulu Cuaca yang Tepat untuk Berkunjung Kesana

Sejarah Bunga Tulip di Turki

Bunga Tulip merupakan bunga nasional Turki. Berawal dari Kesultanan Usmaniyah Turki terpikat pada  keindahan dan kesempurnaan bunga tulip dan mulai membudidayakannya sejak tahun 1000 M.

Pada masa itu, istana Sultan memiliki sebuah dewan khusus untuk membudidayakan bunga-bunga tulip. Dewan itu dipimpin oleh seorang Turki yang juga kepala perangkai bunga istana yang tugasnya memberikan penilaian pada kualitas berbagai jenis bunga tulip dan memberikan nama yang indah dan puitis bagi bunga-bunga itu. Antara lain, “Those that burn the heart”, “Matchless Pearl”, “Rose of Colored Glass”, “Increaser of Joy”, “Big Scarlet”, “Star of Felicity”, “Diamond Envy”, atau “Light of the Mind”. Hanya bunga-bunga yang memiliki kualitas sempurna yang dimasukkan dalam daftar jenis-jenis bunga tulip.

Pada massa Kekaisaran Ottoman, tulip-tulip menghiasi taman-taman mewah dari para raja. Mereka juga menggunakan tulip sebagai motif seni di tangan dan pada tenunan karpet dan dinding di masjid besar. Tulip juga menjadi subjek penting dalam inspirasi puisi di kekaisaran Ottoman. Dalam kekaisaran Ottoman ada lebih dari 1.800 spesies tulip dan masing-masing memiliki nama khusus di masa kekaisaran Ottoman Turki.

Nah, untuk sahabat yang ingin menikmati keindahan bunga Tulip, yuk mumpung masih ada kesempatan kita menabung dari sekarang dan ikut Trip Umroh plus Turki (Special for Tulip Festival) tanggal  16-28 April dari Rihaal.

More info: 0818-0803-0066 (Niken)

291 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini