Efektif Per 1 Agustus 2019, Apa Itu SISKOPATUH?

Efektif Per 1 Agustus 2019, Apa Itu SISKOPATUH?

Sobat Rihaal – Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, jumlah jamaah umroh di Indonesia naik cukup signifikan. Tahun 1439 H saja, sudah mencapai satu juta lebih masyarakat Indonesia yang melaksanakan umroh. Oleh karena itu pemerintah mulai aware dalam pengawasan mulai dari jamaah mendaftar, berangkat, selama di Arab Saudi, hingga pulang ke tanah air.

Kita semua tahu, masih ada travel nakal yang tidak mendampingi jamaah secara maksimal. Jamaah sudah membayar tapi tidak diberangkatkan, penyelewengan dana umroh, jamaah tidak dapat paket layanan, saat sakit tidak didampingi dan dilayani, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu pemerintah melalui Kemenag membuat acuan dan daftar baku pendaftaran, pengurusan dokumen keberangkatan, tata tertib administrasi, dan pelindungan kepada jamaah.

Terus, Rihaal gimana? Rihaal Umroh dan Edukasi sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), tentu memiliki kemampuan dan mengikuti aturan yang dipersyaratkan oleh pemerintah melalui Kemenag. Diantaranya kemampuan, profesionalitas, dan akuntabilitas agar jamaah dapat pelayanan yang baik dari sebelum berangkat, berangkat, hingga kepulangan.

Baca juga :

Hot News!! Ini Dia Harga Referensi Umroh Dari Kemenag

Tips Mengenali Biro Umroh yang Aman dan Berizin Resmi

SISKOPATUH, Efektif 1 Agustus 2019

Kerennya nih, efektif per tanggal 1 Agustus 2019 pemerintah melalui Kemenag sudah mulai membuat SISKOPATUH. Apa itu SISKOPATUH? SISKOPATUH adalah Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus. Dimana sistem ini mengelola data dan informasi penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah dan haji khusus. Semua pendaftaran, keberangkatan, hingga kepulangan akan diawasi langsung dan terekam di SISKOPATUH. Pada 29 Juli 2019 team Rihaal sempat mengikuti Pelatihan aplikasi Umrah dan Sosialisasi Peraturan Umrah Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kemenag. Acara ini mengumpulkan semua PPIU dari seluruh Indonesia di Jakarta. Gimana? Kurang keren apa coba pemerintah kita hehehe…

SISKOPATUH – Aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia

 

Alur Teknis SISKOPATUH

Teknisnya aplikasi SISKOPATUH poinnya adalah sebagai berikut :
1. Sobat Rihaal mendaftar umroh kepada Rihaal.
2. Setelah mendaftar, Rihaal akan menginput data calon jamaah ke SISKOPATUH dan akan otomatis keluar SPPU (Surat Pendaftaran Perjalanan Umroh) dan surat perjanjian.
3. Perlu Sobat Rihaal ketahui bahwa di dalam SPPU ada nomor registrasi yang mana nomor registras tiap jamaah berbeda ya. Nomor itu bisa digunakan untuk membayar ke bank.
4. Setelah sobat membayar ke bank, sobat akan mendapatkan NPU (Nomor Porsi Umrah). Nomor ini bisa di akses melalui aplikasi Umroh Cerdas yang sobat bisa download melalui Playstore ya.
5. Setelah itu menunggu keberangkatan deh. Jangan lupa jika belum lunas, sembari menunggu keberangkatan bisa melunasi juga sisa pembayaran umrohnya.

Aplikasi Umrah Cerdas di Google Playstore

Manfaat SISKOPATUH

Apa manfaat pelaksanaan SISKOPATUH ini bagi jamaah atau calon jamaah?
1. Sobat Rihaal pasti akan mendapatkan asuransi yang sesuai rekomendasi pemerintah dan terdaftar oleh OJK. Asuransi tersebut adalah Asuransi Syariah Perjalanan Umroh (ASPU).
2. Sobat Rihaal bisa cek status pendaftaran umrohnya menggunakan NPU (Nomor Porsi Umrah) melalui aplikasi Umroh Cerdas yang bisa di download di Playstore.
3. Tentu Sobat terlindungi dari travel-travel nakal karena hanya travel yang memiliki izin pemerintah yang mendapatkan akses ke SISKOPATUH.

Beberapa menu dalam tampilan aplikasi Umrah Cerdas

Hmm sudah jelas belum nih sobat? Umroh bersama Rihaal? Jangan ragu dan khawatir! Rihaal Umroh dan Edukasi sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), mengikuti aturan pemerintah mulai dari pendaftaran, pengurusan dokumen keberangkatan, tertib administrasi pelaksanaan pendaftaran umrah, dan perlindungan kepada jamaah. Jadi semuanya InsyaAllah aman yaa…

 Info Paket Umroh & Wisata

2,864 kali dilihat, 13 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini