Hari Jumat Tiba, Saatnya Baca Al Kahfi Yuk!

Hari Jumat Tiba, Saatnya Baca Al Kahfi Yuk!

Sobat Rihaal – Siapa yang setiap hari Jumat datang seketika langsung teringat dengan surat Al-Kahfi? Masya Allah.. semoga tak hanya ingat, tetapi juga dibaca ya sobat. Insya Allah baca Surat Al-Kahfi tidak akan lama, cukup setengah jam saja kok. Masa sih setengah jam aja gak ada waktu? Yuk simak keutamaan apa yang akan kita dapatkan jika menyempatkan baca Al Kahfi..

Cuman Sebentar, Tapi Pahalanya Masya Allah

Surat Al-Kahfi atau Ashabul Kahf adalah surat dalam Al-Qur’an yang ada di urutan juz 15 dan di awal juz 16. Dalam Surat Al-Kahfi terdapat 110 ayat dan merupakan surat ke 18 dari keseluruhan 114 surat yang terdapat dalam Al Qur’anul Karim.

Pasti dalam hati kita bertanya-tanya apa benar dengan membaca surat Al-Kahfi, kita akan mendapatkan banyak keutamaan? Jawabannya tentu benar. Rasulullah pun menganjurkan umatnya untuk membaca surat ini di hari Jumat atau malam Jumat. Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda,

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Fadilah Surat Al-Kahfi

Keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat yang pertama yaitu akan terhindar dari fitnah Dajjal. Sosok kejam yang akan keluar pada akhir zaman ini nantinya akan membuat kerusakan di bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda, bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari Jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut.

“Barangsiapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR. Dailami)

Kedua, membaca Al Kahfi pada hari Jumat adalah mendapat pengampunan dosa di antaranya dua Jumat. Dalam riwayat dari Abu Sa’id al-Khudri rashiyallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda,

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

Demikian lah manfaat dan keutamaan membaca surat Al-Kahfi. Jadi yuk segera siapkan Al Quran sobat dan baca surat Al Kahfinya. Semoga kita semua diberi kemudahan oleh Allah SWT untuk mengamalkannya dan semoga kita semua mendapatkan ridho-Nya. Aamiin..

Baca Juga:

8 HAL AGAR MENGHAFAL AL-QUR’AN TERASA NIKMAT

Beruntungnya Mereka Yang Gemar Membaca Al Quran Setiap Hari

Kiat Anak Hafal Al-Quran Di Usia Belia Yang Bisa Sahabat Coba

Tingkatan Dalam Membaca Al-Quran, Kamu Yang Mana?

Info Paket Umroh & Wisata

 

1,072 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini