Hati-Hati! 5 Makanan Khas Turki Ini, Bisa Bikin Kamu Ingin Balik Kesana

Hati-Hati! 5 Makanan Khas Turki Ini, Bisa Bikin Kamu Ingin Balik Kesana

Sudahkah kalian berkunjung ke Turki?

Jika sudah, pasti tidak lengkap rasanya jika berkunjung kesana tanpa menikmati olahan kuliner yang ada disana.

Bagi kalian para pecinta kuliner, Turki tidak hanya menampilkan dan menawarkan keindahan objek wisatanya, tetapi Turki juga menawarkan wisata kuliner yang mungkin tidak kita temui di Negara sendiri.

Lalu apa saja makanan khas yang ada disana? Berikut 5 macam makanan khas Turki yang enak dan halal:

MENEMEN

Sebelum beraktivitas dan berkunjung ke tempat-tempat wisata, alangkah baiknya menyempatkan untuk menikmati Menemen. Apa itu menemen? Menemen adalah makanan khas Turki yang biasa dijadikan menu sarapan oleh penduduk Turki.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh pantauan makanan oleh-oleh di beberapa situs, menemen cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan, karena mengandung karbohidrat dan protein.

Menu sarapan orang Turki ini juga hampir sama dengan menu sarapan penduduk Amerika. Yaitu daging, roti, dan telur dalam sajiannya. Perbedaannya, di Turki bahan-bahan tersebut diberi bumbu rempah yang berlimpah. Lebih jelasnya, menemen menyajikan telur, daging yang mirip seperti sossis tapi rasanya pedas (diberi nama sucuk), dan pastirma (semacam dendeng sapi kering yang diiris tipis) yang kemudian diracik dengan bumbu lengkap dan beragam sayuran seperti tomat dan paprika hijau. Biasanya, menemen dimakan bersama roti dimana menemennya dijadikan isisan roti.

Kebab Turki

Kebab Turki adalah makanan khas Turki yang berupa daging yang diiris tipis-tipis dari pemanggangan vertical berputar, dan disajikan dengan cara digulung dalam roti pita, tortilla, atau dalam bentuk sandwich atau burger. Biasanya disajikan juga bersama sayuran, seperti tomat, selada, bawang bombay, mentimun, saus sambal, dan mayonnaise. Daging yang biasa digunakan untuk membuat kebab adalah daging kambing, sapi, atau ayam.

Di Turki itu sendiri ada banyak jenis kebab, yang paling popular adalah doner kebap, iskander kebap, dan sis (shish) kebap. Doner kebap adalah jenis kebab yang paling popular dan disajikan dalam roti pita atau tortilla. Doner kebap juga biasa disajikan dalam bentuk burger seperti doner kebab-nya orang Jerman.

Sedangkan Iskander kebab penyajiannya yaitu dengan meletakkan roti pita diatas piring, kemudian menambahkan irisan daging panggang di atasnya, baru disiram dengan mentega dari susu kambing yang sudah dicairkan, yoghurt, saus tomat dan kofte (seperti sossis).

Dan jenis ketiga adalah shis kebab. Yaitu daging yang dipanggang dengan cara ditusuk seperti sate, bisa dipanggang bersama sayuran, dan disajikan di atas piring.

Dondurma

Bagi kalian penggemar es krim, jangan khawatir tidak akan bisa menikmatinya. Karena di Turki juga ada es krim khas yang terbuat dari campuran susu, gula, mastic (bahan pengenyal yang berasal dari getah tumbuhan) dan salep (bahan pengental yang terbuat dari tepung akar anggrek ungu muda).

Dondruma ini rasanya manis dan enak. Di Turki banyak dijual di kios-kios atau gerobak kaki lima di pinggiran jalan atau depan ruko. Para penjual dondurman biasanya menggunakan kostum khusus yang mirip Aladin (pakaian rompi dan peci khas Turki). Untuk mengaduk es krimnya, para penjual tersebut menggunakan tongkat panjang yang juga dipakai untuk menciduk es krimnya. Selain itu, para penjual juga tak jarang menunjukkan atraksi-atraksi dengan tongkat esnya.

Roti Pide

Siapa yang suka pizza? Roti pide ini memiliki kesamaan dengan pizza italia, dilihat dari paparan roti lebar yang pada permukaannya terdapat aneka topping seperti sosis, daging sapi, telur, dan masih banyak lagi.

Bahan yang dipakai untuk membuat roti pide antara lain ragi instan, terigu, susu murni, minyak zaitun, dan air. Adonan roti yang matang kemudian ditaburi biji nigella khas Turki dan yoghurt. Roti ini biasanya dihidangkan sebagai menu makanan pembuka. Akan tetapi, roti pide ini hanya tersedia pada bulan Ramadhan saja.

Turkish Delight

Turkish Delight adalah manisan khas asal Turki yang terbuat dari bahan dasar gelpati dan gula. Manisan ini biasanya disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil berbentuk kubus atau bundar, macam-macam warna dan ditaburi dengan gula bubuk agar tidak lengket.

Selain bahan diatas, Turkish Delight juga ditambah dengan bahan lain seperti potongan kurma, kacang-kacangan seperti hazelnut, walnut, atau pistachio dan juga bahan perasa seperti lemon, kayu manis, atau mint, rosewater, jeruk bergamot.

Jika kalian perhatikan, Turkish Delight ini juga muncul dalam novel karangan C.S Lewis dan juga film adaptasinyta yang terkenal, The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe.

6,150 total views, 33 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini