Catat !! 8 Tips Persiapan Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji

Catat !! 8 Tips Persiapan Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji

Sobat Rihaal – Alhamdulillah musim haji telah tiba. Kloter pertama beberapa jamaah haji asal Indonesia sudah berangkat. Kurang lebih selama 40 hari kedepan, stamina dituntut untuk selalu fit dan sehat agar perjalanan haji menjadi lancar. Bagaimana cara persiapan dan menjaga kesehatan saat ibadah haji? Mari simak tips berikut…

Saat melaksanakan ibadah haji, tubuh diharapkan mampu beradaptasi dengan cuaca Arab Saudi yang tentunya sangat berbeda dengan cuaca di Indonesia. Untuk itu diperlukan persiapan menjaga kesehatan sebelum berangkat. Berikut tips sebelum berangkat haji dan saat pelaksanaan haji:

1. Check up kesehatan

Sebelum berangkat haji, Sobat perlu melakukan check up untuk mengetahu kondisi kesehatan Sobat secara menyeluruh. Jika memiliki penyakit tertentu, segera konsultasi dengan dokter apakah bisa berangkat dengan kondisi kesehatan tersebut.

2. Vaksin

Vaksin yang wajib dilakukan adalah vaksinasi meningokokus untuk menghindari penyakit meningitis sebagai syarat mendapatkan visa haji. Ada vaksin tambahan yang juga dianjurkan sebelum berangkat haji diantaranya vaksin influenza, vaksin hepatitis A dan B, vaksin tifoid dan pneumokokus. Semua vaksin dilakukan minimum 2 minggu sebelum berangkat.

3. Membawa obat pribadi

Hanya diri sendiri yang tahu kondisi kesehatan. Jadi sangat penting untuk membawa obat pribadi yang cukup selama disana. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter Sobat ya jika ada riwayat penyakit khusus dengan obat yang khusus pula.

Jamaah asal Indonesia check up kesehatan sebelum berangkat haji. Source : jatengprov.go.id

4. Cukup air

Cuaca yang panas dapat menyebabkan dehidrasi. Maka perlu untuk sering minum air putih. Akan lebih baik membawa botol minum sendiri agar mudah di isi ulang dan dibawa kemana-mana.

5. Jaga kebersihan dan rajin cuci tangan

Akan lebih baik menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan setelah beraktivitas di luar atau akan makan. Bila tidak ada air, bisa menggunakan cairan pembersih tangan antiseptik.

6. Alat pemberih pribadi

Gosok gigi, cukur, hingga gunting kuku sebaiknya menggunakan milik pribadi dan tidak share dengan orang lain. Hal ini karena alat-alat ini bisa jadi tempat penularan penyakit melalui darah sepert hepatitis B, hepatitis C, bahkan HIV.

Baca juga :

Mau Pergi Haji, Umroh, atau Tempat Lainnya? Ini Nih Bekal Terbaik Saat Berpergian

Apa Perbedaan antara Visa dengan Haji Kuota dan Non Kuota?

7. Gunakan masker

Saat melakukan ibadah atau aktifitas diluar, sebaiknya gunakan masker untuk menghindari debu dan sebagainya. Terlebih kualitas udara yang ada kita tidak tahu terdapat virus apa dengan banyaknya jamaah seluruh dunia berkumpul jadi satu d kota Makkah pada musim haji.

8. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Selalu cuci buah yang akan dikonsumsi, hindari makanan yang terbuat dari susu mentah atau daging yang tidak matang sempurna untuk menghindari sakit pada pencernaan.

Demikianlah 8 tips yang perlu Sobat Rihaal lakukan sebelum berangkat dan saat pelaksanaan ibadah haji. Semoga kita semua menjadi haji yang mabrur. InsyaAllah… Aamiin… Jika Sobat berniat untuk melaksanakan ibadah Haji, Rihaal memliki program Haji ONH Plus dengan Izin Haji Plus No. D/525/2017  atas nama PT Freshnel Kreasindo Perkasa.

Info Paket Haji Plus, Umroh & Wisata

239 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini