Cerita Mabit : Mencari Sahabat Yang Membawamu Ke Surga

Cerita Mabit : Mencari Sahabat Yang Membawamu Ke Surga

Khidmat dan Serunya Mabit Tim Hore di Masjid Nurul Islam

Sobat Rihaal – Kita flashback yuk ke cerita Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) Tim Hore Rihaal di Masjid Nurul Islam, Sleman kemarin. Ada sekitar 18 orang yang mengikuti mabit tersebut termasuk dengan Bu Rita dan Pak Agus (Bu Dir dan Pak Dir Rihaal). Banyak keseruan dan kekhdimatan yang dirasakan. Eits, tetapi sebelum bercerita tentang keseruannya, kita cari tahu dulu apa itu Mabit.

Pengertian Mabit

Mabit adalah salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah). Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Istilah yang sangat masyhur kita dapati pada salah satu rangkaian ibadah haji yaitu mabit di Mina. Dalam terminology dakwah dan tarbiyah, mabit adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur, dan tafakkur).

Ada Kegiatan Apa Saja?

Berbuka Bersama. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan warga yang berada disekitar Masjid Nurul Islam. Sebelum berbuka pun ada ceramah tentang keberkahan puasa di bulan Ramadhan oleh Ust. Budi Suprayitno. Setelah berbuka, kegiatan dilanjutkan dengan solat maghrib berjamaah dan makan.

Menjelang isya, kita semua bersiap-siap untuk mengambil air wudhu dan bersegera untuk melaksanakan ibadah solat Isya berjamaah dan dilanjutkan dengan tarawih. Begitu khidmat suasana tarawih yang dirasakan yang dipimpin langsung oleh Pak Agus.

Selesai solat tarawih, agenda selanjutnya adalah tilawah Al Quran. Seperti yang kita ketahui jika membaca Al Quran di momen Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipatganda. Selesai membaca Al Quran, kemudian dilanjutkan pengisian ceramah oleh Ust. Nur Ahmad.

Mencari Sahabat yang Membawamu ke Surga

Kajian yang diberikan oleh Ust. Nur Ahmad begitu menggetarkan hati kita. Dimana beliau mengingatkan kita untuk memperluas jalinan pertemanan dengan teman sesame muslim. Mengapa? Karena mungkin saja salah satu dari teman kita tersebut itulah yang akan menarik kita ke surga Allah.

Begitu mulianya arti persahabatan dalam Islam. Persahabatan yang dijalani tulus dengan tulus karena Allah maka mereka akan menjadi saudara yang saling mengasihi dan saling membantu, dan persaudaraan itu tetap akan berlanjut hingga ke akhirat kelak. Allah berfirman “ Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertaqwa.” (QS. Az-Zukhruf : 67)

Agenda selanjutnya yaitu tidur. Dan dilanjutkan solat Qiyamullail pada pkl 03.00 pagi yang dipimpin langsung oleh Pak Agus. Setelah solat tahajjud, kemudian sahur bersama dan dilanjut dengan solat subuh berjamaah, kultum singkat dan diakhiri dengan solat suruk.

Demikian rangkaian kegiatan Mabit Tim Hore hari Senin kemarin. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menjaga sisi ruhiyah kita, dan juga mempererat hubungan kita dengan Allah SWT. Amin Amin ya Rabbal’alamin..

568 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini